TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Rekomendasi Film Vincent Lindon, Aktor Terbaik Venice 2024

Dari komedi sampai thriller, aktingnya totalitas semua!

Vincent Lindon dalam film The Quiet Son. (dok. Ad Vitam Distribution/The Quiet Son)

Venice Film Festival 2024 resmi berakhir dengan deretan pemenang yang menyorot perhatian dunia perfilman. Salah satu penghargaan paling bergengsi di festival ini adalah Volpi Cup untuk kategori akting. Tahun ini, penghargaan tersebut jatuh ke Vincent Lindon dinobatkan sebagai Aktor Terbaik berkat penampilannya dalam The Quiet Son (2024).

Dalam The Quiet Son, Lindon memerankan ayah yang harus berhadapan dengan putranya yang terjebak dalam ideologi ekstrem. Penampilannya yang emosional dan mendalam membuatnya unggul di antara aktor lainnya, termasuk Daniel Craig, yang juga menjadi pesaing kuat dengan perannya di Queer (2024).

Lindon sendiri bukan nama baru di industri perfilman internasional. Aktor asal Prancis ini sebelumnya sudah sering mendapat apresiasi di berbagai festival film bergengsi. Lewat kemenangannya di Venice 2024, Lindon semakin menegaskan posisinya sebagai salah satu aktor terbaik di dunia.

Nah, bagi kamu yang ingin lebih mengenal karya-karya Vincent Lindon, ada beberapa film lain yang tak boleh dilewatkan. Berikut ini lima rekomendasi film terbaik dari Vincent Lindon yang wajib masuk daftar tontonanmu. Yuk, simak daftarnya!

Baca Juga: 5 Fakta Film The Room Next Door, Nominee Golden Lion di Venice 2024

1. La Crise (1992)

Vincent Lindon dalam film La Crise. (dok. Educational Pictures/La Crise)

Jika kamu sedang mencari film komedi yang menghangatkan hati, La Crise karya Coline Serreau bisa menjadi alternatif. Film ini menampilkan Vincent Lindon sebagai Victor, laki-laki yang tiba-tiba kehilangan pekerjaan dan ditinggalkan istrinya pada hari yang sama. Dalam keadaan terpuruk, ia bertemu Michou (Patrick Timsit), tunawisma yang kemudian menjadi teman seperjalanannya dalam menghadapi krisis hidup.

Meskipun bergenre komedi, La Crise juga menyentuh tema-tema yang lebih serius, seperti kesepian, pengangguran, dan diskriminasi. Lindon juga berhasil membawa karakter Victor yang kompleks dengan sangat baik. Chemistry-nya dengan Timsit menjadi salah satu daya tarik utama film ini, menghadirkan momen-momen lucu sekaligus mengharukan. 

2. La Moustache (2005)

Vincent Lindon dalam film La Moustache. (dok. Pathé/La Moustache)

Siapa yang menyangka hilangnya sebuah kumis bisa mengubah kehidupan seseorang? Itulah yang terjadi dalam La Moustache yang dibintangi Vincent Lindon. Karakter yang diperankannya, Marc, terombang-ambing dalam kebingungan ketika tak ada satu pun orang di dekatnya yang menyadari kalau ia telah mencukur habis rambut di atas bibirnya. Padahal, gaya tersebut telah ia pertahankan selama 15 tahun.

Dari sini, La Moustache menjelma menjadi sebuah film misteri yang menggugah pemikiran. Lewat penampilan Lindon yang intens, penonton dibawa masuk ke dunia yang penuh ketidakpastian dan interpretasi liar. Apakah Marc sedang mengalami gangguan mental? Atau jangan-jangan, ada konspirasi besar yang melibatkan orang-orang terdekatnya?

3. Welcome (2009)

Vincent Lindon dalam film Welcome. (dok. Mars Distribution/Welcome)

Disutradarai Philippe Lioret, Welcome memberikan gambaran realistis tentang kehidupan para imigran ilegal dan berbagai tantangan yang harus mereka hadapi. Film ini berkisah tentang Bilal (Firat Ayverdi), remaja Kurdi yang bertekad menyeberangi Selat Inggris untuk bertemu kekasihnya. Dalam perjalanannya, Bilal bertemu Simon (Vincent Lindon), pelatih renang yang awalnya enggan membantu Bilal, tetapi kemudian menjadi sahabat dan mentornya.

Dalam Welcome, sosok Simon yang terkesan sinis mampu merebut hati penonton lewat performa penuh empati dari Vincent Lindon. Di sisi lain, Firat Ayverdi juga tampil memukau sebagai Bilal, remaja yang penuh harapan dan semangat. Selain penampilan keduanya, pemandangan indah Kota Calais, Prancis yang disajikan dalam film ini juga sayang untuk dilewatkan!

Baca Juga: 9 Film dengan Standing Ovation Terlama di Venice, sampai 18 Menit!

4. The Measure of a Man (2015)

Vincent Lindon dalam film The Measure of a Man. (dok. Diaphana Distribution/The Measure of a Man)

Volpi Cup for Best Actor di Venice 2024 hanyalah salah satu dari banyak trofi yang diterima Vincent Lindon sepanjang kariernya. Sebelumnya, Lindon lebih dulu menaklukkan Best Actor Cannes 2015 lewat perannya yang memukau dalam The Measure of a Man. Film ini menjadi salah satu karya terbaiknya yang menggambarkan perjuangan seorang pria dalam menghadapi tantangan ekonomi dan moral di tengah masyarakat modern.

The Measure of a Man menghadirkan kisah Thierry Taugourdeau (Lindon), pria paruh baya yang kehilangan pekerjaannya dan berjuang untuk mencari nafkah. Dalam upaya bertahan hidup, Thierry menerima pekerjaan sebagai petugas keamanan di sebuah pusat perbelanjaan. Namun, pekerjaan ini membawa dilema moral baginya, di mana ia harus menghadapi keputusan-keputusan sulit yang melibatkan prinsip-prinsip etika dan tekanan ekonomi.

Verified Writer

Satria Wibawa

Movie and series enthusiast. Please, visit my IG: @satriaphile90 or my Letterboxd: @satriaphile to see my other reviews. Gracias!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya