TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Urutan Nonton Alien Sesuai Kronologi Cerita, Terbaru Alien: Romulus

Franchise Alien sudah ada sejak 1979

urutan nonton film Alien (dok. 20th Century Studios/Alien: Romulus)

Alien merupakan franchise film besar Hollywood yang pertama kali debut dengan film berjudul Alien pada 1979. Sepanjang perjalanannya, franchise ini berkembang dengan merilis berbagai judul film hingga spin-off.

Buat kamu yang baru tertarik dengan universe Alien karena perilisan film Alien: Romulus (2024), ini daftar urutan nonton film Alien yang mungkin kamu butuhkan untuk melengkapi pengetahuan kamu soal apa yang terjadi di dunia mereka.

1. Alien vs. Predator (2004)

urutan nonton film Alien (dok. 20th Century Studios/Alien vs. Predator)

Kisah Xenomorph dimulai dari film cross-over antara Alien dan Predator ini. Disutradarai dan ditulis oleh Paul W.S. Anderson, film ini mengisahkan tentang manusia yang mulai menemukan sosok Predator alias Yautja yang telah berada di Bumi mereka sejak ribuan tahun lalu.

Pada 2004, para ilmuwan menemukan kultus pemuja Predator. Mereka mengorbankan diri mereka kepada sang Predator demi memburu Xenomorph alias Alien.

2. Alien vs. Predator: Requiem (2007)

urutan nonton film Alien (dok. 20th Century Studios/Alien vs. Predator: Requiem)

Melanjutkan kisah dari film pertama, sekuel cross-over ini menunjukkan makhluk hibrida antara Alien dan Predator yang diberi nama Predalien. Mereka berkeliaran di sebuah kota kecil di Colorado usai kapal mereka mengalami kecelakaan dan membuat kekacauan di sana.

Dalam film cross-over terakhir Alien vs. Predator, Predator veteran turun tangan untuk mengurus kerusuhan yang disebabkan oleh makhluk hibrida tersebut.

3. Prometheus (2012)

urutan nonton film Alien (dok. 20th Century Studios/Prometheus)

Film prekuel ini disutradarai oleh sutradara peraih Oscar Ridley Scott yang pertama kali membuat franchise Alien pada 1979. Ceritanya berpusat pada ekspedisi ilmiah yang dilakukan oleh kru pesawat ruang angkasa Prometheus.

Mereka mengikuti petunjuk dari artefak kuno yang ditemukan di Bumi untuk menemukan makhluk bernama Engineers. Sayangnya, mereka menemukan lebih dari yang diharapkan. Akhirnya nyawa mereka terancam, karena harus berurusan dengan Xenomorph.

4. Alien: Covenant (2017)

urutan nonton film Alien (dok. 20th Century Studios/Alien: Covenant)

Alien: Covenant adalah sekuel dari Prometheus. Berlatar waktu 11 tahun dari peristiwa terakhir, kali ini menceritakan tentang kru kapal Covenant yang sedang dalam perjalanan ke planet baru untuk dijadikan tempat tinggal.

Namun, pesawat mereka mengalami kecelakaan dan mendarat darurat di sebuah planet asing yang penuh dengan makhluk berbahaya. Sebagian dari mereka tewas dalam kecelakaan tersebut. Sebagian yang hidup harus menyelamatkan diri dari ganasnya berbagai makhluk asing seperti Xenomorph hingga android.

5. Alien (1979)

urutan nonton film Alien (dok. 20th Century Studios/Alien)

Pada film debut franchise Alien ini, mengisahkan tentang kru kapal luar angkasa, Nostromo, yang memeriksa sinyal bahaya yang mereka terima. Kapal Nostromo mendarat di planet asing dan menemukan sebuah kapal luar angkasa berbentuk piramid yang besar.

Setelah diperiksa, kapal tersebut berisi ribuan telur Xenomorph yang siap untuk menetas. Dengan cepat, Dallas, Kane, dan kawan-kawan harus berupaya tetap hidup dari teror-teror Xenomorph yang mengintai.

Baca Juga: Review Kelebihan dan Kekurangan Film Alien: Romulus

6. Alien: Romulus (2024)

urutan nonton film Alien (dok. 20th Century Studios/Alien: Romulus)

Film Alien: Romulus dikonfirmasi berlatar waktu antara film Alien (1979) dan Aliens (1986). Film ini mengisahkan sekelompok anak muda yang berniat untuk meninggalkan planet koloninya yang keras. Mereka memutuskan untuk mencuri kapal luar angkasa demi mencari tempat baru yang lebih baik.

Perjalanan mereka berubah menjadi mimpi buruk ketika mereka menemukan Alien di kapal yang mereka naiki. Rain dan kawan-kawan harus berjuang untuk bertahan hidup sambil mencari jalan keluar.

7. Aliens (1986)

urutan nonton film Alien (dok. 20th Century Studios/Aliens)

Disutradarai oleh James Cameron, film Aliens menceritakan tentang Ellen Ripley yang merupakan satu-satunya orang selamat dari serangan di kapal Nostromo. Setelah tertidur dengan cara kriogenik selama 57 tahun, ia kembali ditugaskan untuk menyelidiki planet LV-426, tempat teman-temannya dihabisi oleh Xenomorph.

Dulu tempat itu sempat dihuni oleh manusia, kini ternyata planet LV-426 sudah dikuasai oleh ribuan alien. Mereka dipimpin oleh Alien Queen yang beringas dan mematikan.

8. Alien 3 (1992)

urutan nonton film Alien (dok. 20th Century Studios/Alien 3)

Ellen Ripley kembali selamat dari kejadian di film sebelumnya. Di film Alien 3, ia kembali mengalami kecelakaan pesawat yang membuatnya terdampar di planet bernama Fiorina 161. Planet ini dijadikan sebuah tempat penjara bagi tahanan-tahanan berbahaya.

Tak disangka, pesawat yang Ellen tumpangi membawa sesosok Alien. Situasi semakin rumit ketika diketahui bahwa Ellen memiliki embrio dari Alien Queen di dalam tubuhnya.

9. Alien: Resurrection (1997)

urutan nonton film Alien (dok. 20th Century Studios/Alien: Resurrection)

Berlatar 200 tahun setelah peristiwa di film Alien 3, Alien: Resurrection menceritakan tentang usaha para ilmuwan yang menghidupkan kembali sosok Ellen Ripley lewat proses kloning. Namun, embrio Alien Queen dalam tubuh Ellen juga ikut tercampur sehingga menciptakan makhluk hibrida manusia-Alien yang diberi nama Ripley 8.

Ripley 8 dimanfaatkan sebagai prajurit untuk mengembangkan dan mempelajari Alien. Namun, kekuatan yang dimiliki ternyata juga punya ancaman berbahaya bagi umat manusia itu sendiri.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya