TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Serial Mirip Hacks, Drama Komedi Terbaik Emmy Awards 2024 

Ada serial komedi gelap sampai bikin ngakak

Hacks (instagram.com/hacks)

Serial Hacks berhasil menang 3 penghargaan Emmy Awards 2024. Secara mengejutkan, serial komedi dari HBO ini mengalahkan The Bear dalam kategori Outstanding Comedy Series tahun ini. Jean Smart juga sukses meraih aktris terbaik komedi di usia 73 tahun. Kemenangan mengejutkan Hacks dari The Bear membuktikan bahwa serial komedi gelap ini begitu spesial.

Diciptakan oleh Lucia Aniello, Paul W. Downs, and Jen Statsky, Hacks mengikuti kisah komedian legendaris Las Vegas, Deborah Vence (Smart) yang memperkerjakan penulis komedi serabutan, Ava Daniels (Hannah Einbinder). Meski awalnya penuh konflik, namun hubungan keduanya semakin dekat. Vence berakhir menjadi mentor Ava.

Apabila kamu tertarik dengan cerita mirip Hacks, berikut ini adalah sejumlah rekomendasi serial mirip Hacks yang heartwarming, emosional, sampai bikin tertawa ngakak. Yuk, intip serial-serial terbaik ini!

1. The Marvelous Mrs. Maisel (2017)

Serial ini berkisah tentang ibu rumah tangga tahun 1950-an, Midge Maisel (Rachel Brosnahan) yang memutuskan menjadi komedian. Ia menemukan bakat itu setelah merasa terguncang ketika sang suami mendadak meninggalkannya. Dalam keadaan mabuk, Maisel melampiaskan kekesalannya di atas panggung stand up comedy. Dan surprise, ia disukai penonton karena lucu.

Pada masa itu, komedian perempuan memang tidak dianggap serius. Perjuangan perempuan menjadi komedian ini mirip dengan serial Hacks. Meski serial Hacks memiliki latar waktu berbeda dari The Marvelous Mrs. Maisel, nyatanya Deborah dan Ava tetap mengalami banyak ketidakadilan dan rintangan serupa Maisel. Dengan akting berkelas, kamu bisa menyaksikan serial komedi ini di Prime Video.

Baca Juga: 3 Film Horor Produksi MNC Pictures, Terbaru Lembayung

2. Broad City (2014)

Broad City adalah serial yang wajib ditonton bagi penggemar Hacks. Pasalnya, sutradara dan penulis serial ini adalah kreator Hacks, Lucia Aniello dan Paul W. Downs. Drama komedi ini mengikuti persahabatan dua perempuan muda, Abbi Abrams (Abbi Jacobson) dan Ilana Wexler (Ilana Glazer) di New York.

Dipuji sebagai salah satu komedi terlucu sepanjang masa, plot Broad City berpusat pada perjuangan Abbi dan Ilana untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sekaligus mengejar mimpi mereka. Apabila kamu tertarik dengan keseruan hubungan Ava dan Debora di Hacks, Broad City bisa menjadi alternatif tontonan. Persahabatan di serial ini juga lebih hangat ketimbang Hacks yang penuh ketegangan.

3. Grace and Frankie (2015)

Seperti Hacks, Grace and Frankie mengangkat isu tentang kehidupan perempuan saat memasuki lanjut usia. Serial ini bisa membuat kamu kecanduan menontonnya gara-gara tingkah kocak pasangan aneh, Grace (Jane Fonda) dan Frankie (Lily Tomlin). Grace adalah perempuan kaku yang tegang, sedangkan Frankie berjiwa bebas. Keduanya memutuskan tinggal bersama setelah suami mereka meninggalkan mereka.

Kisah keduanya mirip dengan Deborah di awal serial Hacks. Grace dan Frankie dipaksa untuk menemukan jati diri mereka di usia 70-an. Termasuk belajar untuk saling bergantung satu sama lain melalui bisnis, hubungan romantis, dan drama keluarga. Grace and Frankie bisa ditonton di Netflix.

4. The Other Two (2019)

Salah satu aspek yang membuat Hacks disukai penggemar adalah penggambaran positif tentang karakter LGBTQ+, seperti Ava, Marcus, dan Wilson. Serial lain sejenis Hacks adalah The Other Two. Serial komedi ini mengikuti tantangan dua saudara kandung, Brooke Dubek (Heléne Yorke) dan Cary Dubek (Drew Tarver) setelah adik laki-laki mereka, Chase Dubek (Case Walker) tiba-tiba menjadi terkenal.

Hacks dan The Other Two sama-sama mengangkat dinamika hubungan antara mentor dan mentee. Dua serial komedi ini juga kompak memberikan kritik sosial yang tajam tentang dunia hiburan, khususnya perjuangan seseorang bertahan di tengah tekanan industri media. Dengan humor cerdas dan mengocok perut, kamu bisa menonton The Other Two di HBO.

5. Only Murders in the Building (2021)

Serial komedi misteri ini mengisahkan hubungan tiga tetangga, Charles-Haden Savage (Steve Martin), Oliver Putnam (Martin Short), dan Mabel Mora (Selena Gomez). Savage adalah mantan aktor lawas, dan Putnam merupakan sutradara Broadway yang sudah tidak laku. Sedangkan Mora adalah seniman misterius. Ketiganya mulai dekat dan bersahabat setelah memulai podcast untuk menyelidiki pembunuhan di apartemen mereka, Upper West Side.

Only Murders in the Building memiliki persamaan dengan Hacks terkait lelucon tentang kesenjangan generasi. Seperti Hacks, serial ini juga mengangkat isu bisnis hiburan dengan cara yang lebih bisa dinikmati penonton. Serial Only Murders in the Building ini sekarang sudah masuk season 4 dan bisa ditonton di Disney+.

6. GLOW (2017)

GLOW mengikuti kisah persahabatan sekelompok perempuan miskin pada tahun 1980-an yang mengikuti ajang gulat khusus perempuan cantik. Serial komedi gemerlap ini juga fokus pada persahabatan antara Ruth Wilder (Alison Brie) dan Debbie Eagan (Betty Gilpin). Wilder adalah aktris yang sedang berjuang untuk sukses, sedangkan Eagan seorang mantan bintang sinetron.

Dalam komedi yang menyakitkan ini, persahabatan Wilder dan Eagan retak akibat pengkhianatan. Mirip Hacks, GLOW juga mengangkat rintangan yang dihadapi perempuan di dunia hiburan, di mana kekejaman dan kesetiaan sering bertabrakan. Baik Hacks dan GLOW juga sama-sama mengambil latar tempat di Las Vegas. Apabila kamu tertarik menonton GLOW, kamu bisa streaming di Netflix.

7. You're The Worst (2014)

You're The Worst mengisahkan tentang dua orang sinis, Gretchen Cutler (Aya Cash) dan Jimmy Shive-Overly (Chris Geere) yang senang merusak diri. Sampai pada akhirnya, keduanya tidak sengaja menjalin hubungan. Serial komedi gelap ini mendapatkan apresiasi positif karena menggambarkan dengan sempurna tentang depresi klinis.

You're The Worst begitu mirip dengan Hacks karena sama-sama mengandung homor yang tajam. Sebagai contoh di Hacks, karakter Deborah dan Ava sering melontarkan lelucon pedas yang menyakitkan, serta tidak memiliki sikap hormat. Aspek komedi ini dimiliki oleh You're The Worst yang bisa kamu tonton di Hulu.

8. Awkwafina is Nora from Queens (2020)

Awkwafina is Nora from Queens berkisah tentang perjuangan hidup Nora (Awkwafina), perempuan muda keturunan China dan Amerika yang tinggal di Queens, New York. Ia berusaha menggapai mimpinya dengan menghadapi masalah pribadi hingga kultural. Serial dari Comedy Central ini membuktikan bahwa tidak semua komedi harus gelap atau pedas agar bisa diterima penonton.

Awkwafina is Nora from Queens dan Hacks sama-sama menawarkan perjalanan pribadi seorang perempuan dalam menemukan jati diri dan kesuksesan. Meski latar belakang karakter perempuan sangat berbeda, tetapi keduanya ikut mengangkat isu feminis dengan humor yang cerdas. Awkwafina is Nora from Queens bisa ditonton maraton di CATCHPLAY+.

9. Shrill (2019)

Serial komedi Shrill mengisahkan kehidupan Annie Easton (Aidy Bryant) yang menghadapi body shaming sampai pelecehan di kantor. Situasi ini membuat Annie berjuang mengubah persepsi negatif tentang dirinya. Serial komedi ini menawarkan naskah cerdas dan akting berkelas yang akan membuat kamu betah menonton sampai akhir.

Kemiripan Shrill dan Hacks adalah mengangkat isu pemberdayaan dan perjuangan perempuan dalam melawan ekspektasi sosial yang menyakitkan. Kedua serial ini juga sama-sama memiliki karakter perempuan yang lucu dengan humor gelap. Jika kamu tertarik, serial Shrill bisa ditonton di Prime Video.

Verified Writer

Aryna Meliana

menyepi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya