TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

8 Film Action buat Kamu yang Suka Beast, Penuh Aksi Menegangkan!

Salah satunya merepresentasikan Indonesia, lho

Idris Elba, Sharlto Copley, dan Iyana Halley dalam film Beast (dok. Universal Pictures/Beast)

Kamu sudah menonton Beast (2022)? Tayang sejak 24 Agustus lalu di bioskop, film Hollywood arahan Baltasar Kormákur (Everest, Adrift) ini sukses mencuri perhatian penonton lewat tema serangan hewan buas yang diusungnya.

Upaya bertahan hidup Dr. Nate Samuels (Idris Elba) dan kedua anaknya dari ancaman singa haus darah berhasil membuat sinefil ikut larut ke dalam ceritanya. Tak hanya menegangkan, konflik keluarga yang diangkat pun turut menjadi alasan Beast sayang dilewatkan.

Bisa jadi pilihan, berikut delapan film action buat kamu yang suka dengan jalan cerita Beast. Sajikan aksi mendebarkan, dijamin gak kalah seru dari Beast, deh!

1. Jurassic Park (1993)

adegan dalam film Jurassic Park (dok. Universal Pictures/Jurassic Park)

Siapa yang tak tahu film satu ini? Pada masanya, Jurassic Park menjelma sebagai terobosan karena mampu menghidupkan sosok dinosaurus ke layar lebar.

Sense of wonder ketika melihat T-Rex mengejar mangsanya takkan bisa ditandingi oleh film mana pun, bahkan sekuelnya sendiri. Karenanya, tak heran jika film arahan Steven Spielberg ini berhasil meraup keuntungan hingga 1,1 miliar dolar AS.

Percaya atau tidak, beberapa adegan di Jurassic Park mengilhami Baltasar Kormákur dalam membuat Beast, lho. Bagi yang sudah menonton, kamu bisa menyebutkan adegan mana yang dimaksud gak, nih?

2. Anaconda (1997)

adegan dalam film Anaconda (dok. Columbia Pictures/Anaconda)

Menggandeng bintang-bintang beken macam Jennifer Lopez, Owen Wilson, hingga Danny Trejo, Anaconda juga salah satu film bertema serangan hewan buas ikonik di era 90-an. Berlatar Hutan Amazon, film ini meneror penonton lewat kehadiran anaconda raksasa.

Anaconda berfokus pada sekelompok kru film dokumenter yang dimanipulasi oleh pemburu gelap untuk mencapai sarang ular legendaris. Namun, segalanya jadi berantakan saat salah satu kru menjadi korban pertama dari keganasan sang anaconda. 

3. King Kong (2005)

adegan dalam film King Kong (dok. Universal Pictures/King Kong)

Sebenarnya, rencana untuk membuat King Kong telah tercetus oleh Universal Pictures sejak 1995. Namun, karena Peter Jackson, selaku sutradara, sedang fokus mengerjakan seri film The Lord of the Rings, proyek ini terbengkalai selama beberapa tahun.

Hingga pada 2003, Jackson kembali ditawari pihak studio untuk menggarap remake dari film berjudul sama tahun 1933 ini. Beberapa elemen dari film lamanya tetap dipertahankan, seperti Skull Island yang diatur sebagai sarang dari Kong (Andy Serkis).

Uniknya, dalam film ini, Skull Island disebut terletak di sebelah barat Sumatra, Indonesia, lho. Tak hanya itu saja, kapal yang dinaiki Ann Darrow (Naomi Watts) dkk. juga bernama Venture Surabaya. Menarik sekali, kan?

Baca Juga: Review Film Beast, Ketika Idris Elba Jadi Buruan Singa Ganas

4. The Host (2006)

adegan dalam film The Host (dok. Showbox Entertainment/The Host)

Tak mau kalah dari Hollywood, Korea Selatan pun menelurkan film bertema monster raksasa berjudul The Host. Meski berbujet minim, film karya Bong Joon Ho (Memories of Murder, Parasite) ini gak kalah menegangkan dari film buatan sineas Hollywood, deh!

The Host dimulai ketika monster berbentuk amfibi raksasa keluar dari sungai dan menyerang orang-orang di seluruh kota. Berusaha menyelamatkan diri, seorang ayah bernama Park Gang Du (Song Kang Ho) justru menyaksikan putrinya, Hyun Seo (Go Ah Sung), diculik oleh makhluk tersebut.

Dibantu oleh dua saudaranya yang nyentrik, Nam Il (Park Hae Il) dan Nam Joo (Bae Doona), Gang Du berusaha menyelamatkan sang putri. Namun, mereka segera menyadari kalau sang monster bukanlah satu-satunya ancaman yang harus dihadapi.

5. Rogue (2007)

adegan dalam film Rogue (dok. Dimension Films/Rogue)

Pernah membayangkan rasanya dikejar-kejar oleh buaya raksasa pemakan manusia? Pastinya sangat mengerikan, kan? Imajinasi tersebut berhasil dituangkan Greg McLean (Wolf Creek) dalam film arahannya yang berjudul Rogue.

Film ini mengisahkan sekelompok turis yang sedang mengunjungi taman nasional di Australia. Naas, saat menyelidiki sebuah bangkai kapal yang tenggelam, perahu mereka ditabrak oleh "sesuatu" dari dalam air.

Akibatnya, mereka pun harus berhenti di sebuah pulau kecil di tengah sungai. Sadar sedang berada dalam teritori buaya, mereka lalu mencari cara untuk keluar hidup-hidup dari sana sebelum menjadi santapan bagi sang predator air tawar.

6. The Grey (2011)

adegan dalam film The Grey (dok. LD Entertainment/The Grey)

Jika film-film di atas menampilkan musim panas sebagai latar ceritanya, maka lain halnya dengan The Grey. Film yang dibintangi Liam Neeson ini tak hanya memanfaatkan cuaca dingin bersalju sebagai rintangan bagi para protagonisnya. Sebagai tambahan, ada pula kawanan serigala abu-abu haus darah yang senantiasa mengintai.

Raih skor 79 persen di Rotten Tomatoes, The Grey berhasil menuai apresiasi atas aksi bertahan hidup yang disajikan. Bahkan, film ini disebut-sebut mengandung sejumlah makna filosofis terkait alam dan eksistensi Tuhan.

7. The Shallows (2016)

adegan dalam film The Shallows (dok. Columbia Pictures/The Shallows)

Jika suka film thriller arahan Jaume Collet-Serra, macam Orphan (2009), Unknown (2011), hingga Non-Stop (2014), kamu wajib memasukkan The Shallows ke dalam daftar tontonanmu. Menggandeng Blake Lively sebagai pemeran utama, film ini dinilai sebagai salah satu karya terbaik dari sang sineas.

Dalam The Shallows, Lively berperan sebagai Nancy Adams, mahasiswa kedokteran yang melakukan perjalanan ke pantai terpencil di Meksiko. Di pantai yang pernah dikunjungi mendiang ibunya tersebut, Nancy memutuskan berselancar bersama penduduk lokal.

Namun, sebuah serangan dari hiu putih raksasa memaksa Nancy bertahan hidup di tengah lautan. Berbekal pengetahuan medis dan tekad yang bulat, ia pun memutuskan untuk melawan makhluk tersebut sampai titik darah penghabisan.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Film Hollywood Berlatar Benua Afrika, Terbaru Beast

Verified Writer

Satria Wibawa

Movies and series enthusiast. Feel free to read my reviews on Insta @satriaphile90 or Letterboxd @satriaphile. Have a wonderful day!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya