TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Fakta White Noise, Film Bertema Disaster Terbaru Karya Noah Baumbach

Jadi reuni Adam Driver dan Greta Gerwig, nih

adegan dalam film White Noise (dok. Passage Pictures/White Noise)

Noah Baumbach, sutradara film Hollywood kenamaan, kembali memberi kejutan untuk para penggemarnya. Setelah mengumumkan keterlibatannya sebagai penulis naskah film live action Barbie (2023) yang diarahkan sang pasangan, Greta Gerwig, Baumbach juga bakal merilis film terbarunya tahun ini.

Bertajuk White Noise (2022), film yang rencananya akan tayang di Netflix tersebut telah merilis teaser-nya beberapa waktu lalu. Dalam teaser tersebut, tampak Adam Driver dan Greta Gerwig, selaku pemeran utama, berusaha melindungi keluarganya dari sebuah bencana yang terjadi.

Disebut-sebut sebagai film bertema disaster pertama dari Noah Baumbach, White Noise rupanya memiliki setumpuk fakta unik yang membuat penayangannya wajib ditunggu, lho. Tanpa berlama-lama lagi, yuk, langsung kepoin fakta menarik seputar White Noise di bawah ini!

1. Diadaptasi dari novel postmodern karya Don DeLillo yang meraih penghargaan

adegan dalam film White Noise (dok. Passage Pictures/White Noise)

Selama ini, Noah Baumbach dikenal sebagai sutradara yang selalu menelurkan film-film non-adaptasi. Mulai dari Kicking and Screaming (1995) hingga Marriage Story (2019), semua filmnya bersumber dari naskah asli yang ditulis sendiri olehnya. White Noise adalah sebuah pengecualian.

Menjadi film pertama Baumbach yang diangkat dari novel, White Noise disadur dari novel berjudul sama karya Don DeLillo yang terbit pada 1985. Novelnya sendiri disebut-sebut sebagai contoh sastra postmodern, yakni bentuk sastra yang kerap memakai ironi, metafiksi, hingga realisme magis sebagai tekniknya.

Oleh sebab itu, tak heran jika White Noise meraih banyak penghargaan, salah satunya National Book Award for Fiction. Gimana, tertarik membacanya?

Baca Juga: 8 Film Horor Hollywood Hasil Remake Film Berbahasa Asing, Seram Pol!

2. Film bertema disaster pertama dari Noah Baumbach, bikin penasaran!

Adam Driver dan Greta Gerwig dalam film White Noise (dok. Passage Pictures/White Noise)

Selain menjadi film pertama Baumbach yang diadaptasi dari novel, White Noise juga film bertema disaster perdana yang dibuat oleh sang sutradara. Sebelumnya, beliau lebih sering mengarahkan dan menulis film-film bergenre drama komedi, seperti The Squid and the Whale (2005) dan While We're Young (2014).

Uniknya, meski bertema bencana, White Noise juga "dibumbui" komedi hitam, lho. Otomatis, hal tersebut membuat fans bertanya-tanya, bagaimana cara Baumbach mengawinkan komedi khasnya dengan suasana mengerikan saat katastrope?

3. Ada Danny Elfman, White Noise digarap oleh sederet sineas yang kompeten

adegan dalam film White Noise (dok. Passage Pictures/White Noise)

Tak tanggung-tanggung, demi membangun nuansa menegangkan dalam White Noise, Baumbach menggandeng sejumlah sineas berpengalaman. Sebagai sinematografer, ada Lol Crawley yang pernah terlibat dalam sederet film kece macam Hyde Park on Hudson (2012) dan The Humans (2021).

Sedangkan, untuk urusan musik, Baumbach mempercayakannya pada Danny Elfman, komposer peraih empat nominasi Oscar lewat Good Will Hunting (1997), Men in Black (1997), Big Fish (2003), dan Milk (2008). Duh, gak kebayang, deh, White Noise bakal jadi sekeren apa!

4. Gandeng Adam Driver dan Greta Gerwig sebagai pemeran utama

Adam Driver dan Greta Gerwig dalam film White Noise (dok. Passage Pictures/White Noise)

Sudah menjadi rahasia umum kalau Greta Gerwig, aktris, sutradara, sekaligus pasangan Baumbach, sering membintangi film-film buatan sang kekasih. White Noise sendiri merupakan proyek kolaborasi terbaru mereka setelah The Meyerowitz Stories (2017).

Dalam film ini, Gerwig dipasangkan dengan Adam Driver, aktor yang juga sering bermain dalam film-film Baumbach. Uniknya, White Noise menjadi reuni bagi Gerwig dan Driver selepas beradu peran dalam film karya Baumbach berjudul Frances Ha (2012).

Selain menjadi ajang reuni bagi Gerwig dan Driver, White Noise pun turut menjadi ajang unjuk gigi bagi para rookie Hollywood berbakat. Mereka adalah Raffey Cassidy (The Killing of a Sacred Deer), serta kakak beradik Sam dan May Nivola, anak dari aktor Alessandro Nivola.

Alessandro Nivola pun turut mengambil peran dalam film ini, lho. Ia menemani para pemeran pendukung lainnya, seperti André Benjamin alias André 3000, Jodie Turner-Smith, Don Cheadle, hingga Lars Eidinger.

5. Sinopsis White Noise

adegan dalam film White Noise (dok. Passage Pictures/White Noise)

Sama seperti novelnya, White Noise berfokus pada Jack Gladney (Adam Driver), profesor studi Hitler di sebuah perguruan tinggi seni liberal, istrinya, Babette (Greta Gerwig), dan keempat anak mereka yang harus menghadapi "peristiwa beracun di udara." Konon, peristiwa tersebut disebabkan oleh tumpahan bahan kimia yang menciptakan kumpulan awan mematikan.

Dilansir dari laman web Passage Pictures, selaku salah satu perusahaan produksi, White Noise mendramatisasi upaya keluarga Amerika modern dalam menangani konflik duniawi sambil bergulat dengan masalah filosofis, seperti cinta, kematian, dan harapan di tengah ketidakpastian. Sinopsisnya saja sudah menarik sekali, bukan?

Baca Juga: 5 Alasan Prey Layak Jadi Film Terbaik dalam Franchise Film Predator

Verified Writer

Satria Wibawa

Movies and series enthusiast. Feel free to read my reviews on Insta @satriaphile90 or Letterboxd @satriaphile. Have a wonderful day!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya