TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Rekomendasi Film Romantis buat Penggemar Deep Talk, Bermakna Banget!

Langsung bisa dikupas habis setelah nonton

cuplikan film Her (dok. Annapurna Pictures/Her)

Film romantis sering dipandang sebelah mata karena cerita yang menyangkut cinta biasa diasosiasikan sebagai sesuatu yang dangkal. Padahal, film romantis juga banyak yang dikemas dengan begitu menarik dan mengundang diskusi yang lebih mendalam.

Bisa loh, bahan deep talk berasal dari film romantis yang baru ditonton. Urusan cinta kadang tidak sesederhana itu dan film-film ini mampu menampilkannya secara brilian. Penasaran film apa saja? Baca artikel ini, ya!

Baca Juga: 75 Inspirasi Topik Deep Talk dengan Pasangan, dari Intim Hingga Lucu

1. Before Trilogy

cuplikan film Before Sunset (dok. Castle Rock Entertainment/Before Sunset)

Sudah pasti jika menyangkut soal deep talk, trilogi Before menjadi yang paling sering disebut. Film ini memiliki basis penggemar yang besar dan sering didapuk sebagai salah satu cerita romantis terbaik yang pernah ada.

Pembuatannya pun begitu unik karena sang sutradara, Richard Linklater, memilih jarak sembilan tahun di setiap rilis filmnya. Hasilnya, Julie Delpy dan Ethan Hawke yang menjadi pemeran utama pun melahirkan chemistry yang amat natural.

Setiap film dalam trilogi ini juga mampu merepresentasikan tingkat hubungan dengan baik. Dalam Before Sunrise, Jesse dan Celine yang baru pertama kali bertemu terlihat saling cocok, menggambarkan proses pendekatan yang masih lugu. Before Sunset menuntut keduanya untuk memikirkan kemungkinan jika mereka jujur dengan perasaan masing-masing. Sementara Before Midnight terlihat lebih dewasa karena Jesse dan Celine tinggal mengingat pilihan yang mereka buat pada masa lalu.

Baca Juga: 6 Sutradara Film Romantis Terbaik yang Tak Pernah Bikin Cerita Klise

2. Her (2013)

cuplikan film Her (dok. Annapurna Pictures/Her)

Cinta berpadu dengan teknologi? Sebuah ide yang dulu terasa absurd tetapi sekarang justru begitu dekat dengan realitas berkat perkembangan zaman yang ada.

Her
menampilkan protagonis utamanya, Theodore (Joaquin Phoenix), sebagai seorang introver yang lebih menyendiri. Saat memutuskan untuk membeli kecerdasan buatan yang bisa membantu menulis, Theodore justru jatuh cinta dengan Samantha (Scarlett Johansson) yang ternyata bisa beradaptasi untuk mengerti perasaan manusia.

Seperti perkataan tokoh Amy Adams di film ini, cinta memang bentuk kegilaan yang diwajarkan oleh manusia. Setelah menonton film ini, penonton pun jadi diajak berpikir tentang batas apa saja yang bisa disebut sebagai hubungan romantis. Pasalnya. film ini menunjukkan bukan manusia saja yang bisa menjadi lakon.

3. Conversation with Other Women (2005)

salah satu adegan film Conversation with Other Women (dok. Fabrication Films/Conversation with Other Women)

Perkara mantan memang tidak ada habisnya. Apalagi jika mereka dipertemukan dalam situasi kontras seperti pernikahan kolega lain. Benih-benih ketertarikan pun bisa jadi hadir kembali, terutama jika kedua insan masih sendiri. Inilah yang terjadi pada Helena Bonham Carter dan Aaroon Eckhart dalam Conversation with Other Women.

Dalam film ini, kedua pemeran utama bahkan tidak diberi nama yang jelas. Namun percakapan keduanya di sela-sela acara pernikahan orang lain sudah mampu membuat penonton peduli akan nasib mereka. Membicarakan pilihan masa lalu yang akhirnya membentuk masa sekarang adalah bahan deep talk yang selalu seru.

4. One Night Stand (2021)

cuplikan film One Night Stand (dok. Relate Films/One Night Stand)

Tidak mau kalah, film Indonesia pun memiliki karya yang cocok bagi penggemar deep talk. Dirilis pada 2021, One Night Stand membawa kisah tentang dua orang manusia dengan latar belakang berbeda yang diperankan oleh Putri Marino dan Jourdy Pranata.

Keduanya bertemu hanya dalam waktu singkat, tetapi obrolan yang tepat mampu menghasilkan pemahaman satu sama lain tentang cinta, komitmen, dan trauma masa lalu. Tiga topik tersebut memang cocok digunakan untuk deep talk karena setiap insan pasti mengalaminya. Film ini bisa menjadi refleksi hidup bagi siapapun yang menontonnya.

Baca Juga: 6 Film Romantis yang Sebenarnya Membahas Isu Serius

Verified Writer

Sri Mulyati

Seorang penumpang yang biasa duduk di dekat jendela

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya