TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Film Indonesia Bertema Anti-Mainstream yang Wajib Kamu Tonton

Terbaru ada film Kembang Api dan Virgo and The Sparklings

kolase poster film Kembang Api dan Virgo and The Sparklings (doc. Falcon Pictures/Kembang Api | doc. Bumilangit Studios/Virgo and The Sparklings)

Tema percintaan atau horor menjadi salah satu tema yang masih sangat populer di perfilman Indonesia. Meski masih didominasi dengan dua genre utama tersebut, nyatanya ada juga, kok, beberapa film Indonesia yang mengusung genre tak biasa.

Untuk kamu yang mulai bosan dengan genre film yang itu-itu saja, berikut ada beberapa rekomendasi film Indonesia yang mengangkat tema anti-mainstream yang wajib kamu tonton. Ada yang akan segera tayang di bioskop, lho!

1. Alif Lam Mim (2015)

cuplikan film Alif Lam Mim (dok. MVP Pictures/Alif Lam Mim)

Film dengan tema science fiction (Sci-Fi) bisa dibilang cukup jarang diproduksi di Indonesia. Sci-Fi sendiri merupakan film yang berkaitan dengan konsep imajinatif dan futuristik yang terkait dengan sains serta teknologi canggih.

Rekomendasi film Sci-Fi Indonesia yang wajib kamu tonton adalah Alif Lam Mim. Film yang disutradarai oleh Anggy Umbara ini menggambarkan kondisi kehidupan Indonesia pada tahun 2036. Indonesia mendatang digambarkan baru mengalami revolusi pasca terjadinya perang saudara.

Indonesia telah kembali menjadi negara damai dan berganti nama menjadi Libernesia yang menganut paham liberal serta menjunjung tinggi nilai kemanusiaan. Film ini dibintangi oleh Cornelio Sunny, Abimana Aryasatya, Agus Kuncoro, Prisia Nasution, dan Tika Bravani.

Baca Juga: 5 Film yang Mengangkat Budaya Bali, Beragam Genre!

2. Mencuri Raden Saleh (2022)

poster film Mencuri Raden Saleh (doc. Visinema Pictures/Mencuri Raden Saleh)

Tema heist juga merupakan genre yang jarang ditemui di perfilman Indonesia. Film dengan tema heist adalah film yang menyuguhkan cerita tentang pencurian besar yang dilakukan oleh sekelompok orang.

Film terbaru Indonesia yang mengusung genre heist adalah Mencuri Raden Saleh. Film ini  digarap oleh Angga Dwimas Sasongko dan dibintangi oleh deretan pemain muda, yaitu Iqbaal Ramadhan, Angga Yunanda, Rachel Amanda, Aghniny Haque, Umay Shahab, dan Ari Irham.

Mencuri Raden Saleh bercerita tentang sekelompok anak muda yang mempunyai rencana untuk mencuri sebuah lukisan karya sang maestro Raden Saleh yang disimpan di istana negara. Mereka pun membentuk tim dan menyusun sebuah rencana mulai dari pemalsuan, peretasan, sampai manipulasi.

3. Berbalas Kejam (2023)

poster film Berbalas Kejam (doc. Tiger Wong Entertainment/Berbalas Kejam)

Film dengan tema balas dendam juga menjadi film yang cukup jarang di Indonesia. Salah satu film Indonesia dengan tema balas dendam terbaru yang wajib kamu tonton adalah Berbalas Kejam. Film yang disutradarai oleh Teddy Soeriaatmadja ini dibintangi aktor papan atas, yakni Reza Rahadian, Laura Basuki, Yoga Pratama, dan Baim Wong.

Film pertama yang diproduksi Tiger Wong Entertainment ini berkisah tentang seorang arsitek yang menjalani hidup dengan penuh trauma selama 2 tahun karena melihat keluarganya dibunuh di depan matanya sendiri. Ia pun berniat untuk balas dendam kepada orang yang telah membunuh keluarganya tersebut. Akhirnya, ia menemukan sisi kelam pada dirinya yang tidak pernah ia ketahui.

4. Kembang Api (2023)

poster film Kembang Api (doc. Falcon Pictures/Kembang Api)

Selanjutnya, ada film dengan tema time loop yang juga jarang ditemukan di industri film Indonesia. Biasanya, film dengan tema time loop ditandai dengan situasi di mana karakter utama mengalami periode waktu diulang satu atau bahkan beberapa kali.

Film terbaru Falcon Pictures yang akan tayang pada 2 Maret 2023 ini mengangkat tema time loop. Film ini disutradarai Herwin Novianto serta dibintangi oleh Marsha Timothy, Ringgo Agus Rahman, Hanggini, dan Donny Damara.

Kembang Api mengisahkan sekelompok orang yang berusaha mengakhiri hidup mereka bersama-sama menggunakan bola yang berisi kembang api. Namun, setiap kali ingin meledakkan kembang api, mereka selalu kembali ke waktu semula saat pertama kali bertemu. Mereka pun menyadari ada yang tak beres.

Baca Juga: 10 Film Indonesia Genre Komedi Romantis, Seru Abis!

Verified Writer

Lulu SARIFAH

Just survive somehow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya