TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pesan Moral dari Drakor Numbers, Utamakan Adab sebelum Berilmu

Adanya adab agar nafsu terkontrol

Jang Ho Woo (Kim Myung Soo) di drakor Numbers (instagram.com/mbcdrama_now)

Dalam dunia kerja tentu saja perlunya menggunakan ilmu agar bisa memahami apa yang dikerjakan. Namun, jangan lupa bahwa sebelum berilmu utamakan adab agar nafsu dalam diri bisa terkontrol dengan baik. Jika gak bisa mengontrol nafsu, maka akan berpengaruh terhadap pekerjaan yang diambil.

Numbers adalah sebuah drakor yang mengulik kehidupan pekerja sebagai akuntan yang rentan berhadapan dengan kecurangan. Tentunya, drakor yang dibintangi oleh Kim Myung Soo dan Choi Jin Hyuk ini menyimpan pesan moral. Lantas, apa saja pesan berharga yang bisa diambil dari drakor Numbers? Berikut ulasannya.

Baca Juga: 4 Derita yang Dialami Karyawan Taeil Accounting di Drakor Numbers

1. Saat memandang rendah seseorang, cepat atau lambat justru orang tersebut jadi penolong

Yang Jae Hwan (Choi Jung Woo) di drakor Numbers (Dok. MBC Drama/Numbers)

Awal masuk kerja, Jang Ho Woo (Kim Myung Soo) yang diterima sebagai karyawan Taeil Accounting mendapat perlakuan tak mengenakan. Meski mendapat nilai tertinggi, ia dipandang sebelah mata hanya karena lulusan SMA. Salah satunya, Yang Jae Hwan (Choi Jung Woo) sebagai kepala tim.

Yang Jae Hwan sangat tak menyukai Jang Ho Woo. Ia menganggap bahwa diterimanya Jang Ho Woo sebagai karyawan Taeil Accounting hanyalah sebuah keberuntungan bukan kecerdasan. Saat Jang Ho Woo berinisiatif untuk memulai pekerjaan yang ringan, misal mengepel atau memfotokopi, Yang Jae Hwan menganggap bahwa lelaki tersebut hanya cari muka.

Namun, tiba-tiba masalah besar menimpa keluarga Yang Jae Hwan, yakni perusahaan susu milik mertuanya di ambang pailit dan matanya terancam kebutaan karena paparan metana. Siapa sangka, Jang Ho Woo menolong Yang Jae Hwan. Jang Ho Woo berhasil menyelamatkan perusahaan mertua Yang Jae Hwan.

Gak hanya itu, saat Yang Jae Hwan dicelakai oleh anak buah Han Je Kyun (Choi Min Soo), Jang Ho Woo pun datang menolongnya. Han Je Kyun ingin membunuh Yang Jae Hwan karena merasa terancam rahasia Haebit Contruction akan disebar. Jika Jang Ho Woo menyimpan dendam, maka kemungkinan Yang Jae Hwan tak dapat tertolong.

Baca Juga: 4 Karakter Akuntan di Drakor Numbers, Ada yang Dalam Misi Balas Dendam

2. Saat bertentangan dengan hati nurani, berhenti lah selagi awal

Sim Hyeong Woo (Lee Sung Yeol) di drakor Numbers (instagram.com/mbcdrama_now)

Terkadang sebuah pekerjaan, pimpinan yang didapat seperti untung-untungan, bukan? Ada yang toksik maupun tidak. Nah, kebetulan Taeil Accounting mempunyai pimpinan yang toksik, yakni Han Je Kyun. Ia sering melanggar etika profesi akuntan namun tak pernah terendus oleh pihak yang berwajib.

Kang Hyun (Kim Young Jae) menjadi ketua tim audit untuk People Entertainment. Ia menemukan keanehan terhadap laporan keuangan perusahaan tersebut yang mana pengeluaran terlalu besar padahal output gak ada sama sekali. Kang Hyun otomatis mengeluarkan pernyataan bahwa laporan tersebut disclaimer demi keselamatan investor.

Di luar dugaan, Han Je Kyun yang mengetahui hal tersebut menyuruh Kang Hyun untuk membuat laporan tersebut menjadi opini wajar tanpa pengecualian. Kang Hyun pun diimingi gaji yang lebih besar. Namun, Kang Hyun tetap pada prinsip etika profesi, ia melaporkan sesuai fakta. Hari itu juga, Kang Hyun keluar walau tetap memikirkan bagaimana nasib keluarganya setelah mengundurkan diri.

Berbeda dengan Shim Hyeong Woo (Lee Sung Yeol), ia selalu saja menuruti perintah Han Je Kyun. Mulai dari mengubah laporan hingga menghilangkan nyawa orang demi jabatan yang lebih tinggi. Ia tak berani keluar dari Taeil Accounting karena memiliki keluarga untuk dinafkahi. Hingga satu titik di mana ia ingin membongkar keburukan Han Je Kyun, malah tewas terpanggang di gudang.

Baca Juga: Prediksi Drakor Numbers Episode 3-4, Jang Ho Woo Dijebak?

Verified Writer

Dyan Yudhistira

IG: @dyanyudhis // Terima kasih sudah mau membaca. Semoga bahagia selalu. Aamiin..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya