TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Megalopolis, Film Terbaru Francis For Coppola

Coppola keluarkan 120 juta dolar AS dari kantong pribadinya

teaser poster Megalopolis (instagram.com/francisfordcoppola)

Lineup Cannes Film Festival ke-77 telah diumumkan pada Kamis (11/4/2024) waktu setempat. Sejumlah sineas ikonik ikut berpartisipasi dalam lini in competition, mulai dari Yorgos Lanthimos dengan Kinds of Kindness, Paul Schrader dengan Oh, Canada, David Cronenberg dengan The Shrouds, hingga Francis Ford Coppola dengan Megalopolis.

Direktur Cannes Film Festival, Thierry Frémaux, menyebutkan bahwa akan menjadi sebuah kehormatan baginya jika film teranyar Coppola menjadi bagian dari festival film bergengsi tersebut. Sebelumnya, sutradara The Godfather Trilogy tersebut dirumorkan tengah mempertimbangkan menayangkan Megalopolis secara perdana antara Cannes, Venice, dan Toronto Film Festival.

Megalopolis sendiri merupakan film paling ambisius yang pernah digarap oleh Francis Ford Coppola di sepanjang karirnya. Mengalami banyak kendala dalam proses pembuatannya, berikut ini beberapa fakta film Megalopolis yang ternyata diproduksi menggunakan dana pribadi sutradara!

Baca Juga: 10 Film Korea Ini Pernah Tayang di Midnight Screenings Festival Cannes

1. Proyek Megalopolis sudah tercetus sejak 1980-an

behind the scene Megalopolis (instagram.com/francisfordcoppola)

Ide pembuatan Megalopolis ada sejak Francis Ford Coppola sibuk menggarap Apocalypse Now (1979). Draft naskah pertamanya baru benar-benar ditulis pada awal 1980-an.

Coppola sempat menyampaikan niatnya untuk menggarap Megalopolis pada sejumlah studio. Sayangnya, tidak ada satu pun rumah produksi yang bersedia membantunya mewujudkan proyek film impian tersebut. Mau tak mau, Coppola harus merelakan proyek tersebut dan fokus pada film lain yang lebih komersil.

Di ulang tahunnya yang ke-80 pada 2019 lalu, Francis Ford Coppola mengumumkan bahwa dirinya akan menggarap proyek film impiannya. Terhambat pandemik COVID-19, Megalopolis baru memulai proses produksinya pada November 2022. Sempat diterpa isu kurang mengenakan soal banyaknya kendala dan kehabisan biaya, proses pengambilan gambar Megalopolis telah rampung pada Maret 2023.

2. Diproduksi dengan uang pribadi Francis Ford Coppola

sutradara Francis Ford Coppola (festival-cannes.com | dolcemag.com)

Francis Ford Coppola harus menerima penolakan dari banyak rumah produksi. Bukan tanpa alasan, ongkos produksi Megalopolis yang fantastis serta premisnya yang eksperimental dinilai terlalu beresiko dan rawan gagal di pasaran. Ditambah Coppola yang kerap kali berseteru dengan para eksekutif studio karena merasa dibatasi kreativitasnya, semakin kecil peluang bagi Megalopolis untuk diproduksi.

Mangkrak hampir 4 dekade, akhirnya Francis Ford Coppola memutuskan untuk memproduksi Megalopolis dengan uang pribadinya. Dilansir Deadline, Coppola menjual porsi sahamnya di perusahaan anggur miliknya, Francis Ford Coppola Winery, agar dapat membiayai produksi film tersebut.

Megalopolis diperkirakan menelan biaya produksi sebesar 120 juta dolar AS atau setara Rp1,9 triliun. Sebelumnya Coppola pernah mendanai filmnya sendiri, Twixt (2011) dan Tetro (2009), melalui rumah produksinya American Zoetrope.

3. Menggabungkan sci-fi dan mitologi Romawi

ilustrator Chris Ryall dan sutradara Francis Ford Coppola (instagram.com/francisfordcoppola)

Francis Ford Coppola menyebutkan bahwa Megalopolis dibuat berdasarkan The Second Catiline Conspiracy–sebuah upaya kudeta yang dilakukan oleh Lucius Sergius Catilina untuk menggulingkan senator Marcus Tullius Cicero dan mengambil alih kekuasaan Romawi pada 63 SM. Coppola lalu mengawinkan mitologi Romawi dengan genre sci-fi lewat pemilihan set yang berlangsung di masa depan di sebuah kota perpaduan antara New York dan Romawi Kuno bernama New Rome.

Hingga saat ini, masih belum diketahui plot dari Megalopolis. Dilansir Deadline, Megalopolis berfokus pada kehidupan di masa depan yang damai berada diambang kehancuran akibat konflik ambisi politik dan cinta yang rumit.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Film Aksi Dibintangi Emily Blunt, Terbaru The Fall Guy

4. Dibintangi sederet aktor A-lister Hollywood

behind the scene Megalopolis (nypost.com)

Dalam proyek film paling ambisius di sepanjang karirnya, Francis Ford Coppola menggaet sederet aktor Hollywood ternama. Adam Driver, Forest Whitaker, Nathalie Emmanuel, dan Laurence Fishburne mengisi jajaran cast utama dalam Megalopolis.

Tidak berhenti sampai di situ, sejumlah nama besar ikut membintangi Megalopolis. Sebut saja Dustin Hoffman, Giancarlo Esposito, Jon Voight, Aubrey Plaza, Jason Schwartzman, Shia LaBeouf, Talia Shire, Grace VanderWaal, dan masih banyak lagi. 

5. Hasil screening yang campur aduk

behind the scene Megalopolis (gq.com)

Francis Ford Coppola telah mengadakan screening yang digelar di Universal City Walk IMAX Theater pada 28 Maret 2024. Screening tersebut dihadiri 300 orang yang terdiri dari kolega, keluarga, serta sejumlah perwakilan dari studio dan distributor film raksasa. 

Digambarkan sebagai perpaduan antara Ayn Rand (1998), Metropolis (1927), dan Caligula (1979), Hasil screening-nya pun terbilang cukup beragam. Dilansir Screenrant, mayoritas audiensnya kebingungan dengan betapa unik dan eksperimentalnya film ini. Beberapa di antaranya bahkan menyebut kecil kemungkinan bagi Megalopolis untuk dibeli oleh studio maupun distributor mengingat tidak memiliki prospek komersial sama sekali.

Megalopolis akan bersaing dengan 19 judul film lainnya di lini in competition untuk memenangkan Palme d’Or. Cannes Film Festival ke-77 akan digelar pada 14—25 Mei 2024 mendatang. Megalopolis sendiri dijadwalkan melakukan penayangan perdananya di The Palais pada 17 Mei 2024.

Baca Juga: 5 Film Kaouther Ben Hania, Suara Timur Tengah di Cannes dan Oscar

Verified Writer

Febby Arshani

hehe

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya