TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Wajib Tahu, Inilah Hari Peringatan di Bulan November

Ada hari Ayah Nasional, lho

sanialay04.blogspot.co.id

Tak terasa kita sudah hampir tiba di penghujung tahun. Bulan November menjadi salah satu bulan yang spesial untuk negeri ini karena kita akan memperingati hari pahlawan Nasional atas jasa-jasa mereka untuk kemerdekaan Indonesia.

Nah, selain itu bulan November juga punya peringatan-peringatan penting, lho. Yuk, simak di sini.

5 November: Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional.

himakovaipb.blogspot.co.id

Untuk meningkatkan kepedulian, perlindungan dan pelestarian puspa dan satwa Indonesia makan pada tahun 1993 merupakan tahun pertama kalinya diperingati sebagai hari puspa dan satwa Nasional.

Bentar lagi nih, jangan lupa cintai lingkungan alam mu yaa termasuk puspa dan satwanya.

10 November: Hari Pahlawan.

sanialay04.blogspot.co.id

Tanggal 10 November akan selalu menjadi tanggal yang sangat spesial bagi kita semua warga Indonesia. Tua dan muda pasti tahu dengan hari peringatan pada tanggal tersebut. Yup, pada hari itulah diperingati sebagai hari Pahlawan Nasional.

Ingatkah kamu? Tanggal 10 November 1945 terjadi sebuah peristiwa penting, yakni pertempuran Surabaya sebuah peristiwa sejarah perang antara pihak tentara Indonesia dengan pasukan Britania Raya, di Kota Surabaya.

Kemudian tanggal tersebut pun dijadikan sebagai peringatan hari Pahlawan Nasional sebagai penghormatan atas jasa-jasa mereka memperjuangkan kemerdekaan.

12 November: Hari Ayah Nasional.

suara.com

Jika Hari Ibu di Indonesia di peringati setiap tanggal 22 Desember, maka untuk menghormati jasa seorang ayah pada tahun 2016 untuk pertama kalinya dideklarasikan Hari Ayah pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.

Hari  itu ditetapkan sebagai bentuk kasih sayang terhadap seorang ayah. Meskipun hari Ayah tak sepopuler hari Ibu, masyarakat tetap selalu memperingatinya sebagai hari yang spesial.

20 November: Hari Anak-anak Sedunia.

metro.co.uk

Pada tahun 1954 Majelis Umum PBB mengumumkan bahwa tanggal 20 November merupakan hari anak-anak sedunia. Hal ini bertujuan agar anak-anak mendapatkan haknya sebagai anak berupa kasih sayang, akses pendidikan dan bisa bersekolah.

Dan tahukah kamu? Meskipun hari anak-anak sedunia ditetapkan oleh PBB pada tanggal 20 November tapi setiap negara yang berpartisipasi dalam merayakan hari anak-anak sedunia memiliki tanggal tersendiri. Di Indonesia sendiri hari anak ditetapkan pada tanggal 23 Juli.

 

21 November: Hari Pohon Sedunia.

abc.net.au

Untuk menghormati jasa-asa seorang pecinta alam asal Amerika yang bernama J. Sterling Morton yang sangat gigih dalam mengkampanyekan gerakan menanam pohon pada tahun 1872 maka dibuatlah sebuah peringatan hari Pohon sedunia.

Hari Pohon sedunia diciptakan untuk meningkatkan kesadaran manusia akan pentingnya pohon bagi kehidupan mahluk hidup lainnya dan untuk mengurangi efek pemanasan global yang menjadi permasalahan bersama serta melindungi habitat flora dan fauna dunia.

 

25 November: Hari Guru.

ketemulagi.com

Siapakah pahlawan tanpa tanda jasa? dialah Guru. Gurulah yang mampu melahirkan orang-orang cerdas dan berpendidikan. Maka tepat adanya jika ada hari spesial dimana untuk menghormati jasa - jasanya, dan tanggal 25 Novemberlah hari yang ditetapkan sebagai hari Guru.

Tanggal ini diambil sebagai hari Guru karena bertepatan dengan didirikannya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) pada tanggal 25 November 1945 tepat 100 hari setelah hari kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945

 

Verified Writer

Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya