TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Rekomendasi Film dengan Alur Unik, Bikin Mind Blowing dan Penasaran

Punya cerita dan alur yang kompleks

Gedung Bioskop (pexels.com)

Mengadopsi seni fotografi dan seni pertunjukan, perlahan dari waktu ke waktu, film menjelma menjadi sebuah industri hiburan yang mungkin tidak pernah dibayangkan akan sebesar hari ini. Dari segi formatnya, film adalah seni yang paling luas sekaligus akomodatif untuk menampung berbagai disiplin seni lainnya, seperti seni lukis, fotografi, seni pertunjukan, dan seni instalasi. Semua itu bisa kita lihat dalam satu frame yang utuh sebagai kesatuan cerita. 

Semenjak pertama kali gambar bergerak atau film ditemukan pada abad 19, film telah mengalami berbagai inovasi, baik dalam hal teknis, estetika, maupun cara bertuturnya. Seiring berkembangnya bentuk film, ini dia 4 rekomendasi film yang mampu membuat penontonnya berpikir dan masih mengundang diskusi di internet. 

1. Memento

Rekomendasi Film Memento (kompas.com)

Memento, sebuah film yang memiliki alur non-linear, mengikuti karakter utamanya, seorang pria yang menderita anterograde amnesia yang membuatnya hanya memiliki short-term memory, dalam mencari pembunuh istrinya. Dalam perjalanannya, ia terus menato dan memfoto semua hal yang terjadi untuk mengingat semua kejadian yang mungkin akan ia lupa.

Uniknya di film ini, kita akan melihat adegan hitam-putih yang menceritakan alur secara kronologis, dan adegan berwarna yang menceritakan alur secara terbalik. Pendekatan unik itu dilakukan oleh Christopher Nolan sebagai sutradara, untuk merepresentasikan kondisi mental si protagonis kepada penonton. Kedua alur hitam putih dan berwarna tersebut, akan bertemu di titik tengah alur yang akan menjadi satu kesimpulan dan keutuhan cerita. Terdengar membingungkan, bukan? Bersiap-siaplah untuk menontonnya dalam keadaan fresh dan fokus! 

Baca Juga: 4 Film Kolaborasi Tim Burton dan Winona Ryder, Bertema Gotik Semua!

2. Mr. Nobody

Rekomendasi Film Mr. Nobody (media-amazon.com)

Pernahkah kita membayangkan apa yang akan terjadi jika dalam satu titik dalam hidup, kita mencoba memilih jalan hidup yang lain. Misal, ketika kita kecil, kita lebih memilih belajar matematika dibandingkan harus bermain dengan tetangga. Atau ketika orang tua bercerai, kita lebih memilih untuk hidup sendiri dibandingkan harus memilih ayah ataupun ibu. Pertanyaan "What If" itulah yang diuji dalam film Mr. Nobody, yang dibintangi oleh Jared Leto dan disutradarai Jaco Van Dormael.

Film ini bercerita lewat protagonis, bernama Nemo Nobody. Di masa depan, Nemo Nobody yang sekarat menceritakan pengalaman hidupnya yang terbagi ke dalam 3 kemungkinan. Lewat alur yang rumit ini, sebagai penonton kita terus dibawa pada pertanyaan-pertanyaan tentang pilihan hidup dan makna dari hidup itu sendiri. 

3. Pintu Terlarang

Rekomendasi Film Pintu Terlarang (media-amazon.com)

Pintu Terlarang punya semua aspek yang membuat sebuah film dikatakan sebagai karya yang bagus. Akting brilian, desain produksi yang unik, alur cerita yang tak biasa, dan segala detail lainnya, tidak heran membuat film ini menjadi salah satu film terbaik dari Joko Anwar.

Bercerita tentang Gambir, seorang seniman patung yang sukses, suatu hari mendapati hidupnya berubah ketika ia mulai mendapatkan pesan dari seorang anak kecil yang meminta pertolongan darinya. Peristiwa itu perlahan membuka gemerlap kehidupan Gambir menjadi kesuraman yang tak berkesudahan. 

Sebuah psychological horror yang menyimpan teka-teki, misteri, dan keanehan yang tidak pernah kita temui di dalam kehidupan kita sehari-hari, namun mempertanyakan soal nilai-nilai yang dipercayai oleh masyarakat hari ini. Nikmati saja kebingungan Anda sepanjang film, sampai Anda tiba di babak akhir film yang akan membuat bulu kuduk Anda merinding dan pastinya mind blowing!

4. Inception

Rekomendasi Film Inception (media-amazon.com)

Inception menjadi film pertama yang memberikan Oscar pertama bagi Christopher Nolan, bukan sebagai sutradara, melainkan penghargaan sebagai untuk Skenario Asli terbaikBercerita tentang Cobb, seorang pencuri yang menggunakan teknologi untuk mencuri ide lewat mimpi, harus mengemban misi terakhirnya yang mustahil dilakukan demi kembali hidup bersama kedua anaknya. 

Dalam film bergenre sci-fi ini, Anda akan memasuki dunia mimpi yang berbahaya, membingungkan, tetapi disampaikan lewat perjalanan karakter utama yang emosional. Sampai hari ini ending dari film Inception yang menuai banyak interpretasi, masih menjadi pembahasan yang menarik di forum-forum diskusi film di internet. 

Jadi film mana saja yang sudah Anda tonton? Semoga rekomendasi ini membantu untuk Anda yang tengah mencari pilihan film untuk dinikmati, ya! 

Baca Juga: 4 Film Produksi Visinema Pictures yang Tembus Satu Juta Penonton Lebih

Writer

Harashta

12 Januari 1993

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya