TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Film tentang Invasi Alien Mirip No One Will Save You

Hadirkan aksi bertahan hidup yang bikin jantungan!

Kaitlyn Dever dalam film No One Will Save You (dok. 20th Century Studios/No One Will Save You)

Sampai detik ini, ada banyak sekali rahasia alam semesta yang masih belum diketahui oleh manusia, salah satunya adalah kehidupan di luar Bumi. Saking misteriusnya, tak jarang banyak sineas yang mengadaptasi tema tersebut menjadi film tentang invasi alien yang menegangkan.

Baru-baru ini, Brian Duffield (Spontaneous) melakukannya lewat film terbarunya yang berjudul No One Will Save You (2023). Tayang di Disney+ Hotstar sejak Jumat (22/9/2023), film yang dibintangi oleh Kaitlyn Dever (Booksmart, Dopesick) ini berfokus pada upaya seorang cewek (Dever) dalam melawan serangan alien di rumahnya pada suatu malam.

Jika kamu menyukai ketegangan yang ditawarkan dalam No One Will Save You, penulis punya beberapa film tentang invasi alien yang wajib kamu tonton. Hadirkan aksi bertahan hidup yang bikin dag-dig-dug, berikut enam rekomendasinya!

1. Color Out of Space (2019)

adegan dalam film Color Out of Space (dok. RLJE Films/Color Out of Space)

Diangkat dari novel karya HP Lovecraft, Color Out of Space menceritakan keluarga Gardner yang pindah ke sebuah rumah pertanian setelah operasi berat yang dilalui oleh sang ibu. Namun, bukannya ketenangan, di sana mereka malah mengalami serangkaian kejadian aneh akibat meteor yang jatuh di halaman rumah mereka pada suatu malam.

Meteor tersebut dengan cepat mengontaminasi segala sesuatu yang ada di sekitarnya. Sampai pada suatu titik, sang kepala keluarga, Nathan (Nicolas Cage), menyadari kalau peristiwa ini merupakan ulah dari para makhluk asing dari luar Bumi. Ngeri!

2. They Live (1988)

adegan dalam film They Live (dok. StudioCanal/They Live)

Lewat They Live, John Carpenter (Halloween, The Thing, In the Mouth of Madness), selaku sutradara, mengajukan sebuah pertanyaan yang mengerikan kepada penonton. Bagaimana jika selama ini alien hidup berdampingan dengan manusia? Namun, kita tak menyadarinya karena mereka menyamar menjadi orang normal.

Dalam They Live, keanehan tersebut dirasakan oleh seorang tunawisma (Roddy Piper). Orang tersebut memungut sebuah kacamata hitam misterius di tempat sampah. Bukan sembarang kacamata, kacamata tersebut ternyata bisa mendeteksi keberadaan alien dan mengungkap rencana jahat yang diam-diam mereka rencanakan selama ini di Bumi.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Film Ben Hardy, Tampil di Love at First Sight

3. Signs (2002)

adegan dalam film Signs (dok. Walt Disney Pictures/Signs)

Jauh sebelum membuat sinefili bergidik lewat Split (2016), Old (2021), dan Knock at the Cabin (2023), M Night Shyamalan pernah membuat film invasi alien berskala kecil berjudul Signs. Jangan salah, meski sebagian besar latar ceritanya hanya berlangsung di dalam rumah, Signs mampu menjadi wahana pemacu adrenalin berkat kepiawaian Shyamalan dalam membangun atmosfer.

Alurnya berfokus pada keluarga Hess yang suatu hari menemukan crop circle seukuran lapangan di ladang jagung mereka. Awalnya, mereka mengira itu cuma ulah sekelompok berandalan. Namun, rupanya crop circle tersebut merupakan awal dari rangkaian fenomena menyeramkan yang bakal mereka alami.

4. Nope (2022)

adegan dalam film Nope (dok. Universal Pictures/Nope)

Film yang masuk dalam daftar Sepuluh Film Terbaik American Film Institute (AFI) tahun lalu ini merupakan bentuk penghormatan sang sutradara, Jordan Peele (Get Out, Us), terhadap film-film blockbuster klasik. Salah satunya yakni Close Encounters of the Third Kind (1977). Bahkan, desain UFO-nya sendiri terinspirasi dari salah satu karakter dalam anime Neon Genesis Evangelion, lho.

Jangan heran jika setiap penampakan UFO—yang disebut dengan Jean Jacket—dalam film ini terasa sangat dramatis dan intens. Berlatarkan lanskap tandus Agua Dulce, California, Nope adalah jenis film invasi alien bertempo lambat. Film ini akan membuatmu menerka-nerka makhluk apa yang bakal muncul di balik awan untuk menyergap kedua protagonisnya, OJ (Daniel Kaluuya) dan Em (Keke Palmer).

5. Dreamcatcher (2003)

adegan dalam film Dreamcatcher (dok. Warner Bros. Pictures/Dreamcatcher)

Bosan dengan film adaptasi novel Stephen King yang menampilkan teror makhluk supernatural? Kalau ya, Dreamcatcher adalah judul yang wajib kamu pantengin. Pasalnya, selain mengangkat tema invasi alien, body horror, dan suspense, film arahan Lawrence Kasdan (The Accidental Tourist, Grand Canyon) ini juga memuat kisah persahabatan yang hangat.

Dreamcatcher mengikuti empat orang teman yang dikaruniai kekuatan telepati setelah menyelamatkan seorang anak yang diintimidasi sewaktu kecil. Ketika mereka tumbuh dewasa, kekuatan tersebut mengharuskan mereka menghadapi alien parasit ganas yang menguasai kota. Apa hubungan antara kekuatan mereka dengan serangan alien? Kamu wajib menyaksikan Dreamcatcher untuk mengetahui jawabannya.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Film yang Mengajakmu Menjelajah Rumah Berhantu

Verified Writer

Satria Wibawa

Movies and series enthusiast. Feel free to read my reviews on Insta @satriaphile90 or Letterboxd @satriaphile. Have a wonderful day!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya