TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Film yang Diproduseri Jordan Peele, Terbaru Monkey Man

Beragam genre, dari komedi aksi sampai thriller balas dendam

potret Jordan Peele dan poster film Monkey Man (metropoles.com/Jordan Peele | dok. Monkeypaw Productions/Monkey Man)

Setelah sekian lama ditunggu-tunggu, Monkey Man (2024) akhirnya bisa disaksikan di bioskop Indonesia sejak Rabu (29/5/2024). Debut penyutradaraan Dev Patel ini begitu dinantikan karena menjanjikan aksi yang menegangkan seputar balas dendam. Selain arahan dan penampilan Patel yang memukau, sorotan juga tertuju pada Jordan Peele yang bertindak sebagai produser lewat rumah produksinya, Monkeypaw Productions.

Yap, Peele adalah salah satu sosok yang tak asing lagi di dunia perfilman. Terkenal lewat acara sketsa komedi berjudul Key & Peele (2012–2015), pria kelahiran New York, AS, 45 tahun silam, ini kemudian menjelma menjadi sutradara Hollywood yang patut diperhitungkan. Tiga karyanya, yakni Get Out (2017), Us (2019), dan Nope (2022), mendapat penerimaan yang memuaskan, baik dari penonton maupun kritikus, serta nominasi di berbagai ajang penghargaan.

Namun, Monkey Man bukanlah film pertama di mana Peele bertindak sebagai produser alih-alih sutradara. Sebelumnya, ia juga telah memproduseri beberapa film lain yang memiliki genre yang bervariasi. Termasuk Monkey Man, berikut lima rekomendasi film yang diproduseri oleh Jordan Peele yang wajib kamu tonton.

Baca Juga: Jordan Peele, Aktor sekaligus Sutradara Sukses Kulit Hitam

1. Keanu (2016)

Keegan-Michael Key dan Jordan Peele dalam film Keanu (dok. Monkeypaw Productions/Keanu)

Keanu merupakan film pertama yang diproduseri oleh Jordan Peele sebelum menjadi sutradara. Bergenre komedi aksi, film ini dibintangi oleh Peele bersama rekannya dalam Key & Peele, Keegan-Michael Key. Keduanya berperan sebagai sepasang saudara sepupu yang menyamar sebagai gangster untuk menyelamatkan kucing kesayangan mereka yang diculik oleh penjahat.

Keanu mendapat respons positif dari kritikus dan penonton, serta meraih dua nominasi Choice Movie Actor: Comedy di Teen Choice Awards 2016. Sederet aktor populer, seperti Tiffany Haddish, Method Man, Luis Guzman, Nia Long, dan Will Forte, turut terlibat dalam film ini sebagai bintang tamu. Bahkan, Keanu Reeves, bintang seri John Wick, ikut mengisi suara karakter kucing bernama Keanu dalam beberapa adegan.

2. BlacKkKlansman (2018)

Adam Driver dan John David Washington dalam film BlacKkKlansman (dok. Monkeypaw Productions/BlacKkKlansman)

BlacKkKlansman menandai salah satu langkah yang paling berani dan penting dalam karier Jordan Peele sebagai produser. Film yang disutradarai oleh Spike Lee ini mengisahkan tentang Ron Stallworth, detektif Afrika/Amerika pertama di Departemen Kepolisian Colorado Springs, yang berhasil menyusup ke dalam Ku Klux Klan. Berdasarkan kisah nyata, film ini tak hanya menyajikan narasi yang menegangkan, tetapi juga komentar sosial yang tajam terhadap rasisme yang masih berakar kuat di Amerika.

Dengan penampilan memukau dari John David Washington dan Adam Driver, BlacKkKlansman berhasil meraih pengakuan luas, termasuk enam nominasi Academy Awards dan memenangkan penghargaan untuk Best Adapted Screenplay. Film ini juga mendapatkan pujian karena mengangkat tema-tema aktual yang relevan dengan masalah sosial kontemporer. Kritikus film mengapresiasi BlacKkKlansman sebagai kembalinya Spike Lee ke bentuk terbaiknya dalam bercerita, serta menjadi bukti kepiawaian Jordan Peele dalam memilih proyek yang berdampak.

Baca Juga: Fakta OD, Game Kolaborasi Hideo Kojima dengan Jordan Peele

3. Candyman (2021)

adegan dalam film Candyman (dok. Monkeypaw Productions/Candyman)

Pada tahun 1992, Candyman berhasil mencuri atensi pencinta film horor lewat legenda urban mengenai seorang pembunuh berlengan kait yang bisa dipanggil dengan mengucapkan namanya lima kali di depan cermin. Tiga dekade berlalu, Jordan Peele mengambil alih proyek untuk membuat sekuel spiritualnya, Candyman, dan menunjuk Nia DaCosta sebagai sutradara. Di luar dugaan, film ini cukup sukses di box office dengan mengantongi 77,4 juta dolar AS, meski saat itu industri perfilman sedang terpuruk oleh pandemik COVID-19.

Candyman mengambil latar di Chicago, di lingkungan Cabrini-Green yang kini telah digentrifikasi. Seorang seniman bernama Anthony McCoy (Yahya Abdul-Mateen II), menemukan kisah mengerikan di balik Candyman dan terobsesi untuk membuat karya seni yang terinspirasi darinya. Namun, hal itu membuka pintu bagi kebangkitan Candyman, yang membawa teror dan kekerasan bagi siapa saja yang berani mengucapkan namanya.

4. Wendell & Wild (2022)

adegan dalam film Wendell and Wild (dok. Monkeypaw Productions/Wendell and Wild)

Di tahun yang sama dengan Nope, Jordan Peele juga menelurkan sebuah film animasi horor bergaya stop-motion bertajuk Wendell & Wild. Film ini mengisahkan dua saudara setan, Wendell dan Wild (Keegan-Michael Key dan Jordan Peele), yang berusaha membuka pintu ke dunia manusia dengan bantuan Kat Elliot, remaja pemberontak yang berjuang dengan masa lalunya yang kelam. Di sana, mereka terlibat dalam serangkaian petualangan, dan menyadari kalau dunia manusia tak kalah menyeramkan dari underworld.

Selain menghibur, Wendell & Wild juga mengangkat isu-isu sosial, seperti penerimaan diri dan dampak korupsi. Film ini merupakan kerja sama Jordan Peele dengan Henry Selick, yang sebelumnya meraih kesuksesan besar lewat The Nightmare Before Christmas (1993) dan Coraline (2009). Kolaborasi keduanya menciptakan sebuah kisah yang unik dan visual yang memukau, yang dibuktikan dengan 3 nominasi di Annie Awards, termasuk Best Animated Feature.

Verified Writer

Satria Wibawa

Movie and series enthusiast. Please, visit my IG: @satriaphile90 or my Letterboxd: @satriaphile to see my other reviews. Gracias!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya