TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Film/Serial Orisinal Netflix Indonesia yang Akan Rilis 2023-2024

Bakal banyak film/serial orisinal di Netflix Indonesia

acara on the scene: the present and future of film indonesia (dok.IDNTimes/stephanierisyana)

Dalam rangka mendukung kesuksesan industri film dan serial tanah air, Netflix akan mengeluarkan sederet film dan serial yang akan keluar di tahun 2023 mendatang. Hal ini dilakukan Netflix dengan berkolaborasi bersama beberapa sutradara dan penulis naskah ternama di Indonesia untuk menggarap serial orisinal Netflix.

Sebelumnya, beberapa serial orisinal Netflix Indonesia telah keluar, salah satu yang sukses adalah Ali & Ratu-Ratu Queens

1. Daftar film dan serial yang akan rilis 2023-2024 mendatang

acara on the scene: the present and future of film indonesia (dok.IDNTimes/stephanierisyana)

Total ada 7 film dan serial orisinal Netflix Indonesia yang akan rilis dalam rentang 2023 hingga 2024 mendatang. Mulai dari komedi hingga sci-fi thriller. Berikut daftar film dan serial yang akan dirilis oleh Netflix Indonesia:

  1. The Big 4
  2. Dear David
  3. Hari Ini Akan Kita Ceritakan Nanti
  4. Klub Kecanduan Mantan
  5. Komedi Kacau
  6. Gadis Kretek
  7. Nightmare and Daydreams

Ketujuh serial di atas diketahui masih dalam proses penggarapan hingga post-produksi hingga saat ini.

Baca Juga: 5 Fakta The Big 4, Film Original Netflix Indonesia Terbaru

2. Karakter dalam film dan series Netflix Indonesia yang kuat

joko anwar jadi sutradara dalam serial orisinal netflix indonesia nightmare and daydreams (instagram.com/jokoanwar)

Alasan dari Netflix Indonesia menggandeng deretan sutradara dan penulis naskah ternama tanah air, seperti Joko Anwar dan Kamila Andini karena keduanya memiliki penggarapan dan penelitian yang dalam sebelum menciptakan sebuah karakter. Didukung dengan penciptaan karakter yang kuat, berbagai aktor dan aktris juga telah dipilih dengan seleksi untuk memerankan karakter yang kuat di film dan serial orisinal Netflix Indonesia. 

"Era sebelumnya itu to be an actor harus cantik, harus ganteng. Tapi sekarang ketika filmmaker meletakkan karakterisasi menjadi hal yang sangat penting, itu tidak menjadi sebuah patokan karena pada akhirnya filmmaker ini mencari karakter bukan mencari kencantikan," jelas Wicky V Olindo.

3. Kehadiran streaming platform, termasuk Netflix jadi pendukung majunya industri film

marissa anita turut hadir menjadi moderator dalam acara (dok.IDNTimes/stephanie risyana)

Joko Anwar dalam acara On The Scene: The Present and Future of Film di Indonesia pada Jumat (25/11/2022) mengakui bahwa kehadiran streaming platform sangat membantu kemajuan industri perfilman Indonesia. Hal ini dikarenakan streaming platform mampu memberikan harapan bagi sutradara dan penggiat film Indonesia agar bisa memunculkan film dan series dengan tema-tema yang dipandang tidak terlalu cocok untuk di bioskop. 

"Kita sebagai sutradara yang sebenarnya enggak selalu berpikir dari segi komersilnya, tapi sebagai sutradara kan tugas kita secara kreatif menciptakan film sebaik mungkin, dari storytelling-nya sehingga jadi suatu film yang tell the story well," ujar Joko. 

Selain itu Joko juga menambahkan bahwa kehadiran streaming platform memungkinan sutradara untuk bisa mengeksplorasi cerita-cerita yang awalnya dikira tidak mungkin untuk diproduksi. 

"Ada satu ide cerita yang sudah saya simpan lama sekali dan pengen banget saya bikin filmnya tapi genre-nya terbukti di Indonesia tidak pernah sukses di bioskop, yaitu science fiction. Lalu akhirnya ada kesempatan dari streaming platform, Netflix Indonesia untuk bekerja sama dan itu keluar semua kayak air bah untuk diproduksi dan bisa membuat ide itu jadi kenyataan," lanjutJoko. 

4.Perspektif film Indonesia yang sudah berbeda

poster promosi the big 4 (instagram.com/netflixid)

Industri film Indonesia dikenal eksklusif dan susah dimasuki oleh masyarakat umum. Biasanya sutradara, aktor dan aktris yang eksis hanya itu-itu saja. Namun, sekarang ini sudah banyak streamers yang menyiapkan wadah untuk para penggiat film baru agar bisa berkarya di dalamnya dengan mudah. Hal ini diakui langsung oleh Wicky V Olindo, produser dari film orisinal Netflix Indonesia The Big Four yang akan tayang di tahun depan. 

"Banyak banget konten yang dibutuhkan jadinya dibutuhkan banyak aktor dan kru yang dibutuhkan. Yang menyenangkan dari era streaming platform ini adalah variatif dalam memberikan genre. Memang ini jadi membuka peluang untuk filmmaker baru dan juga pemain, tapi yang bakal maintain ya yang bener-bener berprestasi di dalamnya," ujar Wicky. 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya