TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sapu Lidi Pengusir Setan dan Santet, Apakah Benar?

Kepercayaan yang sudah ada sejak zaman dulu

ilustrasi sapu lidi (commons.wikimedia.org/Ariyanto)

Siapa yang tak tahu sapu lidi? Benda yang terbuat dari lidi ini sering dipakai sebagai alat bersih-bersih. Mulai dari menyapu, membersihkan kasur, hingga mengusir serangga.

Siapa sangka, ternyata sapu lidi juga dipercaya bisa mengusir setan dan menangkal santet. Nah, apakah benar seampuh itu kegunaan sapu lidi?

Yuk, baca dulu penjelasan tentang sapu lidi pengusir setan dan santet di bawah ini!

Baca Juga: 5 Mitos Ayam Berkokok Tengah Malam yang Dipercaya Sejak Dulu

1. Sapu lidi pengusir setan

ilustrasi setan (pexels.com/Monstera)

Keampuhan sapu lidi pengusir setan sudah dipercaya sejak zaman dulu. Cara pakainya mudah, tinggal letakkan atau pakai sapu lidi untuk menyapu ruangan, maka setan tak berani masuk.

Ternyata, gak semua sapu lidi ditakuti setan, tapi hanya sapu lidi pengusir setan yang terbuat dari bahan khusus. Menurut kepercayaan, setan paling takut dengan sapu lidi dari daun aren yang jatuh ke tanah. 

2. Sapu lidi penangkal santet dan guna-guna

ilustrasi dukun (pexels.com/Cottonbro Studio)

Selain mengusir setan, sapu lidi juga dipercaya menangkal kiriman santet, pelet, dan guna-guna lainnya. Sapu lidi pengusir setan dan santet sama-sama terbuat dari bahan serupa, yakni lidi daun aren.

Sapu lidi memang diyakini bisa menangkal kiriman gaib. Namun, ampuh atau tidaknya tergantung pada sugesti dan keyakinan. Yang terpenting adalah meminta perlindungan kepada Sang Pencipta.

Baca Juga: Mitos Nasi Cepat Basi, Jadi Pertanda Datangnya Hal Buruk?

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya