TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Film Greek Weird Wave, Gebrakan yang Dipelopori Yorgos Lanthimos

Saingin French New Extreme, lho

Dogtooth (dok. Boo Productions/Dogtooth)

Intinya Sih...

  • Greek weird wave adalah gebrakan film unik dan berbeda di Yunani pada awal 2000-an
  • Film-filmnya memiliki penceritaan tidak konvensional, surealisme, humor gelap, dan isu sosial/politik
  • Beberapa film greek weird wave berhasil memenangkan penghargaan internasional di festival film terkemuka

Greek weird wave adalah gebrakan istilah untuk film unik dan berbeda yang muncul di Yunani pada awal tahun 2000-an. Gebrakan itu mendapat pengakuan internasional untuk penceritaannya yang tidak konvensional, surealisme, humor gelap, dan mengeksplorasi masalah sosial dan politik.

Sutradara terkenal yang memperkenalkan gebrakan satu ini yaitu Yorgos Lanthimos. Nah, buat kamu yang penasaran dengan rekomendasi film Greek Weird Wave, yuk, coba simak dalam artikel berikut ini.

1. Alps (2011)

Alps (dok. Haos Film/Alps)

Kembali disutradarai oleh Yorgos Lanthimos, film kedua dalam jajaran greek weird wave satu ini juga menyuguhkan premis yang segar dengan kental drama surealisme, membawa banyak isu serta konflik sosial yang relevan, tentunya film drama thriller satu ini juga berhasil mendapat apresiasi dan film ini pernah ditayangkan perdana di Festival Film Venice.

Filmnya sendiri mengikuti sekelompok orang yang berpura-pura menjadi orang terkasih yang telah meninggal untuk membantu klien mereka menghadapi kesedihan. 

2. Dogtooth (2009)

Dogtooth (dok. Boo Productions/Dogtooth)

Disutradarai oleh Yorgos Lanthimos, film horor psikologis satu ini berhasil menjadi salah satu ikon dalam jajaran gebrakan greek weird wave, selain isi filmnya yang kental dengan kritik sosial, film satu ini juga mengemas adegan eksplisit dengan humor gelapnya. Selain itu, film ini juga memenangkan Prix Un Certain Regard di Cannes Film Festival pada 2009.

Filmnya sendiri mengisahkan tentang 3 orang bersaudara yang diisolasi dalam didikan orang tua penuh eksploitasi, sehingga ketiganya harus melawan untuk membebaskan diri.

3. Attenberg (2010)

Attenberg (dok. Haos Film/Attenberg)

Disutradarai oleh Athina Rachel Tsangari, film ini mengangkat tema seksualitas yang relevan dengan kehidupan sosial, selain itu, film satu ini juga mengusung konsep aneh sehingga masuk dalam jajaran greek weird wave, dan film berlabel drama satu ini berhasil memenangkan beberapa penghargaan, termasuk penghargaan aktris terbaik di Film Festival Venice.

Filmnya sendiri mengisahkan tentang seorang perempuan yang tinggal bersama ayahnya yang sekarat mencoba mengeksplorasi gairah seksnya yang berujung memberikan pelajaran dalam seni cintanya.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Yunani, Negara yang Dipenuhi Legenda!

4. Miss Violence (2015)

Miss Violence (dok. EyeMoon Films/Miss Violence)

Disutradarai oleh Alexandros Avranas, film ini drama thriller satu ini membawa isu yang cukup serius serta relevan, menghadirkan cerita kompleks dengan banyak adegan kekerasan, tentunya film satu ini berhasil menjadi film cukup kuat dalam jajaran greek weird wave. Selain itu, filmnya sendiri memenangkan penghargaan Silver Lion untuk sutradara terbaik di Film Festival Venice pada tahun 2013.

Filmnya sendiri menceritakan kisah meresahkan tentang rahasia kelam sebuah keluarga dengan adanya pelecehan yang dialami oleh seorang gadis muda.

5. The Lobster (2015)

The Lobster (dok. Film4 Productions/The lobster)

Disutradarai oleh Yorgos Lanthimos lagi, film bergenre dark comedy dengan balutan fiksi ilmish satu ini juga memberikan suguhan surealisme dalam ceritanya, menghadirkan tontonan segar di era modern, tentunya film satu ini berhasil mendapat apresiasi hingga ke penjuru dunia, terutama di industri Hollywood sendiri. Selain itu, film greek weird wave satu ini juga dinominasikan untuk Palme d'Or di Festival Film Cannes 2015.

Filmnya sendiri mengisahkan kisah yang berlatarkan masa depan, di mana para lajang dikirim ke hotel dan harus menemukan pasangan romantis dalam waktu 45 hari atau diubah menjadi binatang. 

Verified Writer

Perceval

I love horror movies so much bro

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya