TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Fakta Penulis OST Lovely Runner - Sudden Shower, Bukan Ryu Sun Jae?

Siapa sebenarnya pencipta OST Lovely Runner ini?

still cut drakor Lovely Runner (instagram.com/garagelab.official)

Band fiktif Eclipse di drakor Lovely Runner (2024) mendapatkan banyak perhatian publik. Pada tanggal 13 Mei 2024 lalu, lagu "Sudden Shower" yang dinyanyikan oleh Ryu Sun Jae (Byeon Woo Seok) sebagai vokalis Eclipse, bahkan sudah menempati posisi 10 dalam Melon Top 100 chart.

Lagu "Sudeen Shower" bercerita tentang cinta sepihak yang dialami karakter Ryu Sun Jae pada Im Sol (Kim Hye Yoon). Dalam bahasa Korea, lagu tersebut berjudul "소나기 (re: sonagi)" yang berarti 'hujan deras yang tiba-tiba, tapi juga cepat berlalu'. Hal itu sama dengan kehadiran Im Sol dalam hidup Ryu Sun Jae. Tidak terlalu lama, tapi menorehkan kesan yang dalam.

Dalam drakornya dikisahkan, jika Ryu Sun Jae adalah penulis lagu tersebut. Lantas, apakah benar lagu "Sudden Shower" ditulis oleh Byeon Woo Seok di kehidupan nyata? Berikut tiga faktanya.

Baca Juga: 4 Alasan Lagu Sudden Shower Sangat Berarti di Lovely Runner

1. Han Seong Ho adalah pencipta asli lagu Sudden Flower

foto Han Seung Ho (twitter.com/HanSungHo_RP)

Pencipta asli lagu "Sudden Shower" tentu saja bukan karakter Ryu Sun Jae. Ada beberapa musisi berbakat yang terlibat dalam pembuatan lagu ikonik ini, antara lain Han Seong Ho, Park So Seok, dan Moon Kim. Sementara lirik lagu "Sudden Shower" ditulis oleh Han Seong Ho yang juga merupakan komposer utamanya.

Han Seong Ho adalah founder sekaligus CEO dari FNC Entertainment, agensi yang menaungi band-band besar, seperti CNBLUE, N.Flying, dan FTISLAND. Namun, sebelum membuat agensi, Han Seong Ho awalnya adalah seorang penyanyi, loh. Ia merupakan anggota band rock Universitas Myongji bernama White Horse. 

Pada tahun 1999, Han Seong Ho debut sebagai penyanyi dengan lagu "Goodbye Day". Tak lama kemudian, ia tampil membawakan lagu berjudul "To Heaven" yang cukup populer pada masanya.

Namun, sayang, album selanjutnya yang dirilis Han Seong Ho justru dianggap sebagai plagiat musisi Jo Sung Mo. Merasa kurang sukses sebagai penyanyi, Han Seung Ho memilih beralih profesi dengan mendirikan FNC Entertainment pada tahun 2006.

2. Han Seong Ho juga menulis lagu untuk band fiktif A.N.JELL's

poster drakor You're Beautiful (dok. SBS/You're Beautiful)

Satu hal yang menarik adalah Han Seung Ho juga menulis beberapa original soundtrack untuk drakor lawas You're Beautiful (2009). Drakor itu juga punya satu band fiktif bernama A.N.JELL's yang beranggotakan empat orang. Keempat orang tersebut adalah Jang Geun Seok, Park Shin Hye, Lee Hong Ki, dan Jung Yong Hwa.

Sama seperti Eclipse, band fiktif ini juga mendapatkan banyak cinta dari para penggemarnya. Terbukti pada 23 November 2009, sebuah mini konser khusus diadakan SBS untuk memuaskan antusiasme penggemar. Tak kurang dari 2.500 orang menghadiri mini konser yang diadakan di Melon AX Hal Seoul tersebut.

Verified Writer

Anita Hadi Saputri

Freelance Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya