TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Pelajaran Berharga tentang Keluarga di Ending Drakor The Auditors

Drama ini punya banyak pesan moral

still cut drakor The Auditors (instagram.com/tvn_drama)

The Auditors (2024) menampilkan episode terakhirnya pada hari Minggu (11/8/2024). Berakhir dengan memuaskan, Shin Cha Il (Shin Ha Kyun) berhasil mengungkap korupsi paling besar di konstruksi JU. Sedangkan pasangan kakak-beradik Hwang Se Woong (Jung Moon Sung) dan Hwang Dae Woong (Jin Goo) tetap problematik hingga akhir.

Selain membawa pesan keadilan dalam berbisnis, The Auditors juga menyisipkan pelajaran berharga tentang keluarga. Yuk, kita simak bersama apa saja pelajaran yang bisa dipetik dari drakor ini!

1. Kesetiaan pada pasangan itu penting

still cut drakor The Auditors (instagram.com/tvn_drama)

Hwang Dae Woong merupakan anak dari istri kedua pimpinan Hwang. Perilaku sang ayah serta saudara-saudaranya jelas berbeda kepadanya. Ia memperoleh banyak cacian serta siksaan fisik dari mereka. Akibatnya, Hwang Dae Woong melakukan banyak kenakalan remaja ketika ia tumbuh.

Padahal, jika ditaris garis lurus, kesalahan justru ada pada kepala keluarga Hwang yang gak setia. Dalam budaya monogami, kesetiaan pada pasangan memang sangat berpengaruh dalam hubungan kekeluargaan. Sikap kepala keluarga Hwang yang mendua membawa akibat buruk bagi anaknya, Hwang Dae Woong. Beruntungnya, Hwang Dae Woong tumbuh dengan baik dan bisa bertahan di tengah ketidakadilan tersebut.

2. Orangtua harus memperlakukan anak dengan setara

still cut drakor The Auditors (instagram.com/tvn_drama)

Perlakuan yang tidak setara pada tiga anak keluarga Hwang membuat persaingan sengit di antara mereka. Hwang Dae Woong jadi bahan cibiran. Sementara Hwang Se Woong dan Hwang Gun Woong (Lee Do Yub) yang kelihatan saling mendukung, rupanya saling menyimpan kecemburuan.

Keadilan pada anak ini memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Menjaga anak-anak agar tidak saling cemburu membutuhkan pengertian dan pemahaman yang ditanamkan pada mereka. Namun orangtua harusnya gak menyerah dalam bersikap adil pada anak, ya.

Baca Juga: 10 Plot Twist Tak Terduga di Ending The Auditors, Mengejutkan!

3. Tidak berkata buruk tentang anak di belakangnya

still cut drakor The Auditors (instagram.com/tvn_drama)

Anak adalah pribadi yang utuh. Gak baik jika membicarakan kekurangan salah satu anak kepada anak lain di belakangnya. Hal ini tentu menimbulkan persepsi negatif tentang anak yang dibicarakan. Apalagi jika anak sampai mendengarnya, kata-kata orangtua bisa jadi dianggap sebuah kebenaran mutlak yang menurunkan semangatnya.

Orang tua Hwang bersaudara pernah membicarakan keburukan Hwang Se Woong di depan Hwang Gun Woong. Hal ini membuat Hwang Gun Woong jadi kehilangan respek pada adiknya itu. Di sisi lain, Hwang Se Woong jadi benci pada sang kakak yang meremehkannya.

4. Orang lain juga bisa jadi keluarga

still cut drakor The Auditors (instagram.com/tvn_drama)

Kebaikan Hwang Dae Woong pada Yoon Se Jin (Jo A Ram) bukan tanpa alasan. Ibu Yoon Se Jin adalah penolong Hwang Dae Woong ketika ia mendapatkan perlakuan buruk dari ayah dan saudara-saudaranya. Sebagai balas budi, ia bahkan membelikan ibu Yoon Se Jin apartemen, lho.

Kebaikan hati sebenarnya adalah hal yang paling mudah dirasakan. Hwang Dae Woong membuktikan bahwa kasih sayang bisa diperoleh dari orang lain, gak harus keluarga. Dengan kebaikan yang tulus, Hwang Dae Woong sudah menganggap Yoon Se Jin dan ibunya sebagai keluarga sendiri, nih.

Verified Writer

Anita Hadi Saputri

Freelance Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya