TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Bukti Biaya Hidup Korea Selatan Mahal di Romance in the House

Gaji banyak dialokasikan untuk biaya sewa rumah

Para penyewa villa di Romance in the House (instagram.com/jtbcdrama)

Alur cerita dalam drama maupun film biasanya memang disesuaikan dengan kondisi kehidupan masyarakat sekitar, gak terkecuali dalam drama Korea. Mereka membangun cerita tersebut juga memerlukan banyak waktu untuk riset agar bisa menggambarkan keadaan sosial ekonomi tempat tersebut secara nyata. Hal ini juga bisa dilihat dalam drakor Romance in the House (2024), lho. 

Dalam drakor ini, Byeon Mi Rae (Song Na Eun) diceritakan sebagai tulang punggung keluarga yang juga membiayai pedidikan adiknya. Hal ini bisa dilihat jika banyak kondisi ekonomi serta gaya hidup masyarakat Korea Selatan juga digambarkan dalam drama ini. Salah satu yang paling ditonjolkan adalah biaya hidup di Korea Selatan ternyata sangat mahal, lho. 

Dalam kehidupan Byeon Mi Rae, penonton pasti banyak menemukan bukti mengenai biaya hidup di Korea Selatan. Apa saja bukti yang ditunjukkan dalam drakor Romance in the House

Peringatan, artikel ini mengandung spoiler.

Baca Juga: 4 Support System Byeon Mi Rae di Drakor Romance in the House

1. Biaya deposito dan sewa rumah sangat mahal

Son Na Eun, Kim Ji Soo, Yang Jo A, dan Yoon San Ha di Romance in the House (instagram.com/jtbcdrama)

Setelah kepindahan Byeon Moo Jin (Ji Jin Hee), Byeon Mi Rae berusaha keras untuk pindah. Namun, kenyataan menghantam keluarga mereka. Tempat tinggal mereka saat ini sangat ideal bagi kantong Byeon Mi Rae sebagai tulang punggung. 

Mereka bisa mendapatkan biaya sewa cukup miring dengan lokasi yang mudah diakses. Ketika mereka mulai mencari apartemen lain, harga yang ditawarkan gak sepadan dengan kenyamanan yang telah mereka dapatkan saat ini. Mereka menyadari jika biaya untuk pindah dan sewa apartemen lain mulai naik secara drastis. 

Dilansir InterNations, 30 hingga 40 persen gaji masyarakat Korea Selatan dihabiskan untuk membayar sewa rumah yang bagus dan layak. Kondisi ini biasanya dijumpai oleh masyarakat yang tinggal di pusat kota, seperti Seoul.

2. Hidup pas-pasan meskipun telah bekerja keras

Kim Ji Soo dan Son Na Eun di Romance in the House (instagram.com/jtbcdrama)

Byeon Mi Rae menghabiskan waktunya dengan bekerja. Gak hanya di kantor, dia juga mengerjakan pekerjaannya setelah pulang ke rumah. Kenyataannya, gaji yang didapatkan gak naik secara drastis. 

Namun, dia melakukan hal itu semua untuk mendapatkan bonus besar setelah sukses menaikkan penjualan. Ternyata, gaji bulanan yang didapatkannya hanya menyisakan 10 persen dari gaji seluruhnya. Makanya, ketika ditawari Baek Moo Jin untuk gak perlu membayar sewa, Geum Ae Yeon (Kim Ji Soo) langsung setuju. 

Gak hanya itu, uang gaji Mi Rae juga cukup hanya membeli peralatan rumah tangga dan perabotan yang biasa. Mereka gak bisa membeli kursi pijat impian Ae Yeon bahkan harus membeli perabot rakitan agar lebih hemat, lho.

Baca Juga: 5 Drakor Romance Choi Minho, Terbaru Romance in the House

Verified Writer

Aisyah Attamami

Angkat penamu, Ubahlah duniamu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya