TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Perbedaan Ending Drama vs Webtoon Doona!, Beda Banget lho!

Akhir kisah cinta Lee Won Joon drama vs webtoon beda!

Still cut drama Korea Doona! (dok. Netflix/Doona!)

Doona! merupakan drama Korea terbaru Netflix yang diadaptasi dari webtoon berjudul Lee Doona!. Webtoon-nya sendiri cukup panjang, karena punya tiga season.

Ending dari drama dan webtoon Doona! (2023) ternyata berbeda, lho. Mulai dari akhir kisah cinta Lee Won Joon hingga alasan putusnya dari Lee Doona. Coba kita bahas perbedaannya, ya!

Peringatan: Artikel ini mengandung spoiler!

1. Di drama, Choi Ira jadian sama Koo Jung Hoon, sementara di webtoon sama Lee Won Joon

Still cut drama Korea Doona! (dok. Netflix/Doona!)

Dalam versi dramanya, Choi Ira (Park Se Wan), akhirnya pacaran dengan Koo Jung Hoon (Kim Do Wan). Setelah lulus kuliah dan bekerja, mereka bahkan tinggal bersama. Namun hingga akhir, keduanya diceritakan belum menikah.

Sedangkan di webtoon, Choi Ira sebenarnya jadian sama Lee Won Joon, lho. Sejak kencan buta, Choi Ira menyukai cowok tersebut. Namun ia sempat ditolak lantaran Lee Won Joon belum move on dari Lee Doona (Bae Suzy).

2. Sosok Koo Jung Hoon banyak screen time-nya di drama

Still cut drama Korea Doona! (dok. Netflix/Doona!)

Koo Jung Hoon jadi salah satu karakter utama dalam versi drama. Ia diceritakan sebagai sosok yang kaku dan tidak suka berinteraksi dengan orang lain. Termasuk penting di drama, nyatanya Koo Jung Hoon versi webtoon hanya muncul beberapa kali saja, lho, meski ia tinggal di share house yang sama dengan Lee Won Joon.

Karakter yang diperankan oleh Kim Do Wan ini juga terobsesi dengan olahraga dan pola hidup sehat. Namun, alasan mengapa terobsesi hanya diceritakan di webtoon. Saat itu, ia adalah anak yang tidak populer dan punya sedikit teman. Koo Jung Hoon bahkan kesulitan berinteraksi dengan Lee Won Joon, Lee Doona, hingga Seo Yoon Taek. Ia pun bertekad mengurangi berat badan agar tidak insecure lagi.

Baca Juga: [QUIZ] Lewat Tes Psikologi Sederhana Ini, Kamu Mirip Siapa di Doona?

3. Yang datang ke fan meeting Lee Doona di drama adalah Guk Su Jin, kalau webtoon-nya Lee Won Joon

Still cut drama Korea Doona! (dok. Netflix/Doona!)

Di drama, Guk Su Jin (Joo Yeon Woo) mendapat kesempatan datang ke fan meeting Lee Doona. Ia bahkan pernah menandatangani photocard dan diberikan kepada Guk Su Jin. Sepertinya, itu diberikan oleh Lee Won Joon.

Sedangkan di webtoon, Guk Su Jin memberikan kesempatan fan meeting itu untuk Lee Won Joon. Alasannya karena sang sahabat terlihat patah hati dan ingin bertemu Lee Doona. Berkat itu, Lee Won Joon dan Lee Doona bisa membicarakan alasan mereka putus.

4. Di drama, yang minta putus adalah Lee Won Joon, sementara di webtoon Lee Doona diceritakan menghilang

Still cut drama Korea Doona! (dok. Netflix/Doona!)

Lee Doona memang sempat menghilang, karena kembali menjadi penyanyi dalam versi dramanya. Namun, ia tidak berniat putus dari Lee Won Joon. Ia bahkan berkata kepada Direktur Park (Lee Jin Wook) akan tetap pacaran dengan Lee Won Joon secara diam-diam.

Sayangnya, Lee Won Joon justru ingin mengakhiri hubungannya dengan Lee Doona. Apalagi, ia juga harus berangkat wajib militer dan terpengaruh kata-kata Direktur Park. Menurut sang direktur, skandal pacaran akan berpengaruh buruk pada karier Lee Doona.

Jika melihat lagi webtoon-nya, sebenarnya Lee Doona lah yang terlebih dulu menghilang saat Lee Won Joon sedang wajib militer. Lee Doona sengaja melakukan itu untuk putus, padahal Lee Won Joon berharap hubungan mereka tetap bisa berlanjut.

5. Lee Doona bohong kalau punya pacar baru dalam webtoon-nya, tapi di drama, ia malah berusaha mencari Lee Won Joon

Still cut drama Korea Doona! (dok. Netflix/Doona!)

Pada episode 9, Lee Doona dua kali bertemu lagi dengan Lee Won Joon. Dalam dua pertemuan itu, Lee Doona ingin kembali bersama sang kekasih. Bahkan dari kata-katanya, Lee Doona berharap mereka bisa balikan.

Sementara itu di webtoon, Lee Doona justru berbohong jika sudah mempunyai kekasih. Tujuannya agar Lee Won Joon move on dan bisa menjalin hubungan dengan orang lain. 

Lee Doona punya dua alasan, pertama, ia tidak ingin menyakiti Lee Won Joon lebih dalam. Selain itu, Lee Doona juga tidak bisa mengorbankan kariernya sebagai penyanyi yang baru menuai kesuksesan.

6. Lee Won Joon gak lanjut S2 di dramanya?

Still cut drama Korea Doona! (dok. Netflix/Doona!)

Lee Won Joon adalah mahasiswa tahun kedua yang pindah ke sebuah share house dalam versi dramanya. Pada pertengahan kuliah, ia harus menjalani wajib militer lalu mengikuti ujian PNS setelahnya.

Agak berbeda, Lee Won Joon diceritakan menyelesaikan wajib militer dan lulus S1 kemudian melanjutkan kuliah pasca sarjana di webtoon-nya. Setelah itu semua, ia baru bekerja di sebuah perusahaan nanoengineering bergengsi.

Baca Juga: Biodata dan Profil 8 Pemain Utama Drama Korea Doona!, Serbuk Berlian

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya