TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Siapa Sateunik yang Dibahas di Arthdal Chronicles 2 Episode 6?

Sateunik anggota Suku Momo yang muncul di season 1

Still cut drama Korea Arthdal Chronicles (dok. Netflix/Arthdal Chronicles)

Setelah sembuh, Saya (Lee Joong Gi) dan Chaeeun (Ha Seung Ri) hendak kembali ke Arthdal. Namun, di perjalanan mereka justru bertemu dengan Suku Ago yang mengira jika Saya adalah Inaishingi alias Eunseom.

Ipsaeng (Lee Hae Won) merupakan satu-satunya di antara mereka yang mengetahui bahwa sosok tersebut bukan Eunsom, melainkan Saya, Jenderal Arthdal. Meski ia bersikeras mengatakannya, tidak ada yang percaya.

Semua orang menganggap Ipsaeng berbohong, sebab Saya bisa menjawab pertanyaan Ipsaeng soal Sateunik untuk membuktikan jika dia benar Eunsom. Sateunik sendiri muncul di Arthdal Chronicles (2019) musim pertama. Sayangnya, karakter ini tidak akan muncul di Arthdal Chronicles 2: The Sword of Aramun (2023), karena sudah meninggal. Lalu, siapa sebenarnya Sateunik? 

Peringatan: Artikel ini mengandung spoiler!

1. Teman seperjuangan Eunseom pas jadi budak Doldambool

Still cut drama Korea Arthdal Chronicles (dok. Netflix/Arthdal Chronicles)

Di Arthdal Chronicles season 1, Sateunik (Jo Byeong Gyu) adalah budak yang bekerja di Doldambool. Ia bersama Eunseom (Song Joong Ki), Ipsaeng (Kim Sung Cheol), Badoru  (Tae Won Seock), dan Olmadae bekerja di tambang yang sama.

Sebelum berhasil kabur, Sateunik yang memang sudah sakit akhirnya meninggal dunia. Sateunik meminta Eunseom memberikan potongan rambutnya kepada sang istri. Namun tidak dijelaskan apa alasan Sateunik menjadi budak.

Baca Juga: Mengapa Igutu Sangat Dibenci oleh Saram di Drakor Arthdal Chronicles?

2. Sateunik adalah anggota Suku Momo dan suami Tapien, orang kepercayaan Xabara, pemimpin suku

Still cut drama Korea Arthdal Chronicles (dok. Netflix/Arthdal Chronicles)

Ternyata Sateunik adalah suami dari Tapien (Sim Eun Woo). Ia adalah salah satu orang kepercayaan Xabara atau kepala Suku Momo bernama Karika (Erika Karata).

Suku Momo terkenal hidup di dekat perairan. Mereka bisa menahan napas cukup lama di dalam air. Selain itu, mereka juga mahir berenang dan bertarung di bawah air. Sateunik dan Karika berkata bahwa Suku Momo akan lebih kuat ketika bertahan hidup di dalam air atau dekat perairan, seperti laut.

3. Secara tidak langsung berperan penting menjadikan Eunseom Inaishingi

Still cut drama Korea Arthdal Chronicles (dok. Netflix/Arthdal Chronicles)

Eunseom dan Ipsaeng menepati janji untuk menemui istri Sateunik. Di malam mereka menginap, ternyata anak dari Karika hampir dicelakai dan beruntung Eunseom membantu mereka.

Karika dan Suku Momo merasa berutang budi kepada Eunseom, karena berhasil menyelamatkan penerus Xabara. Ketika Eunseom mengikuti Pengadilan Air Terjun dan hampir terseret pusaran air, Karika dan Suku Momo membantunya.

Berkat itu, Eunseom selamat dari Pengadilan Air Terjun. Setelah kembali ke Suku Ago, Eunseom dinobatkan sebagai Inaishingi, karena selama ratusan tahun, hanya Inaishingi yang berhasil selamat dari Pengadilan Air Terjun tersebut.

Baca Juga: Siapa Kanmoreu di Arthdal Chronichles 2 dan Apa Keistimewaannya?

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya