TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kehawatiran Penulis Soal Bujet Fantastis Drakor Moving, Jadi Beban?

Bujet produksi drakor Moving disebut-sebut mencapai Rp577 M

penulis Kang Full (youtube.com/@disneyplushotstarindonesia)

Penulis Moving, Kang Do Young atau dikenal dengan nama pena Kang Full, membagikan perasaannya ketika mengerjakan naskah drama ini. Kang Full menyinggung soal kekhawatirannya terkait bujet produksi saat menulis drama tersebut.

Dari berbagai sumber, biaya produksi drama Moving diketahui sangat tinggi, yakni sekitar 50 miliar won atau Rp577 miliaran. Lantas, apakah hal tersebut menjadi beban bagi sang penulis? Yuk, cari tahu di bawah ini!

1. Sempat khawatir, karena mengerjakan proyek besar

potret Kang Full (Hancinema.com)

Dalam sebuah wawancara yang dilakukan Kang Full baru-baru ini, ia mengungkapkan sempat khawatir saat mengerjakan naskah drakor Moving, karena banyak hal yang ingin dilakukannya. Penulis berusia 48 tahun tersebut khawatir apakah bujet produksi bisa merealisasikan ide-ide yang ditulisnya atau tidak. 

"Saya gak tahu persis berapa anggaran produksi pastinya. Kekhawatiran terbesar saya adalah saya punya banyak hal yang ingin dilakukan, tapi saya bertanya-tanya apakah anggaran itu bisa memenuhi semuanya," lanjutnya, dikutip dari KBIZoom pada Selasa (29/8/2023).

Baca Juga: [QUIZ] Berdasarkan Weton, Apa Kekuatan Karakter Moving yang Cocok Untukmu?

2. Dukungan sutradara untuk terus menulis apa yang diinginkan

potret sutradara, cast, dan Kang Full (instagram.com/disneypluskr)

Rupanya kekhawatiran Kang Full diketahui oleh sang sutradara, Park In Jae. Masih dalam wawancara yang sama, penulis Moving tersebut membeberkan dukungan yang diberikan Park In Jae selama proses penulisan naskah berlangsung. 

"Sutradara Park In Jae hanya menyuruh untuk terus menulis. Ia berkata untuk tidak mengkhawatirkan anggaran produksi, karena itu bukan ranah saya," kata penulis film The Neighbors (2012) itu.

"Saya sangat berterima kasih. Jadi, saya melakukan semua yang saya inginkan," lanjutnya. 

Selain itu, Kang Full juga mengatakan bahwa sempat ada omongan jika Moving gagal, maka Disney+ juga akan gagal. Meski terdengar seperti beban, tapi ternyata hal itu tidak memengaruhi sang penulis.

"Obrolan yang saya dengar tidak memengaruhi saya sedikit pun. Disney+ adalah platform sekaligus distributor yang paling sempurna," tutupnya. 

Baca Juga: [QUIZ] Berdasarkan MBTI, Kamu Mirip Siapa di Drama Korea Moving?

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya