TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Karakter Antagonis Anime yang Dilindungi Plot Armor Tebal

Gak kalah saktinya sama karakter utama

Yhwach si Raja Quincy (dok. Pierrot/Bleach: A Thousand Year Blood War)

Plot armor adalah istilah yang sering disebut oleh fans serial fiksi, terutama anime. Istilah ini merujuk pada julukan untuk karakter yang selalu saja selamat dari bahaya karena masih dibutuhkan dalam cerita. Tergantung dengan eksekusi, plot armor bisa sangat masuk akal atau malah terkesan dipaksakan. 

Bukan hanya karakter utama, ternyata plot armor berlaku juga untuk para antagonis. Bahkan, ada yang sampai dibikin terlalu kuat. Jika dilogika, karakter utama seperti tidak akan bisa mengalahkannya. Penasaran? Berikut ini lima karakter antagonis anime yang dilindungi plot armor tebal.

1. Ryomen Sukuna (Jujutsu Kaisen)

Ryomen Sukuna (dok. MAPPA/Jujutsu Kaisen)

Ryomen Sukuna adalah salah satu antagonis utama anime Jujutsu Kaisen. Doi adalah penyihir terkuat dalam sejarah yang bereinkarnasi sebagai roh kutukan dan menempati tubuh sang karakter utama, Yuji Itadori. Sukuna adalah villain yang tidak punya ambisi. Doi hanya haus akan pertarungan dan hidup dengan aturannya sendiri.

Karakter ini sepertinya jadi favorit si mangaka, Gege Akutami. Pasalnya, sudah berkali-kali hampir dikalahkan, Sukuna selalu bangkit dan malah membalikkan keadaan. Plot armor Sukuna bolak-balik ditunjukkan dalam manga. Seperti saat melawan Gojo, doi selamat dari Hollow: Purple, bahkan Domain Expansion: Unlimited Void. Lalu, yang terbaru, secara misterius teknik penghakiman Hiromi Higuruma tidak memblokir teknik kutukan Sukuna meski doi jelas-jelas terbukti bersalah.

2. Reiner Braun (Attack on Titan)

Reiner berhasil selamat dari tebasan Mikasa. (dok. WIT STUDIO/Shingeki no Kyojin)

Jadi karakter favorit sang mangaka Hajime Isayama, Reiner Braun jelas memiliki plot armor yang luar biasa tebal. Karakter antagonis yang satu ini berkali-kali lolos dari kematian semata-mata karena keberuntungan. Eren, Mikasa, bahkan Levi telah gagal membunuh Reiner.

Banyak dari fans sampai mengubah nama Armored Titan miliknya menjadi Plot Armor Titan. Sebenarnya, Reiner sendiri hidupnya sengsara karena harus terus hidup saat semua rekannya telah terbunuh. Sayang banget, meski sudah mencoba bunuh diri pada salah satu episode Attack on Titan, Isayama belum merestui sampai akhir anime.

Baca Juga: 5 Karakter One Piece yang Pernah Diselamatkan Plot Armor

3. All For One (My Hero Academia)

All For One (dok. Bones/Boku No Hero Academia)

Dalang di balik banyak tragedi anime My Hero Academia ini punya plot armor yang sangat tebal. Sudah berkali-kali dihajar oleh pengguna One For All, karakter ini selalu kembali dengan rencana genius dan kekuatannya semakin meningkat. Pada Final War Arc yang jadi cerita puncak manganya, All For One juga menunjukkan plot armor yang bikin geleng-geleng kepala dengan berbagai kemampuan Quirk baru yang sakti parah. Sang murid, Tomura Shigaraki, juga sepertinya mewarisi plot armor dari sang mentor, nih.

4. Garou (One Punch Man)

Garou (dok. MAPPA/One Punch Man)

Garou adalah salah satu karakter antagonis anime One Punch Man. Doi mendapat julukan sebagai Hero Hunter karena suka menyerang para superhero. Karakter ini punya kekuatan yang bisa dibilang adalah plot armor karena bikin Garou nyaris tak terkalahkan.

Acceleration Development adalah kemampuan utama Garou yang bikin doi bisa beradaptasi oleh seluruh serangan yang diterimanya, kemudian berevolusi untuk menjadi lebih kuat. Hal ini yang bikin Garou selalu menang dalam pertempuran melawan para hero. Sejauh ini, hanya Watchdog Man dan Saitama yang mampu mengalahkan Garou. 

Verified Writer

Mito Rudito

Seorang guru SD yang hobi menulis tentang apa yang dia sukai

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya