TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Apakah Deadpool Kebal dari Kematian? Ini Penjelasannya

Sebenarnya masih ada cara untuk membunuhnya, sih

Deadpool (dok. 20th Century Fox/Deadpool 2)

Intinya Sih...

  • Deadpool adalah karakter komik Marvel yang ikonis dan menghibur.
  • Kekuatan regenerasinya berasal dari program eksperimental Weapon X.
  • Meski nyaris tak terkalahkan, ada cara untuk membunuh Deadpool.

Kamu yang suka nonton film superhero pasti familier dengan Deadpool, nih! Antihero satu ini merupakan salah satu karakter komik Marvel paling menghibur. Meski beraksi secara brutal, ia selalu bikin ketawa dengan candaan dan gelagatnya yang kocak. Karakter ini kembali jadi pusat perhatian setelah rilisnya film Deadpool & Wolverine (2024).

Salah satu ciri khas karakter Deadpool adalah komedi gelapnya. Film biasanya membuat lelucon dari kemampuan Deadpool yang tidak bisa mati meski terkena berbagai serangan fatal. Nah, kamu penasaran kenapa Deadpool bisa kebal dari kematian? Yuk, simak penjelasannya!

1. Deadpool adalah mutan dengan kekuatan regenerasi yang sangat kuat

Deadpool meregenerasi kakinya kembali setelah terpotong. (dok. 20th Century Fox/Deadpool 2)

Muncul pertama kali dalam komik The New Mutants #98 (1990), Deadpool adalah salah satu karakter paling ikonis dari Marvel. Punya nama asli Wade Wilson, ia adalah mantan tentara bayaran yang direkrut dalam program eksperimental yang disebut Weapon X. Alasan Wade setuju mengikuti program tersebut karena ia membutuhkan kekuatan mutan untuk sembuh dari kanker yang menggerogoti tubuhnya.

Program Weapon X sendiri bertujuan membangkitkan kekuatan mutan Wade Wilson yang merupakan kemampuan regenerasi super. Ia mampu menyembuhkan Deadpool dari luka-luka fatal secara instan. Kisah asal-usul Deadpool juga diceritakan dalam film solonya, yakni Deadpool (2016). Baik dalam versi komik maupun filmnya, kekuatan regenerasi mutan Wade bangkit dalam situasi genting.

Dalam filmnya, ia baru membangkitkan kekuatannya saat disiksa dalam ruang tanpa oksigen oleh Ajax (Ed Skrein). Meski punya regenerasi yang sangat kuat, kekuatan Deadpool juga membuat sel kanker di tubuhnya berkembang pesat. Ini yang membuat wajahnya menjadi rusak.

2. Kekuatan regenerasi Deadpool sangat kuat, bahkan bisa membangkitkan ia dari kematian

Deadpool bangkit dari kematian. (dok. 20th Century Fox/Deadpool)

Kekuatan regenerasi Deadpool gak main-main. Regenerasinya bahkan jauh lebih cepat dan kuat dibandingkan Wolverine. Jika Wolverine sempat kritis karena Adamantium yang diekstrak dari tubuhnya oleh Magneto dalam serial X-Men '97 (2024), Deadpool malah bisa bangkit dari kematian!

Dalam Deadpool 2 (2018), Wade diperlihatkan berusaha keras membunuh dirinya sendiri, bahkan meledakkan tubuhnya menjadi berkeping-keping. Akan tetapi, itu tak cukup untuk membunuhnya karena potongan tubuhnya beregenerasi kembali. Sayangnya, ia tidak kebal terhadap rasa sakit. Meski lukanya bisa sembuh secara instan, Deadpool merasakan rasa sakit seperti sewajarnya manusia. 

Baca Juga: 4 Superhero Marvel yang Bisa Diperankan Blake Lively, Lady Deadpool? 

3. Dalam versi komik, Deadpool dikutuk oleh Thanos dengan kehidupan abadi

Thanos mengutuk Deadpool dengan immortality. (dok. Marvel Comics/Deadpool)

Salah satu alur cerita menarik dalam komik Marvel ialah kisah cinta segitiga antara Deadpool, Thanos, dan Death. Death adalah personifikasi dari kematian yang berwujud perempuan pucat berjubah hitam. Death menjadi tertarik dengan Deadpool karena ia selalu meminta kematian, tapi kekuatannya menghidupkannya kembali. Hal tersebut membuat Death sangat menginginkan Deadpool. Namun, hal tersebut membuat cemburu sang Mad Titan Thanos, yang dalam versi komik sangat tergila-gila dengan Death.

Diceritakan dalam komik Deadpool #61-64 (1997), Thanos yang cemburu akan kedekatan Deadpool dan Death akhirnya memberikan artefak kuno pada T-Ray, musuh bebuyutan Deadpool. Tujuannya adalah mengutuk Deadpool agar hidup abadi. Ini semata-mata dilakukan agar Deadpool dan Death tidak akan pernah bisa bersatu. Wah, menarik, ya, kalau diadaptasi ke MCU.

Verified Writer

Mito Rudito

Seorang guru SD yang hobi menulis tentang apa yang dia sukai

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya