TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cerita Sutradara Kim Chang Hoon soal Film Hopeless yang Segera Tayang

Sebut filmnya dibuat berdasarkan kisah pribadi dan imajinasi

sutradara Kim Chang Hoon dan poster film Hopeless (instagram.com/plusm_entertainment)

Film Hopeless merupakan salah satu film Korea yang bakal tayang pada bulan Oktober nanti. Sebelum perilisan resminya, Hopeless sempat ditayangkan pertama kali pada 76th Cannes Film Festival. Tak hanya itu, film ini juga masuk daftar seleksi 28th Busan International Film Festival (BIFF) yang diadakan tanggal 4 hingga 13 Oktober 2023.

Menjelang perilisan, Plus M Entertainment selaku distributornya telah merilis sejumlah cuplikan yang mengundang rasa penasaran. Sutradara Kim Chang Hoon pun sudah melakukan wawancara dengan Cine21 jauh sebelum jadwal resminya dikonfirmasi. Simak penuturan sang sutradara tentang proses pembuatan naskah hingga kerja sama dengan para pemain berikut ini, yuk!

Baca Juga: 7 Potret Pemain dan Sutradara Hopeless di Cannes Film Festival 2023

1. Mengerjakan skenario sambil melakukan pekerjaan paruh waktu

sutradara Kim Chang Hoon dan poster film Hopeless (dok. 76th Cannes Film Festival)

Hopeless menjadi film fitur pertama yang ditulis dan diarahkan sutradara Kim Chang Hoon. Ia bekerja paruh waktu sambil menulis skenario film ini untuk mencari nafkah. Saat itu sang sutradara memiliki banyak kekhawatiran dan berpikir bahwa hidup tidak berjalan sesuai keinginannya.

Sutradara melanjutkan, "Setelah membaca skenario, Han Jae Deok selaku CEO Sanai Pictures menghubungi saya, tetapi sulit untuk lanjut ke tahap berikutnya sementara waktu karena masalah dalam hal praktis."

Namun, CEO Sanai Pictures itu kembali menghubunginya dan berkata, "Chang Hoon, bukankah sebaiknya kita melakukan apa yang kita inginkan sebelum mati?" Setelah itu, skenario diberikan kepada Song Joong Ki. Begitu sang aktor memutuskan tampil, produksi filmnya pun menjadi kenyataan. Fyi, Song Joong Ki dikabarkan tak menerima bayaran atas penampilannya di film ini.

2. Mengembangkan cerita dengan imajinasi dan pengalaman hidup

Jung Jae Kwang, Hong Xa Bin, sutradara Kim Chang Hoon, BIBI, dan Song Joong Ki di 76th Cannes Film Festival (instagram.com/plusm_entertainment)

Film Hopeless merupakan cerita tentang seseorang yang ingin keluar dari lingkungan yang buruk, tetapi justru semakin terjebak di dalamnya. Sutradara mengungkap bahwa ceritanya secara alami berasal dari pengalaman pribadinya dan juga imajinasi.

"Saya sering ditanya apakah film ini adalah autobiografi saya. Namun, kenyataannya tidak demikian. Meski begitu, hubungan karakter, tema yang diangkat, dan suasana secara keseluruhan secara alami berasal dari pengalaman saya," ujar sang sutradara.

Ia melanjutkan, "Dengan menambahkan imajinasi tentang apa yang akan terjadi jika dunia kriminal terlibat, film ini diciptakan dalam bentuk yang kompleks." Genre noir yang diusung juga melekat dalam film ini.

3. Penjelasan terkait ruang yang ditampilkan dalam film

cuplikan Song Joong Ki dan Hong Xa Bin di film Hopeless (instagram.com/plusm_entertainment)

Sutradara Kim Chang Hoon memiliki suatu gambaran tertentu mengenai ruang yang ditampilkan dalam film ini. Meskipun latarnya adalah kota fiksi bernama Myeong An, ia ingin memberi kesan bahwa kota itu adalah suatu tempat yang bagaikan neraka, tetapi di satu sisi juga merupakan tempat yang secara aneh memberikan rasa nyaman.

"Saya ingin memberikan perasaan tentang sebuah tempat yang membuat seseorang ingin pergi tapi tidak bisa pergi, sebuah tempat seperti penjara yang mau tidak mau harus ditinggali seumur hidup, tetapi tempat itu juga memberi kenyamanan yang aneh untuk makan, tidur, dan istirahat," ujarnya.

Sutradara berkata bahwa rumah karakter Yeon Gyu (Hong Xa Bin) terinspirasi dari rumah yang ia tinggali bersama sang ibu di masa sulit. Lalu, tempat persembunyian karakter Chi Geon (Song Joong Ki) dirancang dengan membayangkannya seperti sebuah benteng. Sutradara mencoba menyampaikan kesan bahwa dunia itu stagnan dan pengap.

Baca Juga: Sinopsis Hopeless, Film Baru Song Joong Ki yang Rilis Oktober 2023!

Verified Writer

Dwi Nantari

Halo!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya