TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Film One-Shot MCU yang Jarang Diketahui, Kamu Sudah Nonton?

Deretan film pendek yang kisahnya unik-unik

cuplikan film Team Thor (dok. Marvel Studios/Team Thor)

Melalui Marvel Cinematic Universe (MCU), Marvel Studios terus berusaha memenuhi dahaga penggemarnya dengan memproduksi berbagai tayangan selain film berskala besar. Dari serial hingga film pendek, tayangan tersebut mereka produksi untuk mengeksplorasi berbagai jalan cerita yang tidak diungkapkan di film utamanya.

Sejak Phase 1 hingga sekarang, MCU telah memproduksi sejumlah film one-shot yang ternyata masih jarang diketahui, terutama oleh penggemar baru. Dari kisah Agent Carter hingga teknologi Chitauri, simak langsung ulasan mengenai film one-shot yang diproduksi MCU berikut ini, yuk!

1. Agent Carter

Agent Carter adalah kisah one-shot yang berlatar setelah Perang Dunia II. Hayley Atwell berperan sebagai agen Peggy Carter yang mendapat tugas baru sebagai Strategic Scientific Reserve. Masih dihantui oleh trauma dari akhir film Captain America: The First Avenger, Carter pun mendistraksi dirinya dengan memburu item misterius Zodiac Key.

One-shot yang dirilis beriringan dengan film Iron Man 3 pada 2013 ini mengembangkan kisah Agent Carter lebih jauh lagi, setelah mendapat porsi yang terbilang sedikit di The First Avenger. Hal itu membuatnya semakin dikenal oleh fans dan sukses mengantarkannya ke serial spinoff Agent Carter.

2. The Consultant

The Consultant merupakan one-shot pertama yang dirilis oleh Marvel Studios, meskipun kisahnya berada dalam posisi ketiga jika mengikuti alur kronologis MCU. Film pendek ini menyuguhkan pembicaraan antara agen SHIELD, Phil Coulson dan Jasper Sitwell di sebuah acara makan malam. Mereka mendiskusikan kejadian di film The Incredible Hulk dan rencana SHIELD untuk merekrut Abomination sebagai anggota Avengers.

The Consultant adalah salah satu tayangan yang menunjukkan pentingnya peran seorang Phil Coulson di MCU. Film pendek yang dirilis bersamaan dengan film Thor (2011) ini juga menjadi penyelamat dari plot hole di post-credit scene film The Incredible Hulk di mana Tony Stark bertemu dengan Thaddeus Ross untuk bekerja sama.

Baca Juga: 8 Film MCU Durasi Terpanjang, Coba Cek Ada Film Favoritmu?

3. All Hail the King

All Hail the King merupakan one-shot yang dirilis untuk mengiringi perilisan film Thor: The Dark World (2014) dalam versi digital. Film ini mengikuti kisah Trevor Slattery setelah ditangkap di film Iron Man 3. Slattery sang Mandarin diwawancarai oleh seorang reporter di penjara yang ternyata adalah agen dari Ten Rings yang dipimpin oleh Mandarin yang asli.

All Hail the King diproduksi oleh Marvel Studios untuk menjawab amarah penggemar yang tertipu atas kepalsuan Mandarin di Iron Man 3. Film pendek ini menjawab keberadaan Mandarin asli yang baru muncul beberapa tahun kemudian di film Shang-Chi (2021).

4. A Funny Thing Happened on the Way to Thor's Hammer

A Funny Thing Happened on the Way to Thor's Hammer merupakan one-shot unik yang mengeksplor kisah MCU lebih jauh. Film pendek ini berlatar sebelum film Thor dan mengikuti kisah Phil Coulson yang menggunakan kemampuannya sebagai mata-mata profesional untuk mencegah perampokan di sebuah SPBU di New Mexico.

A Funny Thing Happened on the Way to Thor's Hammer dirilis bersamaan dengan film Captain America: The First Avenger pada 2011 silam. Film ini semakin memperkaya kisah Coulson dan mengantarkannya ke tujuh musim serial spinoff, Agents of SHIELD yang sampai saat ini masih dipuji penggemar.

5. Item 47

Item 47 mengambil latar sesaat setelah Battle of New York terjadi di film The Avengers. Film pendek ini mengikuti kisah dua orang yang mengumpulkan teknologi Chitauri yang berserakan pasca perang. Tak terduga, mereka justru menggunakan teknologi tersebut untuk melakukan aksi kriminal. Agen SHIELD pun turun tangan untuk mengatasi perbuatan mereka.

Berbeda dengan one-shot lainnya, Item 47 tidak mengikutsertakan karakter-karakter terkenal selain agen Jasper Sitwell dari SHIELD. Kendati demikian, film pendek ini juga menyentil tim milik Adrian Toome yang menggunakan teknologi Chitauri di film Spider-Man: Homecoming.

Baca Juga: 5 Sutradara Ini Mengubah MCU Selamanya, Siapa Saja?

Verified Writer

Santo Hamada

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya