TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Film 101: Mengenal 7 Subgenre Romance dalam Film

Peminatnya datang dari berbagai kalangan dan rentang usia!

cuplikan film 500 Days of Summer (dok. Fox Searchlight Pictures/500 Days of Summer)

Genre romance telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari industri perfilman. Kerap kali dianggap klise dan alurnya yang terlalu mudah ditebak, nyatanya peminat genre romance datang dari berbagai kalangan dan latar belakang. Hal tersebut tentu tidak lepas dari fakta bahwa cinta dan romansa telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Jadi, bukan hal sulit bagi para penontonnya untuk langsung terhubung dengan cerita yang disuguhkan.

Sesuai dengan tajuknya, genre romance berfokus pada kisah cinta yang romantis dan menawan. Genre yang satu ini juga mengeksplor hal-hal kompleks dalam suatu jalinan kasih mulai dari intimasi, gairah, hingga hubungan emosional yang terjalin di antara kararkter utamanya. Identik dengan happy ending dan cinta sejati, genre romance juga memuat aspek lain seperti tragedi dan unsur penyebab patah hati.

Sama seperti genre film lainnya, romance memiliki subgenre yang cukup beragam. Dari belasan subgenre yang ada saat ini, IDN Times akan mengajak kamu untuk membahasnya lebih dalam lagi. Yuk, kita bahas bersama!

1. Historical romance

cuplikan film Pride and Prejudice (dok. Universal Studios/Pride and Prejudice)

Pada umumnya film historical romance disadur dari sastra klasik karya penulis legendaris seperti Jane Austen, Sir Walter Scott, hingga Honoré de Balzac. Subgenre romance yang satu ini mengambil latar waktu pada satu era tertentu seperti abad 19. Film historical romance juga berpegang teguh pada nilai estetik dari era tersebut mulai dari norma sosial, adat istiadat, tata krama, hingga gaya berpakaian. Kombinasi antara gaya bahasa yang puitis, interaksi yang serba formal, dan bagaimana karakter utamanya jatuh cinta secara perlahan membuat film historical romance diminati banyak orang.

Pride and Prejudice, Potrait of a Lady of Fire, Anna Karenina, Bajirao Mastani, dan Midnight in Paris adalah beberapa judul film historical romance terbaik yang dibuat dalam satu dekade terakhir.

2. Romantic comedy

cuplikan film Flipped (dok. Caste Rock Entertainment/Flipped)

Tentunya kamu sudah tidak asing dengan subgenre romance yang satu ini. Menggabungkan unsur komedi, romantis, dan interaksi diantara karakter utama yang membuat penontonnya salah tingkah sendiri, tidak heran rasanya jika romantic comedy memiliki banyak penggemar. Meskipun terdengar picisan, siapa sangka membuat film romantic comedy ternyata bukan hal yang mudah. Memuat terlalu banyak humor atau terlalu meromantisasi hubungan karakter utamanya justru dapat membuat ceritanya klise dan murahan.

Roman Holiday, When Harry Met Sally, Pretty Woman, Four Weddings and a Funeral, Waiting to Exhale, Love Actually, dan Bridget Jones’s Diary adalah beberapa judul film romantic comedy terbaik yang tidak hanya sukses membuat penontonnya mesem-mesem sendiri tapi juga berhasil mengambil hati kritikus film.

Baca Juga: Film 101: Kupas Tuntas 7 Sub Genre Drama dalam Film

3. Romantic action

cuplikan film Mr. and Mrs. Smith (dok. Summit Entertainment/Mr. and Mrs. Smith)

Hampir serupa dengan romantic comedy, subgenre romance yang satu ini turut menyisipkan segmen aksi di dalamnya. Perpaduan antara action yang memacu adrenalin dan hubungan antara karakter utamanya yang penuh lika-liku memberikan sensasi menonton film yang mendebarkan dan membekas dalam ingatan para penontonnya.

Drive, Scott Pilgrim vs. The World, Baby Driver, Knight and Day, This Means War, dan Mr. & Mrs. Smith adalah sederet film romantic action terbaik yang wajib kamu tonton.

4. Romantic drama

cuplikan film The English Patient (dok. Miramax/The English Patient)

Sesuai dengan namanya, romantic drama lebih berfokus pada konflik yang kerap kali terjadi dalam suatu hubungan. Sebut saja cinta segitiga, perselingkuhan, perpisahan, dan hal-hal lainnya yang membuat hubungan antara karakter utamanya mengalami pasang surut. Kombinasi antara penulisan naskah, performa para aktor, sinematografi, serta scoring yang memikat menjadi kunci utama dalam menarik minat penonton. 

Casablanca, The English Patient, Marriage Story, In the Mood for Love, If Beale Street Could Talk, dan Blue Valentine adalah segelintir judul film romantic drama terbaik yang pernah dibuat dalam industri perfillman modern.

5. Romantic fantasy

cuplikan film About Time (dok. Universal Pictures/About Time)

Memadukan unsur fantasi di luar nalar dan romansa di antara karakter utamanya, romantic fantasy tidak hanya menyajikan sebuah premis yang menarik tapi juga visual yang memanjakan mata. Unsur fantasi yang digunakan pun beragam. Mulai dari negeri dongeng, time travel, bajak laut, monster, dan masih banyak lagi.

About Time, Enchanted, Beauty and the Beast, The Time Traveler’s Wife, The Lake House, dan The Age of Adaline adalah sederet film romantic fantasy terbaik yang wajib kamu tonton paling tidak sekali.

6. Romantic thriller

cuplikan film Decision to Leave (dok. Moho Film/Decision to Leave)

Sesuai dengan namanya, subgenre romantic thriller berkutat pada misteri atau konflik lainnya yang menegangkan serta romansa yang terjalin di antara karakter utamanya. Romantic thriller populer pada tahun 80-an lewat kesuksesan film Fatal Attraction dan Sea of Love.

Gone Girl, The Handmaiden, Nocturnal Animals, Reminiscence, dan Decision to Leave adalah beberapa judul film romantic thriller terbaik yang dibuat dalam satu dekade terakhir.

Baca Juga: 10 Film Netflix Terbaru 2023, Didominasi Genre Action dan Thriller!

Verified Writer

Febby Arshani

Akwoakwoakwoak

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya