TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Proyek Animasi Pixar setelah Inside Out 2, Wajib Diantisipasi!

Tiga di antaranya menyuguhkan cerita orisinal!

adegan dalam film Inside Out 2. (dok. Pixar Animation Studios/Inside Out 2)

Kesuksesan Inside Out 2 yang dirilis pada pertengahan 2024 lalu berhasil melampaui ekspektasi dengan meraih pendapatan lebih dari 1,5 miliar dolar AS di box office global. Film ini tak hanya melanjutkan kisah emosional Riley, tetapi juga memperkaya dunia psikologisnya yang begitu kompleks. Dengan penerimaan yang begitu positif, Pixar sekali lagi membuktikan diri sebagai pionir dalam menciptakan animasi yang menginspirasi sekaligus mengajak penonton untuk berpikir.

Setelah kesuksesan tersebut, Pixar pun tak tinggal diam. Pada ajang D23 Expo yang digelar 9-11 Agustus kemarin, mereka mengumumkan sederet proyek animasi baru yang sangat menjanjikan. Mulai dari serial spin-off yang mengeksplorasi dunia dalam Inside Out hingga film orisinal yang menjanjikan petualangan unik dengan konsep bertukar tubuh, berikut enam judul yang wajib ditunggu oleh para pencinta animasi Pixar!

Baca Juga: 10 Film Pixar Terlaris Sepanjang Masa, Inside Out 2 Cetak Sejarah

1. Dream Productions (2025)

Dream Productions di film Inside Out. (dok. Pixar Animation Studios/Inside Out)

Setelah Inside Out 2, Pixar kembali mengajak penonton menyelami pikiran Riley, tetapi dengan cara yang berbeda. Bukan film layar lebar, melainkan serial spin-off berjudul Dream Productions.

Serial ini akan mengisi kekosongan antara film pertama dan kedua, alias in-betweenquel. Kita akan diajak mengintip studio tempat mimpi-mimpi Riley diproduksi setiap malamnya. Di sini, bagaimana mimpi-mimpi itu tercipta dan bagaimana pengaruhnya pada kehidupan nyata Riley akan menjadi sorotan.

Dengan kesuksesan luar biasa Inside Out 2, ekspektasi terhadap Dream Productions tentu saja tinggi. Namun, melihat rekam jejak Pixar, penonton punya alasan kuat untuk optimis serial ini akan sama menghibur dan menyentuh hati seperti film-film pendahulunya.

2. Toy Story 5 (2026)

adegan dalam film Toy Story 5. (dok. Pixar Animation Studios/Toy Story 5)

Siapa yang tak menantikan petualangan baru Woody, Buzz, dan kawan-kawan? Toy Story 5 siap membawa penonton kembali ke dunia penuh warna dan tawa pada 19 Juni 2026. Kali ini, sepertinya para mainan kesayangan kita akan menghadapi tantangan baru, yakni teknologi.

Andrew Stanton, sutradara di balik film-film Pixar legendaris, seperti Finding Nemo dan WALL-E, akan memimpin proyek ini. Bocoran ceritanya pun sudah bikin penasaran: bagaimana jika mainan-mainan klasik harus bersaing dengan gawai canggih untuk mendapatkan perhatian anak-anak?

Meskipun sempat ada keraguan tentang kelanjutan seri ini setelah Toy Story 4 yang dianggap sebagai penutup sempurna, antusiasme para penggemar jelas tak terbendung. Kita tunggu saja bagaimana Pixar akan menghadirkan keajaiban dan emosi khas Toy Story dalam petualangan baru ini!

Baca Juga: 5 Alasan Harus Nonton Inside Out 2, Lebih Kompleks dan Menyentuh

3. Hoppers (2026)

first look film Hoppers. (dok. Pixar Animation Studios/Hoppers)

Jika kamu mengira Pixar hanya punya jagoan super atau mainan hidup, siap-siap terkejut dengan Hoppers! Film ini berkisah tentang seorang gadis yang pikirannya ditransfer ke dalam tubuh robot berang-berang. Gadis ini ingin hidup di antara berang-berang asli, tetapi rencananya terancam oleh seorang walikota jahat (disuarakan oleh Jon Hamm) yang ingin menghancurkan habitat mereka.

Film yang dijadwalkan tayang pada 6 Maret 2026 ini akan disutradarai oleh Daniel Chong, kreator di balik serial We Bare Bears yang kocak. Selain serial tersebut, Chong juga sudah berpengalaman di dunia animasi dengan kredit di film-film besar, seperti Bolt, Cars 2, Inside Out, dan The Lorax. Dengan perpaduan cerita unik, karakter menggemaskan, dan humor khas sang sineas, Hoppers diharapkan dapat menjadi tontonan segar dan menghibur bagi seluruh keluarga.

4. Incredibles 3 (dalam pengembangan)

adegan dalam film Incredibles 2. (dok. Pixar Animation Studios/Incredibles 2)

Enam tahun lalu, Incredibles 2 berhasil meraih kesuksesan luar biasa di box office, bahkan sempat memegang gelar film animasi Pixar terlaris sepanjang masa sebelum digeser oleh Inside Out 2. Dengan warisan tersebut, rasanya tak lengkap jika Pixar tak melanjutkan kisah keluarga super favorit kita, Parr. Kabar gembira pun datang dari sang kepala Pixar, Pete Docter, dalam acara D23 Expo.

Sang sutradara sekaligus penulis dua film The Incredibles sebelumnya, Brad Bird, akan kembali memimpin proyek Incredibles 3. Meski belum ada informasi lebih lanjut mengenai jalan cerita atau tanggal rilisnya, kembalinya keluarga Parr ke layar lebar sudah cukup membuat para penggemar antusias. Kita nantikan saja aksi-aksi seru Mr. Incredible, Elastigirl, Violet, Dash, dan Jack-Jack dalam petualangan baru mereka melawan kejahatan!

5. Elio (2025)

adegan dalam film Elio. (dok. Pixar Animation Studios/Elio)

Tahun depan, tepatnya pada 13 Juni 2025, Pixar siap membawa penonton dalam petualangan menembus angkasa luar dalam film terbaru mereka, Elio. Film ini berkisah tentang seorang bocah bernama Elio yang pendiam dan menganggap dirinya tak istimewa. Namun, suatu hari, ia tiba-tiba terjebak dalam pusaran kosmik, dan entah bagaimana, dianggap sebagai duta besar Bumi oleh sekelompok alien!

Selain menyajikan petualangan seru di antariksa dan proses adaptasi Elio dengan lingkungan barunya, Elio juga memiliki koneksi menarik dengan Inside Out 2. Keduanya berbicara tentang perasaan manusia yang universal, seperti kecemasan dan kesendirian, yang bisa dialami siapa saja, di Bumi atau di galaksi nun jauh di sana. Hal ini diungkap oleh Pete Docter dalam acara D23 Expo, seperti dilansir TheWrap.

Verified Writer

Satria Wibawa

Movie and series enthusiast. Please, visit my IG: @satriaphile90 or my Letterboxd: @satriaphile to see my other reviews. Gracias!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya