TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bilal Indrajaya soal Inspirasi Lagu Niscaya dan Ingin Coba Keroncong

Wawancara Bilal Indrajaya soal inspirasi musiknya

Bilal Indrajaya di Acara Spotify x Krapela IndieNesia Night (dok. IDN Times/Shandy Pradana)

Jakarta, IDN Times - Kami mendapat kesempatan untuk melakukan wawancara langsung dengan Bilal Indrajaya pada Rabu (19/7/2024) waktu setempat. Di sela acara Spotify x Krapela IndieNesia Night, pelantun lagu "Niscaya" tersebut menjawab beberapa pertanyaan, termasuk dari mana inspirasi lagu hitnya hingga keinginan mencoba genre musik lain.

Meski singkat, ini beberapa highlight dari wawancara IDN Times dengan Bilal Indrajaya.

1. Inspirasi judul lagu Niscaya

Penyanyi solo Bilal Indrajaya. (Instagram.com/bilalindrajaya)

Lagu "Niscaya" kembali populer pada paruh pertama tahun 2024. Pertama kali rilis sebagai single pada tahun 2021 dan masuk dalam album Nelangsa Pasar Turi yang rilis tahun 2023, lagu ini mendapat sambutan hangat dari pencinta musik indie.

Inspirasi lagu "Niscaya" terbersit saat Bilal mendengarkan lagu "Get Lucky" dari Daft Punk bersama teman-temannya. Ia langsung membuat musiknya di momen itu dan hanya butuh kurang dari satu jam untuk menyelesaikannya.

"Dalam hati gue iseng, 'Kayaknya gue pengin ya punya lagu yang joget gini.' Akhirnya gue bikin lagu itu," kata Bilal saat ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Selain lagu Daft Punk, Bilal juga mengaku ia mendapat inspirasi dari lagu "Pelawak Sekarang Lestari Mendatang" karya band indie The Marsh Kids. Untuk judulnya sendiri, ada fakta unik yang mungkin belum pernah diungkap olehnya.

"Jadi sekitar tahun 2020, istri gue sempet ngajar lukis buat anak TK. Nah, salah satu muridnya ini punya adik, namanya Niscaya Bening. Namanya bagus banget. Jadi emang lagu Niscaya inspired dari nama dia."

2. Banyak terinspirasi dari The Beatles

Penyanyi solo Bilal Indrajaya dan The Beatles (Instagram.com/bilalindrajaya | Instagram.com/thebeatles)

Bilal menambahkan, The Beatles menjadi inspirasi utama dalam perjalanan musiknya, khususnya dalam lagu "Niscaya." Menurutnya, pengaruh The Beatles dan band Indonesia, seperti Dewa 19 sangat memengaruhi gaya bermusiknya hingga saat ini.

"The Beatles menurut gue salah satu, bukan the only ya, band yang paling berpengaruh di dunia."

Ia bahkan menyebut kalau musik The Beatles telah menemani kembang tumbuhnya sedari kecil dan khatam dengan katalog musik mereka. Tak hanya sebatas musik, melainkan mencakup bagaimana ia belajar menulis lagu dan menata melodi serta lirik secara benar.

"Kalau ngomongin secara pribadi pun, The Beatles salah satu yang sangat memengaruhi karya gue. Bagaimana song writing-nya John Lennon sama Paul McCartney, terus juga George Harrison, gimana mereka bikin chord progression, menulis lirik yang bener. Hampir semua lagu mereka itu chorus-nya eksplosif gitu, riff-nya memorable banget."

Bilal juga terinspirasi dari gaya dan fashion The Beatles. Ia menyebut bahwa penampilan mereka tak hanya keren secara pribadi, tetapi juga memberikan dampak besar dalam dunia mode.

3. Pengaruh lagu Niscaya terhadap karier Bilal

Penyanyi solo Bilal Indrajaya. (Instagram.com/bilalindrajaya)

Bicara tentang lagunya yang tiba-tiba viral di TikTok, Bilal mengungkapkan perasaannya. Baginya, itu seperti sebuah kejutan. Saat diberi tahu teman-temannya kalau lagu "Niscaya" viral, Bilal merasa senang selama lagunya berkenan di telinga pendengar

"Lagu 'Niscaya' sebenarnya lagu lama, udah rilis dari 2 tahun yang lalu. Ya selama musiknya bisa memberikan hal-hal yang baik dan positif sih, gue senang-senang aja ya," ungkapnya.

Sejak lagunya ramai, Bilal mengaku kalau impact yang dirasakan olehnya dan teman-teman sangat besar. Baginya, kesuksesan dari musik memang penting, tapi bagaimana memberikan dampak ke sekitar juga lebih penting.

"Alhamdulillah berpengaruh ke panggung juga. Gue seneng, karena itu rezekinya anak-anak juga. Gak cuma gue sendiri, ada belasan orang lainnya. Musik itu penting, cuman yang lebih penting ya hablum minannas, hubungan antarmanusianya."

Baca Juga: 7 Potret Akad Nikah Bilal Indrajaya dan Mayafiryal, Intim dan Syahdu

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya