TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Karakter KDrama yang Berkepribadian INFJ, Si Paling Altruis!

Semuanya tokoh kesayangan se-Kdramaland

Moon Kang Tae dan Ko Moon Young di KDrama It's Okay Not To Be Okay (dok. TvN)

INFJ merupakan salah satu kepribadian dalam MBTI yang paling langka. Hanya segelintir orang yang memiliki kepribadian INFJ. Namun, sosok INFJ kerap menjadi magnet bagi para kepribadian lain karena kualitas diri mereka yang altruis atau suka membantu orang lain, hingga keinginan kuat untuk membuat dunia lebih baik.

Dalam drama Korea, ada sejumlah karakter utama yang memiliki MBTI INFJ. Berikut ini karakter KDrama dengan kepribadian INFJ berserta ulasannya. Scroll terus ke bawah ya, chingu!

1. Jung Da Eun - Daily Dose of Sunshine

Jung Da Eun dalam KDrama Daily Dose of Sunshine (dok. TvN)

Karakter altruis INFJ terlihat dalam berbagai tindakan Jung Da Eun dalam drama Daily Dose of Sunshine. Dia suka merawat para pasiennya dan menempatkan kepentingan orang lain di atas dirinya sendiri. Seperti halnya saat Dae Eun menjadi tidak disukai oleh rekan kerjanya karena mementingkan kenyamanan pasien yang membuatnya keteteran mengerjakan pekerjaan lain.

2. Moon Gang Tae - It's Okay to Not Be Okay

Moon Kang Tae dan Ko Moon Young di KDrama It's Okay Not To Be Okay (dok. TvN)

Moon Gang Tae memiliki profesi sebagai perawat di Rumah Sakit Jiwa yang cocok dengan karakter INFJ yang sering bekerja di bidang sosial dan kemanusiaan. Cara Gang Tae menghadapi masa lalu seperti dirinya yang berpindah rumah dan tidak takut dengan perubahan sedikit berbeda dengan sikap ISFJ. Belum lagi Gang Tae mudah menolong dan bersabar mengurus kakaknya serta menghadapi Moon Young.

3. Ki Seon Gyeom - Run On

Ki Seon Gyeom dan Oh Mi Joo dalam KDrama Run On (dok. Netflix)

Ki Seon Gyeom dalam drama Run On juga berkepribadian INFJ. Ia berbicara dengan lembut dan tertata serta memiliki visi yang jelas. Ki Seon Gyeom juga akan stres dan tertekan jika tak bisa membantu orang lain, untunglah Mi Joo membantu fungsi Fe (extrovert feeling) Seon Gyeom menjadi lebih sehat.

Baca Juga: 4 Drakor yang Dibintangi Suho EXO, Kerap Jadi Pemeran Utama!

4. Baek Yi Jin - 2521

Baek Yi Jin dalam KDrama Twenty Five Twenty One (dok. Netflix)

Baek Yi Jin selalu menjauhkan diri ketika kekhawatiran masa depan menguasai dirinya, hal ini menunjukkan persepsi seorang introvert. Di saat-saat sulit, dia tetap pendiam, menghindari intervensi, dan semakin tenggelam sendirian. Terlepas kemahirannya dalam interaksi sosial, mekanisme pengisian energi Yi-jin tidak melibatkan orang.

Sosok lain malah menguras tenaga daripada memberinya energi. Terkadang kesadarannya terhadap semua orang adalah anugerah sekaligus kutukan. Dilema ingin bertemu dan membantu orang lain tapi juga lelah menghadapi manusia lain adalah salah satu ciri INFJ.

5. Park Sae Ro Yi - Ittaewon Class

Park Sae Royi dalam drama Itaewon Class (instagram.com/bn_sj2013)

Park Sae Ro Yi menunjukkan salah ciri-ciri INFJ yang cakap dalam memprediksi perilaku orang lain. Dia memprediksi perilaku Pimpinan Jang, yang akan "membuang putranya ke tempat sampah" demi membuat perusahaan Jangga tetap stabil. Dia cukup pandai memahami motif orang lain dan karakter sebenarnya, daripada menyadari perasaannya sendiri apalagi saat dia perlahan jatuh cinta pada Yi Seo.

6. Shim Soo Ryeon - Penthouse : War of Life

Shim Soo Ryeon dalam drama Penthouse Season 1 (dok. SBS)

Shim Soo Ryeon sosok yang anggun, baik hati, dan juga sangat pintar. Cara dia bertingkah seperti Na Aegyo yang sebenarnya hanya mirip secara penampilan saja, ternyata mampu ia perankan dengan sangat sempurna meski sifat keduanya bertolak belakang. Hal ini benar-benar perilaku INFJ yang mampu meniru dan menempatkan diri sebagai kepribadian lain saat dibutuhkan dalam memanipulasi.

7. Choi Taek - Replay 1988

Choi Taek dalam drama Replay 1988 (dok. Netflix)

Choi Taek menunjukkan bahwa ia mampu mengenali perasaan dan karakter orang-orang di sekitarnya. Ia mengetahui apa yang terjadi antara ayahnya serta ibu Sun Woo meskipun dia hampir tidak pernah ada di rumah untuk melihat interaksi mereka.

Di masa depannya, Choi Taek juga mengatakan pada Deok Sun bahwa dia tahu lebih banyak semua hal tentang sang istri tapi sayangnya tak disadari oleh pujaan hatinya itu.

Deretan karakter dalam KDrama kadang menghidupkan sosok INFJ dalama bagaimana bersikap dan berpikir. Seperti halnya para karakter seperti Moon Gang Tae yang sangat altruis hingga Park Sae Ro Yi yang bisa menganalisis karakter dan sikap orang-orang di sekelilingnya.

Baca Juga: 7 Potret Kedekatan Park Bo Gum dan Bae Suzy, Kayak Pacaran Beneran!

Verified Writer

Annisa Marifah

Hi, Hello!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya