TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Coldplay Sumbang Kapal Pembersih Sampah untuk Sungai Cisadane

Usai konser, Coldplay donasi kapal pembersih untuk Cisadane

konser Coldplay di Jakarta pada Rabu, 15 November 2023 (IDN Times/Rendy Anwar)

Setelah melakukan konser di Jakarta pada 15 November 2023, The Ocean Cleanup mengumumkan bahwa Coldplay telah mendonasikan sebuah kapal pembersih sampah kepada Indonesia.

Bekerja sama dengan organisasi nirlaba di bidang rekayasa lingkungan tersebut, Coldplay mengirim kapal itu untuk mengatasi masalah lingkungan di Sungai Cisadane, Jawa Barat.

 

Baca Juga: Awal Mula MALIQ & D'Essentials Bisa Tampil di Konser Coldplay

Baca Juga: Awal Mula MALIQ & D'Essentials Bisa Tampil di Konser Coldplay

1. Alasan memilih Sungai Cisadane

Coldplay sumbang kapal pembersih sampah untuk Sungai Cisadane (instagram.com/theoceancleanup)

Lewat akun Instagram @theoceancleanup, mereka memperkenalkan kapal pembersih sampah yang diberi nama Neon Moon II. Ini adalah kapal pencegat (interceptor) kedua yang dirilis atas kerja sama The Ocean Cleanup dan Coldplay.

Alasan memilih Sungai Cisadane adalah karena sungai yang ada di Jawa Barat tersebut terkenal sebagai salah satu sungai dengan emisi tertinggi. Berdasarkan riset organisasi tersebut, sebanyak 1000 ton sampah ditengarai mengalir menuju Laut Jawa dari Sungai Cisadane setiap tahunnya.

"Coldplay terus membantu misi kami untuk membersihkan perairan dari sampah plastik, dengan melayarkan interceptor kedua, Interceptor 020, alias Neon Moon II, yang akan ditugaskan di Sungai Cisadane di Jakarta," tulis The Ocean Cleanup di akun Instagram resminya pada Kamis (16/11/2023).

2. Tur konser Coldplay dibuat ramah lingkungan, termasuk di Jakarta

konser Coldplay di Jakarta pada Rabu, 15 November 2023 (IDN Times/Rendy Anwar)

Coldplay memang menjadi salah satu band yang berkomitmen pada pelestarian lingkungan. Dalam tur dunia bertajuk 'Music of the Spheres' ini, band asal Inggris tersebut berupaya menyelenggarakan konser yang rendah emisi.

Beberapa elemen yang Coldplay gunakan dalam konsernya, termasuk yang di Jakarta, seperti konfeti dan kembang api juga disebut sangat rendah emisi dan mudah terurai. Ada juga pesta dance kinetik yang digelar sebelum konser untuk menambah energi listrik konser. 

Baca Juga: 6 Artis yang Kena Tipu Beli Tiket Konser Coldplay, Rugi Puluhan Juta!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya