TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Supaya Badan Tetap Segar Tanpa Bau, 9 Tips Ini HARUS Kamu Terapkan!

Biar gak malu kalau ketemu mantan

Sumber Gambar: curejoy.com

Punya aroma tubuh yang segar serta jauh dari kata bau badan tentu jadi impian setiap orang. Alasannya dengan hal ini dirimu pasti lebih percaya diri saat bertemu dengan orang lain. Karenanya menjaga kebersihan dan displin menggunakan produk pengharum badan wajib kamu lakukan untuk mewujudkan impian ini.

Nah agar dirimu berhasil mewujudkan cita-cita mempunyai tubuh segar yuk baca tips dari IDNtimes yang satu ini.

1. Rajinlah mandi untuk membuat tubuhmu bebas dari bakteri.

Sumber Gambar: thedrinksbusiness.com

Kalau kamu mau terhindar dari bau badan tapi masih malas mandi sebaiknya lupakan mimpi tersebut. Alasannya mandi adalah salah satu cara untuk membunuh bakteri penyebab bau badan. Karena itu IDNtimes sarankan untuk menghilangkan penyakit malas mandi jika tidak ingin bakteri penyebab bau bersarang di tubuhmu.

Dalam sehari idealnya seorang manusia mandi dua kali sehari. Beberapa titik yang perlu diperhatikan ekstra adalah ketiak, selangkangan dan juga kaki yang biasanya menjadi “markas” bakteri dalam tubuh. Khusus untuk kebersihan beberapa titik ini kamu harus memerhatikannya secara baik agar jauh dari keluhan bau badan.

2. Hindari mengonsumsi makanan berempah secara berlebihan.

Sumber Gambar: foodspotting.com

Makanan berempah yang mengandung banyak bawang dan kari juga menjadi pemicu timbulnya bau badan. Alasannya dalam jenis makanan tersebut terdapat banyak gas sulfur yang jika diserap oleh tubuh dan dikeluarkan dalam bentuk keringat akan mengeluarkan bau tak sedap. Kamu yang punya masalah bau badan tentu tidak mau dong hal ini sampai terjadi?

Untuk itu kurangilah menyantap makanan yang mempunyai bumbu rempah kuat. Selain kandungan sulfurnya, makanan berempah juga merangsang keluarnya keringat lebih banyak sehingga makanan seperti ini membuat kemungkinan tubuh mengeluarkan bau tak sedap makin tinggi.

3. Gunakan rebusan air sirih untuk minum atau makan agar bau badan selalu segar.

Sumber Gambar: facetofeet.com

Cara lainnya yang juga dapat ditempuh untuk memperoleh bau badan segar adalah dengan meminum rebusan air daun sirih. Kamu dapat mengambil 2-3 lembar daun sirih untuk direbus dalam satu panci air. Setelah mendidih dan jumlah air menyusut ambil air sirih tersebut dan minumlah untuk mengurangi bau badan.

Idealnya dalam seminggu kamu mengonsumsi air sirih sebanyak 3-4 gelas. Selain diminum air sirih juga dapat digunakan untuk mandi agar bau badan hilang. Mengonsumsi air daun sirih secara rutin terbukti ampuh mengusir bau badan tak segar yang membandel.

4. Jika tak menyukai air daun sirih, kamu juga bisa mengonsumsi daun kemangi.

Sumber Gambar: sambel-sambal.blogspot.com

Tidak hanya daun sirih saja yang ternyata bisa dimanfaatkan untuk membuat aroma tubuh segar. Daun kemangi yang biasanya ditemui pada sayur lalapan juga bisa. Bau segar pada daun kemangi terbukti ampuh menetralisir aroma tubuh yang kurang wangi. Karenanya kalau kamu tidak suka daun sirih, penggunaan daun kemangi bisa jadi solusi.

Selain mengusir bau tubuh daun kemangi juga ampuh mengurangi bau mulut tak sedap. Jadi ibaratnya nih kalau kamu rajin makan daun kemangi dirimu mendapat dua keuntungan yakni bau tubuh jadi segar dan mulut yang wangi. Mmm enak kan?

5. Minum air mineral delapan gelas per hari dijamin buat bau tubuhmu segar.

Sumber Gambar: alsglobal.com

Kebiasaan buruk yang ternyata membuat aroma tubuh terganggu adalah kurang minum air putih. Ketika tubuh seseorang tidak mendapatkan asupan air cukup racun-racun dalam tubuhnya tidak terbuang secara sempurna. Akibatnya ketika tubuh berkeringat aroma badan pun jadi tak enak. Nah untuk alasan itulah kamu harus tertib mengonsumsi air mineral minimal delapan gelas dalam sehari.

Keuntungan minum air mineral secara cukup juga tidak hanya berguna agar tubuh tak bau saja. Kamu yang mengonsumsi air dalam porsi yang baik juga bisa lebih konsentrasi dan tidak mudah emosi. Stamina tubuhmu pun biasanya akan lebih mudah terjaga dibandingkan mereka yang minum air mineral dengan tidak benar.

6. Pakai bahan baju yang menyerap keringat.

Sumber Gambar: latest-fashionideas.net

Tips lainnya yang wajib kamu perhatikan agar tidak hilang percaya diri karena bau badan adalah dengan memerhatikan bahan baju yang digunakan. Bagi kamu yang sering berkeringat disarankan untuk memilih baju berbahan dasar katun. Mengapa harus katun? Alasannya adalah karena bahan ini selain lembut juga bisa menyerap keringat dengan baik.

Jika baju yang kamu gunakan dapat menyerap keringat maka proses bercampurnya bakteri dengan keringat tidak akan lama. Karena tak lama kemungkinan bakteri berkembang biak dan menimbulkan bau badan jadi makin sedikit. Selain masalah bahan kamu juga harus langsung mengganti baju apabila sudah berkeringat agar bakteri di baju tak segera menebarkan bau badan.

7. Ganti handuk mandi minimal seminggu sekali.

Sumber Gambar: shopmarriott.com

Walaupun terkesan sepele pada kenyataannya tidak rajin mengganti handuk mandi bisa menyebabkan bau badan. Hal ini semakin parah kalau ternyata handuk tidak dijemur di bawah matahari sehingga menyebabkan bakteri banyak tumbuh di sana. Lalu handuk yang penuh bakteri tersebut dipakai ke tubuh sehabis mandi dan membuat tubuh kotor lagi.

Karenanya agar hal ini tak terjadi kamu harus rajin mengganti handuk minimal sekali seminggu. Setelah digunakan jemur handuk di bawah panas agar bakteri mati oleh sinar matahari. Hal kecil seperti ini penting kamu perhatikan jika ingin terhindar dari bau badan.

8. Batasi jumlah konsumsi daging.

Sumber Gambar: zuraxmedia.com

Kalau kamu adalah penyuka daging dan memiliki keluhan bau badan maka sebaiknya kurangi konsumsi daging sekarang juga. Ternyata daging adalah jenis makanan yang sulit dicerna sehingga sisa pembakarannya dapat berubah jadi gas berbau busuk yang mempengaruhi bau keringat. Salah satu penelitian di Ceko tahun 2006 menemukan bahwa pemakan daging berpotensi memiliki bau tak sedap dibandingkan dengan vegetarian.

Agar situasi tersebut tak terjadi kamu harus mengurangi memakan daging. Misalnya kalau kamu terbiasa makan daging 4-5 kali seminggu kurangilah menjadi 2-3 kali. Jika sudah terbiasa kurangi lagi menjadi 1 kali seminggu dan pada akhirnya 2 minggu sekali. Jangan khawatir dengan kandungan protein dalam daging karena kamu dapat menggantinya dengan ikan atau tempe atau tahu.

9. Kendalikan stres dengan baik.

Sumber Gambar: greatist.com

Tahukah kamu kalau stres juga menyebabkan bau badan? Ya berdasarkan penelitian yang telah dilakukan stres juga menjadi salah satu alasan mengapa aroma tubuh jadi tak enak. Hal ini disebabkan karena stres memicu kelenjar keringat aprocine untuk menghasilkan keringat tak biasa. Maksud tak biasa di sini adalah keringat yang keluar bercampur dengan lemak, bakteri, dan urea.

Akibatnya keringat tersebut jadi beraroma menyengat. Perlu diketahui bahwa pada keringat biasa hanya terdiri dari air dan elektrolit saja sehingga baunya tidak akan begitu menyengat. Untuk itu kamu disarankan untuk bisa memanajemen stres agar tak memancing bau badan tak enak.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya