TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Cerita 4 Aktor Utama Film 12.12: The Day dalam Mendalami Karakter

Ada yang coba mengesampingkan kisah asli tokohnya

poster Hwang Jung Min dan Jung Woo Sung di film 12.12: The Day (instagram.com/plusm_entertainment)

Film Korea 12.12: The Day akan segera dirilis pada November 2023. Cerita yang diangkat adalah seputar Pemberontakan Militer 12 Desember 1979 yang pernah terjadi di Korea Selatan. Dengan jajaran aktor senior yang berperan di dalamnya, film arahan sutradara Kim Seong Soo satu ini layak untuk ditunggu.

Konferensi pers untuk membahas film 12.12: The Day sudah dilangsungkan di Megabox COEX di Samseong-dong, Seoul pada Kamis (9/11/2023). Hwang Jung Min, Jung Woo Sung, Lee Sung Min, dan Kim Sung Kyun hadir bersama sang sutradara. Pada momen tersebut, para aktor membeberkan berbagai cerita menarik di mereka untuk mendalami peran. Mau tahu seperti apa? Keep scrolling!

Baca Juga: 10 Cuplikan Film Seoul Spring, Pertikaian Hwang Jung Min-Jung Woo Sung

1. Hwang Jung Min ngaku momen tersulit dari syuting film ini adalah bangun pagi untuk makeup

Hwang Jung Min di konferensi pers film 12.12: The Day (instagram.com/plusm_entertainment)

Hwang Jung Min memerankan Chun Doo Gwang. Karakternya adalah representasi tokoh Chun Doo Hwan yang menyelidiki insiden pembunuhan Presiden Park Chung Hee pada tanggal 26 Oktober 1979. Chun Doo Hwan memimpin kelompok swasta Hanahoe di dalam militer untuk merebut kekuasaan. Mereka kemudian melakukan pemberontakan pada 12 Desember 1979.

Hwang Jung Min harus memakai wig botak untuk memerankan Chun Doo Gwang. Sang aktor berkata, "Tak sulit memakai wig botak karena tim tata rias di negara kita sangat bagus. Butuh waktu sekitar 4 jam awalnya, tapi seiring berjalannya waktu saya terbiasa sehingga hanya memakan waktu sekitar 3 setengah jam. Namun, yang tersulit adalah bangun jam 3 pagi karena syuting mulai jam 7 pagi. Selain itu, tidak ada masalah."

Terkait caranya mengekspresikan karakter Chun Doo Gwang, ia menjelaskan, "Sudah ada jawaban yang jelas dalam skenarionya. Jadi, saya memainkan karakter Chun Doo Gwang dengan apa adanya." Hwang Jung Min juga mengatakan bahwa sutradara telah mengatur alurnya dengan sedemikian rupa. Para aktor pun sempat berkumpul dan berlatih seolah-olah sedang pentas teater.

2. Jung Woo Sung mencoba mengesampingkan tokoh asli dalam penciptaan karakternya

Jung Woo Sung di konferensi pers film 12.12: The Day (instagram.com/plusm_entertainment)

Jung Woo Sung akan memerankan karakter yang berlawanan dengan Chun Doo Gwang, yakni Lee Tae Shin. Nama karakter ini telah diubah dari tokoh Jang Tae Wan, Komandan Komando Keamanan Ibukota. Ia melindungi Seoul dari pemberontakan militer Chun Doo Gwang dengan segala upaya.

Meski motifnya diambil dari tokoh sejarah, Jung Woo Sung tak ingin berpatokan pada tokoh tersebut. Ia menjelaskan, "Dalam proses untuk menciptakan karakter Lee Tae Shin, saya mencoba mengesampingkannya dari tokoh asli yang menjadi Komandan Komando Keamanan Ibukota masa itu."

"Sutradara mengatakan bahwa karakter Lee Tae Shin di film 12.12: The Day menurutnya adalah karakter fiksi. Jadi, saya mencoba untuk mencari tahu seperti apa karakter Lee Tae Shin tersebut," lanjut Jung Woo Sung.

3. Lee Sung Min ngaku gugup karena memainkan karakter yang sudah dikenal oleh publik

Lee Sung Min di konferensi pers film 12.12: The Day (instagram.com/plusm_entertainment)

Lee Sung Min akan memerankan karakter yang menjadi representasi dari tokoh Jeong Seung Hwa. Dalam film ini, tokoh tersebut diubah namanya menjadi Jeong Sang Ho. Pada masa tersebut, Jeong Sang Ha adalah Kepala Staf Angkatan Darat yang dibawa oleh Chun Doo Gwang atas tuduhan ikut serta dalam pembunuhan presiden. Ia adalah tokoh yang memicu pemberontakan.

Beda dari dua aktor sebelumnya, Lee Sung Min baru pertama kali bekerja sama dengan sutradara Kim Seong Soo. Dirinya mengaku gugup karena membawakan tokoh sejarah.

"Sutradara memilih saya. Meski gugup, saya berusaha agar tidak mengecewakan. Saya khawatir dengan reaksi penonton karena ini adalah karakter yang sudah mereka ketahui dalam sejarah. Namun, bagaimana pun juga rasa khawatir tersebut membuat saya lebih berhati-hati. Saya mencoba melakukan yang terbaik," jelas Lee Sung Min tentang kesannya selama membintangi film ini.

Baca Juga: Alasan Sutradara Mengubah Nama Tokoh Sejarah dalam Film 12.12: The Day

Verified Writer

Dwi Nantari

Halo!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya