TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Keadaan di Unlock My Boss Ini Singgung Realitas Sosial, Setuju?

Salah satunya adalah sulitnya mencari pekerjaan

poster drakor Unlock My Boss (instagram.com/channel.ena.d)

Belum lama ini, ENA menghadirkan serial bergenre fantasi berjudul Unlock My Boss pada Rabu (7/12/2022). Drakor yang menggantikan slot Love is for Suckers ini merupakan adaptasi dari webtun milik Park Seung Hyun dengan judul sama.

Unlock My Boss mengisahkan tentang seorang CEO yang rohnya terperangkap dalam smartphone miliknya. Meski terbilang underrated dengan perolehan rating yang kurang dari 2 persen, ternyata drakor ini punya nilai lebih, lho!

Sejauh ini, ada beberapa adegan Unlock My Boss yang erat dengan kehidupan nyata. Lantas, apa saja ya kira-kira? Berikut ulasannya

1. Semakin tambah usia, semakin sulit untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih layak

Park In Sung (Chae Jong Hyeop) di drakor Unlock My Boss (instagram.com/channel.ena.d)

Park In Sung (Chae Jong Hyeop) adalah seorang pemuda berusia 29 tahun yang belum mendapatkan pekerjaan layak. Ia tetap berpenghasilan, tapi tak menentu karena bekerja serabutan.

Bertambahnya usia membuat dirinya susah untuk diterima bekerja di perusahaan bonafide. Lihat saja bagaimana ia mendapat panggilan wawancara oleh Silver Lining. Melihat umur Park In Sung dengan tak ada pengalaman kerja membuat dirinya tak diterima.

Sama halnya di dunia nyata. Banyak perusahaan yang menetapkan batas usia pencari kerja maksimal 28 tahun. Lebih dari itu, mereka harus mempunyai pengalaman kerja selama beberapa tahun jika ingin melamar di perusahaan bonafide. Untuk menjadi PNS, pendaftaran hanya setahun sekali. Itu juga belum pasti. Selain itu, pencari kerja hanya boleh melamar di satu dinas saja.

2. Orangtua akan selalu khawatir jika anaknya belum bisa berdiri sendiri

Choi Soo Jin (Kim Young Sun) dan Park Jae Choon (Ahn Nae Sang) di drakor Unlock My Boss (instagram.com/channel.ena.d)

Orangtua adalah pihak yang pertama khawatir akan masa depan sang anak. Meski terlihat tenang, mereka tetap memikirkan bagaimana seandainya mereka meninggal dunia dalam keadaan si anak belum mandiri total.

Hal ini terjadi pada orangtua Park In Sung. Menyadari anaknya semakin tambah usia, mereka pun khawatir sang buah hati semakin sulit mencari pekerjaan.

Penonton bisa melihat bagaimana marahnya si ayah pada Park In Sung. Oleh sebab itu, sang ayah justru menyuruhnya untuk mengurus perkebunan anggur. Namun, Park In Sung menolak dan yakin bahwa dirinya bisa bekerja di perusahaan bonafide agar bisa membuat orangtuanya bahagia.

3. Kecanggihan teknologi bisa mendatangkan keuntungan dan kerugian

Kim Sun Joo (Park Sung Woong) di drakor Unlock My Boss (instagram.com/channel.ena.d)

Teknologi yang semakin canggih tentu saja memudahkan orang-orang untuk melakukan apa pun. Untuk pekerjaan sehari-hari, kita bisa memberi perintah pada robot kecil untuk menyelesaikannya. Sementara sang pemilik duduk santai sambil menonton TV.

Namun, apabila tergantung dengan teknologi secara berlebihan, bisa-bisa manusia mendapatkan risiko tersendiri. Inilah yang dialami oleh Kim Sun Joo (Park Sung Woong) adalah seorang CEO Silver Lining yang sangat sibuk.

Disebutkan bahwa Sun Joo adalah duda anak 1. Kesibukannya ini membuat hubungan kedekatan dengan sang anak menjadi renggang. Saat sang anak meminta ayahnya pulang awal untuk menceritakan dongeng, Sun Joo malah menyarankan kepada anaknya untuk menyuruh AI. Sang anak pun kecewa karena baginya AI dan ayah adalah hal berbeda.

Baca Juga: Sinopsis Unlock My Boss, Ceritakan Arwah yang Masuk ke Smartphone

4. Rentenir yang gak akan pernah punah

Jung Se Yeon (Seo Eun Su) di drakor Unlock My Boss (instagram.com/channel.ena.d)

Rentenir gak akan hilang jika kegiatan ini masih dilakukan sebagai mata pencaharian bagi seseorang. Sesuatu yang seharusnya dilarang tapi tetap saja dilakukan. Bahkan dengan teknologi yang semakin canggih rentenir pun bertransformasi jadi pinjaman online (pinjol).

Di drakor ini, Jung Se Yeon (Seo Eun So) terlibat utang yang begitu menumpuk untuk membiayai pengobatan sang ibu di rumah sakit. Hidupnya selalu tak tenang karena diawasi oleh Ma Pi (Kim Sung Oh).

Begitu Se Yeon telah merasa utangnya lunas, Ma Pi belum puas. Justru semakin dilipat gandakan utang Se Yeon. Ia bingung ke mana lagi mencari uang untuk melunasi utang.

5. Privilese sosial bisa melancarkan sebuah tindakan

Park In Sung (Chae Jong Hyeop) di drakor Unlock My Boss (instagram.com/channel.ena.d)

Privilese adalah hak istimewa yang tidak didapatkan oleh orang lain. Adanya hak ini, sebagian besar memudahkan seseorang melakukan apa pun. Meskipun melakukan usaha, orang dengan privilese bisa mendapatkan apa yang diinginkannya secara lebih mudah.

Bisa dibandingkan dengan karakter Park In Sung dan Oh Mi Ran (Lee Sang Hee). Park In Sung yang terlahir dari orangtua pemilik kebun yang merantau ke kota. Ia mengalami kesulitan mendapatkan pekerjaan yang layak hingga usianya dimakan oleh waktu.

Sementara Oh Mi Ran yang merupakan anak tunggal dari pemilik perusahaan Bumyoung Grup, sangat cepat untuk mendapatkan jabatan di perusahaan tersebut. Ia tinggal memanfaatkan kesempatan tersebut sebaik-baiknya dalam mengelola perusahaan ayahnya.

Baca Juga: 11 Drakor yang Ceritanya Mirip Drama Unlock My Boss, Seru Abis!

Verified Writer

Dyan Yudhistira

IG: @dyanyudhis // Terima kasih sudah mau membaca. Semoga bahagia selalu. Aamiin..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya