TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Film Panjang yang Disutradarai Sabrina Rochelle, Ada Home Sweet Loan

Semua menyuguhkan kisah yang berbeda

poster film Home Sweet Loan (instagram.com/homesweetloanfilm)

Sabrina Rochelle Kalangie merupakan sutradara muda yang sudah menggarap sejumlah film dan series. Perempuan kelahiran 1992 tersebut pernah masuk nominasi Penyutradaraan Terpilih dalam Piala Maya 2023 melalui salah satu film garapannya. Gak cuma sebagai sutradara, ia juga turut menulis skenario dalam sejumlah film yang digarapnya.

Penasaran seperti apa film garapan Sabrina Rochelle? Kamu dapat menyaksikan melalui beberapa film panjang garapannya. Ada yang segera tayang!

1. Terlalu Tampan (2019)

cuplikan film Terlalu Tampan (Dok. Visinema Pictures/Terlalu Tampan)

Terlalu Tampan (2019) merupakan film panjang pertama yang digarap Sabrina Rochelle sebagai sutradara. Film yang diadaptasi dari webtoon itu mengantarkannya dalam nominasi Penyutradaraan Berbakat Film Panjang Karya Perdana Terpilih versi Piala Maya 2020. Meski belum berhasil memenangkan penghargaan, tapi cukup diminati dan ditayangkan ulang di Netflix.

Film tersebut mengisahkan Witing Tresno Jalaran Soko Kulino atau Mas Kulin (Ari Irham) yang memiliki paras tampan di atas rata-rata. Ternyata, ketampanan tidak selalu mendatangkan keberuntungan. Ia mendapatkan banyak sorotan saat berada di luar, hal ini membuatnya harus menghabiskan lebih banyak waktu di rumah.

Saat memasuki usia SMA, keluarganya berencana untuk membuat Mas Kulin keluar dari rumah. Alhasil, Mas Kulin bersekolah di SMA Horridson, sebuah sekolah khusus laki-laki. Ia pun bertemu dengan Kibo (Calvin Jeremy) yang bakal menjadi sahabatnya.

Ia masih menjadi sorotan, terutama bagi kaum hawa yang bersekolah di SMA BBM, sekolah khusus perempuan. Bahkan, Amanda (Nikita Willy), perempuan tercantik dan populer di SMA tersebut turut terpesona. Namun, berbeda halnya dengan Rere (Rachel Amanda) yang justru tidak tertarik pada paras tampan Mas Kulin. Lantas, apa lagi yang harus dihadapi Mas Kulin?

Baca Juga: 5 Cerita di Balik Pembuatan Film Home Sweet Loan, Take di Halte Tebet

2. Noktah Merah Perkawinan (2022)

cuplikan film Noktah Merah Perkawinan (Dok. Rapi Films/Noktah Merah Perkawinan)

Noktah Merah Perkawinan (2022), film lain garapan Sabrina Rochelle yang jauh berbeda dari sebelumnya. Film adaptasi sinetron berjudul serupa itu mengusung konflik dalam rumah tangga. Perkawinan yang sudah bertahun-tahun pun tak luput dari masalah, mulai campur tangan orang tua hingga hadirnya orang ketiga.

Ambar (Marsha Timothy) dan Gilang (Oka Antara) merupakan pasangan suami istri yang telah mengarungi bahtera rumah tangga selama belasan tahun. Mereka telah dikaruniai dua orang anak bernama Bagas (Jaden Ocean) dan Ayu (Alleyra Fakhira). Keluarga mereka tidak selalu baik-baik saja, ada konflik besar yang harus dihadapi.

Konflik pertama yang cukup memengaruhi keharmonisan keluarga Ambar dan Gilang, yakni kedua orang tua mereka terlalu ikut campur urusan rumah tangga. Masalah belum selesai dan Gilang yang cenderung menghidar saat diajak membahasnya. Hadirnya orang ketiga bernama Yuli (Sheila Dara) memperkeruh suasana.

Gilang mulai dekat dengan Yuli sejak mengerjakan proyek taman milik Kemal (Roy Sungkono), kekasih Yuli. Hadirnya Yuli di tengah konflik rumah tangga membawa kenyamanan bagi Gilang. Sayangnya, Yuli juga jatuh cinta pada Gilang yang akhirya membuatnya terjebak dalam situasi sulit.

Di sisi lain, Ambar tentu sakit hati dan kecewa mengetahui hal tersebut. Ia sempat berusaha keras untuk mempertahankan rumah tangganya. Kemudian, ia kembali mempertanyakan apakah pernikahannya pantas diselamatkan atau tidak?

3. Home Sweet Loan (2024)

poster film Home Sweet Loan (instagram.com/homesweetloanfilm)

Film garapan Sabrina Rochelle selanjutnya ada Home Sweet Loan (2024). Berbeda lagi dari kedua film selanjutnya, kali ini sang sutradara mengangkat kisah yang relate dengan realitas generasi sandwich saat ini. Melalui film tersebut, ia justru ingin menyampaikan kehidupan yang sejujur-jujurnya, hal-hal yang sering dialami dan sianggap biasa, tapi enggan dibicarakan.

Home Sweet Loan (2024) dibintangi oleh Yunita Siregar, Derby Romero, Risty Tagor, dan Dita Anggriani. Film itu ditayangkan di bioskop Indonesia mulai 26 September 2024. Sebelumnya, tur premier di sejumlah kota di Indonesia telah berlangsung sejak 20 September 2024.

Kaluna (Yunita Siregar) bermimpi dapat keluar dari rumah orang tuanya dan memiliki rumah sendiri. Bermodal tabungan yang sudah susah payah dikumpulkannya selama ini. Sayangnya, impian tersebut tidak dapat diwujudkan begitu saja, sejumlah masalah membuat Kaluna harus memilih antara keluarga atau impian.

Film yang diadaptasi dari novel karya Almira sama itu, tidak hanya menyajikan kisah perjuangan Kaluna sebagai individu. Keberadaan teman-temanya seperti Tanisha (Risty Tagor), Miya (Fita Anggriani), dan Danan (Derby Romero) menjadi hal berharga yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Latar belakang yang berbeda pun bukan menjadi halangan untuk saling support.

Ketiga film panjang garapan Sabrina Rochelle tersebut menyuguhkan kisah yang beragam. Mulai dari yang ringan dengan sentuhan komedi alaTerlalu Tampan (2019), konflik berat yang bikin geregetan di Noktah Merah Perkawinan (2022), hingga Home Sweet Loan (2024) yang bisa bikin mewek. Ada yang relate dengan pengalaman hidupmu?

Baca Juga: Lirik Lagu Berakhir di Aku - Idgitaf, OST Film Home Sweet Loan

Verified Writer

Fatma Roisatin Nadhiroh

🌏

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya