TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Planet Populer di Film Marvel, Karakteristiknya Unik

Budaya dan kearifan lokalnya beda-beda

Planet Ego (dok. Marvel Studios/Guardian of Galaxy Vol.2)

Film Marvel Cinematic Universe mulai mengembangkan kisahnya di luar dari planet Bumi. Diawali dari film Guardian of the Galaxy (2014) MCU mulai menjelajah planet-planet fiktif dari komik. Beberapa di antara planet tersebut juga menyimpan budaya dan ras alien yang sangat menarik untuk dibahas.

Dari banyaknya planet yang sudah ditampilkan di MCU, terdapat planet populer dan ikonik di universe superhero tersebut. Kalau kamu penggemar MCU garis keras, pasti pernah tahu nama planet populer berikut ini, kok. Selain itu, karakteristik planet populer ini unik semua! Simak daftar nama planetnya di bawah ini!

1. Planet Bumi, tempat paling diincar Alien

Captain Marvel memantau Bumi (dok. Marvel Studios/Captain Marvel)

Bumi bisa dibilang adalah pusat dari cerita film-film MCU. Bumi adalah rumah bagi para Avengers dan menjadi planet paling diincar di seluruh galaksi. Entah itu oleh alien atau mahkluk kosmik. Semua seri film Avengers berlatar di Bumi dengan pengecualian Avengers: Infinity War (2018) yang membagi latar cerita di luar angkasa. Untuk memerangi ancaman musuh, Bumi mempunyai organisasi bernama S.H.I.E.L.D yang dipimpin oleh Nick Fury. Organisasi tersebut adalah cikal bakal berkumpulnya Avengers.

2. Planet Hala, kerajaan Kree yang agung

Planet Hala (dok. Marvel Studios/Captain Marvel)

Dalam Captain Marvel (2019) Hala merupakan planet futuristik dengan teknologi yang jauh lebih maju dari Bumi. Planet ini dihuni oleh ras alien humanoid bernama Kree. Ras ini identik dengan perubahan warna kulit bila terkekspos dengan oksigen Bumi yang pada umumnya berwarna biru.

Planet Hala sempat terlibat peperangan besar dengan bangsa planet Xandar, dimana mereka memiliki Nova Corps untuk mengimbangi militer Kree yang kuat dan canggih. Planet ini juga bakal diulas lebih banyak dalam film The Marvels (2023) yang akan tayang tahun ini.

3. Sakaar, planet host Gladiator luar angkasa

Planet Sakaar dengan panggung Gladiatornya (dok. Marvel Studios/Thor: Ragnarok)

Sakaar adalah planet yang muncul di film Thor: Ragnarok (2017). Terletak di antara puluhan lubang hitam di luar angkasa yang menjadi pelindung alami planet ini dari berbagai ancaman seperti asteroid dan serangan alien.

Planet ini dimiliki oleh Grandmaster yang kerap mengadakan turnamen Gladiator antar galaksi yang mana semua ksatria terkuat bertanding. Thor, Hulk dan Man-Thing pernah menjadi bintang di planet ini. Meskipun terlihat makmur dengan berbagai aktraksi, hiburan dan pertandingan Gladiator yang seolah tidak berhenti namun sebenarnya Grandmaster adalah diktator yang mengeksploitasi dan menekan para penduduk Saakar. Itulah mengapa banyak pemukiman kumuh di luar wilayah Grandmaster.

Baca Juga: 10 Kesalahan dalam Adegan Film Marvel yang Gak Kamu Sadari

4. Asgard, planet yang dihuni dewa-dewi nordik

Asgard (dok. Marvel Comics/Thor: Ragnarok)

Asgard adalah planet yang sudah dikenal masyarakat Bumi dalam literatur dewa-dewi nordik. Namun dalam film Thor (2011) dijelaskan bahwa Asgard adalah planet jauh yang sudah membuat kontak dengan Bumi sejak beribu-ribu tahun. Itu sebabnya bangsa Asgard memiliki budaya yang hampir sama dengan manusia.

Namun pada Thor: Ragnarok (2017) Asgard harus musnah setelah Thor menginisiasi ramalan kehancuran Asgard oleh Surtur untuk mengehentikan Hela. Setelah kehancuran Asgard di tangan Surtur akhirnya penduduk Asgard yang tersisa direlokasi ke Bumi tepatnya di dataran Norwegia. Mereka membentuk sebuah polis bernama New Asgard yang dipimpin oleh Valkyrie.

5. Xandar, planet futuristik yang dijaga pasukan penegak hukum galaksi

Planet Xandar (dok. Marvel Studios/Guardian of Galaxy Vol)

Planet yang jadi ibu kota Nova Empire ini adalah planet utopia dengan populasi lebih dari 12 miliar penduduk. Planet ini terletak di galaksi Andromeda dan menjadi basis bagi Nova Corps yang berperan sebagai polisi luar angkasa. 

Sayangnya planet ini dihancurkan oleh Thanos demi mendapatkan power stone yang tengah dalam penjagaan Nova Corps. Melihat power stone yang sudah di tangan Thanos sepertinya sang Mad Titan sama sekali tidak membual dan planet futuristik ini telah dimusnahkan.

6. Ego, planet indah yang ternyata "hidup"

Panorama Planet Ego (dok. Marvel Studios/Guardian of Galaxy Vol.2)

Ego adalah planet indah dengan berbagai keindahan pemandangan yang penuh dengan tumbuhan, pegunungan dan air terjun. Sekilas planet ini menggambarkan bentuk surga yang indah. Namun misteriusnya planet ini tidak ada manusia atau hewan lain selain Ego dan asistennya, Mantis.

Dalam Guardian of the Galaxy Vol.2 (2018) terungkap bahwa planet ini adalah bentuk fisik dari karakter Ego itu sendiri, sementara pria yang ditemui Peter Quill sebagai ayahnya hanyalah salah satu avatar yang dia ciptakan untuk berinteraksi dengan mahkluk hidup lain. Baik di film maupun komiknya, planet ini punya ciri khas memiliki wajah raksasa di permukaan planet yang dapat dilihat jelas.

Baca Juga: 5 Superhero Kosmik Terkuat Selain Captain Marvel di Marvel Universe

Verified Writer

Mito Rudito

Menulis tentang hobi sambil meminum secangkir kopi perlahan menjadi rutinitas yang menyenangkan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya