TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Perbedaan Ending Drama vs Webtoon See You in My 19th Life

Di drama, Ban Ji Eum lupa ingatan, tapi di webtoon tidak

Still cut drama Korea See You in My 19th Life (dok. Netflix/See You in My 19th Life)

See You in My 19th Life berakhir dengan 12 episode yang ditayangkan pada Minggu (24/7/2023). Menyajikan akhir yang bahagia, ending drama ini ternyata punya beberapa perbedaan dari versi webtoon-nya, lho!

Bedanya mulai dari Ban Ji Eum yang hilang ingatan hingga cara agar dirinya lepas dari kutukan mengingat kehidupan lampau. Nah, berikut penjelasan lebih detail tentang perbedaan ending See You in My 19th Life antara drama dan webtoon-nya.

Artikel ini mengandung spoiler, ya!

1. Pembunuh Seol di kehidupan pertama Ban Ji Eum adalah orang yang berbeda

Still cut drama Korea See You in My 19th Life (dok. Netflix/See You in My 19th Life)

Pada versi drama, Seol (Ha Yoon Kyung) mengalami sakit parah yang membuatnya muntah darah. Demi mendapat obat untuk sang kakak, Soo (Shin Hye Sun) harus mencuri lonceng Cheon Un (Lee Chae Min). Nahas, Cheon Un malah membunuh Seol di depan Soo.

Adegan ini berbeda dari versi webtoon-nya. Kalau di komik web, orang yang membunuh Seol adalah Joo Tae, mantan tunangannya sendiri.

2. Ae Gyeong tidak pernah sakit dalam webtoon

Still cut drama Korea See You in My 19th Life (dok. Netflix/See You in My 19th Life)

Kim Ae Gyeong (Cha Chung Hwa) diceritakan sakit parah, karena mengetahui rahasia kehidupan masa lalu Ban Ji Eum (Shin Hye Sun) di dramanya. Ia pun berangsur pulih usai dioperasi pada ending episode 12. Namun pada versi webtoon, Kim Ae Gyeong ternyata tidak pernah sakit sehingga adegan tentang kondisi kesehatannya di ending drama tidak pernah ada.

Bukan Ae Gyeong, namun ayah Moon Seo Ha, Moon Jeong Hoon (Choi Jin Ho), yang sakit dalam webtoon-nya. Maka dari itu, Moon Jeong Hoon meminta Seo Ha memimpin perusahaan MI.

Selain itu, Moon Jeong Hoon versi webtoon diceritakan cukup menyukai karakter Ban Ji Eum. Berbeda dari versi drama yang terkesan tidak suka dan tidak peduli.

Baca Juga: Penjelasan Ending Webtoon See You In My 19th Life, Happy Gak ya?

3. Moon Seo Ha masuk rumah sakit usai menyelamatkan Ban Ji Eum yang diculik di webtoon

Still cut drama Korea See You in My 19th Life (Instagram.com/tvn_drama)

Pada versi webtoon, saudara sepupu Moon Seo Ha, yaitu Moon Joon Ha, sempat menculik Ban Ji Eum. Karena menyelamatkan pujaan hatinya itu, Moon Seo Ha sampai harus dirawat di rumah sakit.

Namun, pada versi drama, Ban Ji Eum tidak pernah culik. Moon Seo Ha sendiri juga tidak pernah sampai celaka. Saat Ban Ji Eum mencekiknya, Moon Seo Ha bahkan masih dalam kondisi baik-baik saja.

4. Kunci Ban Ji Eum lepas dari kutukan di webtoon adalah Ha Do Yoon, sedangkan di drama Yoon Cho Won

Still cut drama Korea See You in My 19th Life (dok. Netflix/See You in My 19th Life)

Pada versi webtoon, cara Ban Ji Eum mengingat semua kehidupan pertamanya adalah dengan menyentuh Ha Do Yoon yang merupakan reinkarnasi dari Seol. Namun di drama, reinkarnasi Seol adalah Yoon Cho Won (Ha Yoon Kyung).

Jadi pada versi drama, Ban Ji Eum mengingat kehidupan pertamanya dengan memegang lonceng, bukan menyentuh Ha Do Yoon (Ahn Dong Goo).

5. Ban Ji Eum ingin balas dendam di drama, sedangkan di webtoon, dia berharap Seol bahagia

Still cut drama Korea See You in My 19th Life (Instagram.com/tvn_drama)

Alasan Ban Ji Eum mengingat kehidupan lampaunya di webtoon adalah sebagai balasan agar Seol bisa bereinkarnasi dan selalu hidup bahagia. Sebab, di kehidupan pertama, Ban Ji Eum (Soo) yang menyebabkan Seol meninggal.

Seol meminta kepada Joo Tae agar tidak pernah mengangganggu Soo. Sebagai gantinya, Joo Tae boleh membunuh Seol agar keluarga mantan tunangannya itu tidak dituduh sebagai pengkhianat lagi.

Berbeda dari versi dramanya, Ban Ji Eum justru berdoa agar selalu mengingat kejadian tragis kehidupan pertamanya. Ia berniat membalaskan dendam atas kematian Seol kepada Cheon Un.

6. Beda cara Ban Ji Eum hingga Kang Min Gi lepas dari kutukan

Still cut drama Korea See You in My 19th Life (dok. Netflix/See You in My 19th Life)

Pada versi webtoon, Kang Min Gi bercerita bahwa ia sudah pernah bertemu dengan orang yang mampu melepas kutukannya. Caranya untuk lepas dari kutukan adalah hidup bersama orang tersebut. Namun karena keburu meninggal, Kang Min Gi melewatkan momen itu. 

Sedangkan pada versi drama, Kang Min Gi bercerita bahwa waktunya untuk melepaskan kutukan belum datang. Sementara bagi Han Na (Lee Han Na) dan Ban Ji Eum, waktu itu sudah tiba.

Selain itu, dalam dramanya, cara mereka lepas dari kutukan tersebut pun sama persis. Padahal pada versi webtoon, cara Kang Min Gi dan Ban Ji Eum lepas dari kutukan sebenarnya berbeda.

Di versi drama, Ban Ji Eum harus memastikan dirinya sudah bahagia dan mengatakan kepada Soo, "Kini semua sudah berakhir." Ban Ji Eum juga tidak perlu melawan roh jahat yang menyerap semua kesedihannya.

Namun di versi webtoon, Ban Ji Eum harus memastikan Ha Do Yoon, reinkarnasi Seol, bahagia. Setelah itu, Ban Ji Eum harus berkata pada Seol, "Sudah cukup," agar lepas dari kutukan tersebut.

Baca Juga: Penjelasan Ending Drama See You in My 19th Life, Beda dari Webtoon-nya

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya