TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Review Moon Knight: Serial Marvel dengan Sentuhan Horor

Ternyata 4 episode perdana Moon Knight begitu menjanjikan

Serial Marvel's Moon Knight (instagram.com/themoonknight)

Marvel Studios kembali melanjutkan cerita Marvel Cinematic Universe (MCU) dengan merilis serial Moon Knight pada 30 Maret 2022.

Datang sebagai superhero baru di MCU, Moon Knight menyajikan atmosfer dan cerita yang berbeda dari serial maupun film-film Marvel sebelumnya. IDN Times berkesempatan menyaksikan 4 episode awal serial Moon Knight, dan ini review-nya!

1. Memberikan kesan yang sangat berbeda daripada proyek MCU sebelumnya

Serial Marvel's Moon Knight (instagram.com/themoonknight)

Di berbagai wawancara, Presiden Marvel Studios, Kevin Feige, dan Executive Producer Moon Knight, Grant Curtis, beberapa kali menjanjikan sesuatu yang berbeda dari serial yang dibintangi Oscar Isaac ini.

Tampaknya Marvel tak berbohong soal itu. Bisa dibilang, atmosfer yang terasa ketika menonton Moon Knight bakal berbeda daripada pengalaman menonton serial atau film Marvel lain.

Superhero yang berbalut kostum putih ini memberikan efek horor yang sangat terasa dari scoring dan pengambilan gambar yang oke banget.

2. Point of view Steven Grant yang bikin ikut penonton bingung

Serial Marvel's Moon Knight (instagram.com/themoonknight)

Bagi yang belum tahu, serial Moon Knight menceritakan Steven Grant yang memiliki masalah mental. Ia diceritakan menderita Dissociative Identity Disorder, yang membuatnya memiliki dua kepribadian atau lebih.

Oscar Isaac yang memerankan Steven Grant di serial ini, setidaknya harus akting dengan karakter yang memiliki 4 kepribadian, bisa jadi lebih.

Sutradara Mohamed Diab serta Justin Benson dan Aaron Moorhead, berhasil memberikan visual konkret bagaimana penonton bisa ikut merasakan apa yang dialami Steven, dengan kepribadiannya yang berbeda-beda.

Seakan-akan kamu bisa turut mendengar suara di kepala Stevent dari sosok kepribadian lain yang ingin mengambil alih tubuhnya. Percaya atau tidak, kamu pun seolah-olah bisa mendengar suara itu ada di kepalamu.

Pada awal episode, banyak kejadian misterius yang dialami Steven, terutama ketika ia pertama kali sadar ada sosok lain yang bisa mengambil alih tubuhnya. Adegan-adegan misterius ini cukup sukses bikin geregetan dan penasaran akan apa yang terjadi setelah tubuh Steven diambil alih oleh Marc Spector.

Baca Juga: Oscar Isaac soal Perankan Karakter dengan 4 Kepribadian di Moon Knight

3. Akting Oscar Isaac yang layak diacungi 10 jempol

Serial Marvel's Moon Knight (instagram.com/themoonknight)

Tantangan bagi Oscar Isaac karena ia harus memainkan tokoh yang sama, namun dengan kepribadian yang berbeda-beda.

Oscar tidak hanya berpura-pura pindah dari satu kepribadian ke kepribadian yang lain. Ia harus mengubah semua elemen dari kepribadian Steven Grant, Marc Spector, dan dua kepribadian lainnya. Mulai dari aksen bicara, tone suara yang berbeda, tatapan mata, cara berjalan, pokoknya 100 persen punya perbedaan masing-masing tiap karakter.

Dalam wawancara khusus bersama IDN Times, Selasa (22/3/2022) yang lalu, ia mengaku bahkan gak bisa melakukan adegani Steven dan Marc di waktu yang bersamaan. Harus ada jeda supaya dia bisa keluar dari salah satu karakter dan bersiap masuk ke karakter lainnya. Jedanya bisa berbulan-bulan, lho.

4. Scoring-nya membuat serasa lagi nonton film horor

Serial Marvel's Moon Knight (instagram.com/themoonknight)

Jika membahas film atau serial Marvel, kamu mungkin gak akan khawatir bakal melihat adegan seram atau jumpscare seperti yang ada di film horor.

Menariknya, scoring yang dipakai di serial Moon Knight ini sedikit lebih bikin bulu kuduk meremang. Salah satu faktornya karena beberapa episode serial ini disutradarai oleh duo Justin Benson dan Aaron Moorhead, yang terkenal akan karyanya di film-film horor.

Visualisasi Khonsu sebagai Dewa Bulan dari Mesir yang agak creepy, juga membuat kamu merasakan ketakutan seperti yang Steven Grant alami ketika menontonnya nanti. Jumpscare? Mungkin ada sedikit di awal-awal episode, tapi tentu gak bakal seseram nonton film horor beneran lah, ya.

5. Membuktikan universe-nya Marvel itu luas banget

Serial Marvel's Moon Knight (instagram.com/themoonknight)

Selama lebih dari 1 dekade, Marvel menyuguhkan kisah-kisah superhero yang beragam. Ada yang latar belakangnya dari manusia biasa berkostum canggih, manusia yang jadi mutan, hingga makhluk luar angkasa yang jadi pahlawan di Bumi.

Untuk Moon Knight sendiri, ini bakal jadi serial yang akan membawa kamu mengenal karakter dan dunia yang baru. Format serial sendiri dirasa cukup tepat untuk mengenalkan karakter superhero baru ini kepada pecinta MCU. Sebab, cerita bakal bisa disampaikan dengan baik dan detail lewat 6 episode yang tayang mulai 30 Maret 2022.

Ini juga membuktikan kalau semesta MCU yang Marvel buat memang luas banget. Belum lagi diperkenalkannya multiverse yang dimulai dari Loki, diperjelas di Spider-Man: No Way Home, dan akan dilanjutkan di Doctor Strange: Multiverse of Madness. Cerita Moon Knight bahkan belum masuk jadi bagian itu, lho.

Menarik ditunggu akan dengan superhero Marvel mana Moon Knight dipasangkan di masa yang akan datang.

Baca Juga: 5 Alasan Harus Nonton Moon Knight yang Brutal dan Gelap dari Sutradara

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya