TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Anime tentang Sepak Bola Ini Wajib Ditonton 

Ada yang kisahkan perjuangan Jepang di piala dunia

Yoichi Isagi dalam Blue Lock (twitter.com/「ブルーロック」TVアニメ公式|好評放送中!)

Kemenangan Jepang melawan Jerman dalam gelaran Piala Dunia 2022 Qatar memang menjadi kesenangan tersendiri bagi warga Asia. Bahkan kemenangan tersebut menjadi trending topic di beberapa media sosial.

Uniknya lagi, melalui kemenangan Jepang, banyak judul anime hingga tokohnya menjadi pembicaraan publik, lho. Diantaranya adalah tokoh Wakabayashi yang menjadi kiper andalan Timnas Jepang dalam anime Captain Tsubasa. Untuk merasakan antusiasnya simak beberapa judul anime sepak bola berikut ini, yuk!

1. Giant Killing

Salah satu adegan di anime Giant Killing (dok. Studio Deen/Giant Killing)

Jika kebanyakan anime sepak bola menceritakan seorang protagonis yang mengejar impiannya menjadi yang terbaik di sepak bola. Anime Giant Killing punya sentuhan yang berbeda dalam tokoh utamanya, lho.

Menceritakan tentang sebuah klub bernama East Tokyo United (ETU) yang berusaha bertahan dalam liga untuk tak terdegradasi. Pimpinan klub yang bermarkas di Tokyo tersebut menunjuk mantan pemain yang paling dibenci oleh suporter dan dianggap penghianat bernama Takeshi Tatsumi sebagai pelatih. 

Kehadirannya sebagai pelatih tentu saja memancing amarah banyak suporter, tetapi di lain sisi bagi suporter lama klub tersebut yang sudah memasuki usia senja justru menunggu kedatangannya. Lalu bagaimana, karier Takeshi Tatsumi sebagai pelatih di East Tokyo United?

2. Captain Tsubasa

Salah satu adegan di anime Captain Tsubasa (dok. David Productions/Captain Tsubasa)

Jika menyangkut anime sepak bola, bisa jadi anime Captain Tsubasalah yang paling menempel diingatan. Anime lawas yang sudah pernah menayangkan edisi remake dengan kualitas gambar yang lebih ciamik ini memang tontonan favorit anak-anak tahun 2000an.

Kisah perjuangan Tsubasa Ozora dituangkan dengan apik dalam alur ceritanya mulai dari masa kecil hingga kiprahnya bersama Timnas Jepang di kancah piala dunia. Bahkan saat pertandingan Jepang melawan Jerman di gelaran piala dunia tahun 2022, banyak yang menyebut anime ini di media sosial.

Scene dalam anime lawas ini seakan menjadi prediksi masa depan sepak bola Jepang. Nama-nama pemain dalam Captain Tsubasa juga banyak di sebutkan di media sosial, lho, diantaranya adalah Genzo Wakabayashi.

Baca Juga: Hilang Nurani, 5 Karakter Anime yang Ingin Membinasakan Umat Manusia

3. Ao Ashi

Salah satu adegan di anime Ao Ashi (dok. Production I. G/Ao Ashi)

Ashito Aoi merupakan seorang pemain sepak bola muda yang awalnya bermain dalam turnamen junior di sebuah kota pedalaman Jepang. Dikarenakan gaya bermainnya yang egois, di suatu keadaan tim yang terkenan Aoi pun bermain kasar dan segera dikeluarkan. Akhirnya tim yang dibelanya pun tersingkir dari pertandingan.

Namun, kisahnya baru dimulai setelah kekalahannya di turnamen Junior. Ashito Aoi bertemu Tatsuya Fukuda yang merupakan seorang agen pencari bakat pemain muda Jepang. Aoi pun diundang untuk datang ke seleksi sepak bola di Tokyo. Bersaing dengan banyak pemain di seluruh Jepang untuk seleksi, akankah Ashito Aoi akan berhasil?

4. Blue Lock

Salah satu adegan di anime Blue Lock (dok. 8bit Studios/Blue Lock)

Jadi salah satu anime yang disebut setelah kemenangan Jepang melawan Jerman, Blue Lock memang usung cerita yang tak biasa. Diceritakan Japan Football Union melaksanakan program tak biasa yang diberi nama Blue Lock.

Nantinya setiap striker muda di seluruh Jepang yang berjumlah 300 orang akan menjalani camp pelatihan yang awalnya sangat ditentang oleh banyak orang. Melalui sistem yang cenderung semena-mena, pelatih Ego Jinpachi terus mengawasi gerak-gerik setiap pemain. 

Mengejutkannya lagi setiap pemain seakan saling ingin membunuh satu sama lain, dimana sang protagonis Yoichi Isagi mengalami beberapa kesulitan. Lantas siapa yang akan menjadi striker nomor 1 yang akan digunakan Jepang dalam mewujudkan cita-cita juara piala dunia?

Baca Juga: Deretan Lengkap Anime yang Bakal Dirilis di Tahun 2023

Verified Writer

Indrawati R

Thank you!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya