TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

8 Rekomendasi Film Bertema Dunia Kerja yang Tayang di Netflix  

Bisa jadi gambaran buat kamu yang akan masuk ke dunia kerja

Cuplikan film The Intern (instagram.com/theinternmovie)

Tak jarang sebuah film dijadikan sarana untuk menggambarkan suatu fase kehidupan yang dijalani seseorang. Salah satu fase kehidupan yang sering dijadikan film adalah fase di mana seseorang memasuki atau sedang berada dalam dunia kerja. Adanya film dengan tema dunia kerja sendiri juga punya banyak manfaat.

Mulai dari penonton akan mengetahui sedikit bocoran mengenai lika-liku di dunia kerja, memberikan inspirasi dan motivasi bagi para pekerja yang ingin sukses berkarier, hingga menjadi hiburan untuk melupakan sejenak hari-hari berat setelah bekerja di kantor. Nah, buat kamu yang sedang mencari film di aplikasi Netflix bertema dunia kerja, langsung aja simak delapan rekomendasi film berikut ini yuk!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film Bertema Perang Dunia II Terbaik yang Wajib Ditonton

1. Sweet & Sour (2021)

Sweet & Sour adalah sebuah film Korea dengan genre romance dan comedy. Film ini menyuguhkan kisah cinta Jang Hyuk (Jang Ki Yong), pekerja kantoran yang sibuk dan Da Eun (Chae Soo Bin), seorang perawat di sebuah rumah sakit. Mulanya hubungan mereka selalu dipenuhi dengan canda tawa dan rasa sayang yang mendalam.

Namun, seiring berjalannya waktu karena kesibukan pekerjaan masing-masing rasa cinta di antara mereka yang dulu membara perlahan-lahan mulai memudar. Hubungan di antara mereka pun semakin buruk ketika Jang Hyuk bertemu dengan Bo Yeong (Krystal Jung) yang menjadi koleganya di tempat kerja.

2. Second Act (2018)

Second Act adalah film komedi romantis Amerika yang rilis pada tahun 2018. Film ini menceritakan tentang seorang wanita pekerja keras yang bekerja sebagai pelayan toko bernama Maya (Jennifer Lopez). Suatu hari, pusat perbelanjaan tempat Maya bekerja akan diubah menjadi pusat komunitas (community centre).

Karena keinginan Maya untuk memperbaiki nasibnya sangatlah besar, ia pun memberanikan diri untuk melamar posisi manajer di pusat komunitas tersebut. Namun, bosnya lebih memilih seorang pria lulusan perguruan tinggi dikarenakan Maya tidak memiliki gelar. Akhirnya ia mencoba cara lain dengan memalsukan resume untuk melamar pekerjaan di berbagai perusahaan besar.

Baca Juga: 7 Film dan TV Series Bertema Distopia Diadaptasi dari Novel

3. Get a Job (2016)

Get a Job adalah film yang berfokus pada kisah Will (Miles Teller) yang baru saja menyelesaikan kuliahnya, berhasil mendapatkan pekerjaan di sebuah perusahaan multimedia. Namun, ia harus beradaptasi dengan cara kerja pimpinannya, Lawrence Willheimer (Bruce Davison) yang super teliti dan Katherine Dunn (Marcia Gay Harden) yang kaku dan ketat pada panduan kerja.

Kenyataan yang terjadi ternyata tak sesuai harapan Will, ia tak mampu mengikuti ritme kerja perusahaannya. Sementara teman-temannya, Jillian (Anna Kendrick), Charlie (Nicholas Braun), Luke (Brandon T. Jackson), dan Ethan (Christopher Mintz Plasse) juga sedang menghadapi masalah di tempat kerjanya. Akhirnya Will mengambil sebuah keputusan yang sangat berisiko untuk menciptakan peluang kerja untuk dirinya dan teman-temannya.

4. My Stupid Boss (2016)

My Stupid Boss adalah film Indonesia yang menceritakan tentang kisah Diana (Bunga Citra Lestari) yang baru saja pindah ke Malaysia mengikuti suaminya, Dika (Alex Abbad) merasa bosan menganggur. Dika pun merekomendasikan untuk melamar bekerja di perusahaan milik temannya. Setelah melamar, akhirnya Diana pun diterima di perusahaan milik teman Dika.

Perusahaan tersebut dipimpin pria asal Indonesia yang bertubuh gendut dengan kepala hampir botak dan kerap dipanggil Bossman (Reza Rahadian). Awalnya Diana mengira bekerja dengan atasan orang Indonesia akan membuatnya lebih mudah menjalankan tugas. Namun, nyatanya tidak, karena Bossman adalah atasan yang jahil, menyebalkan, pelit, dan selalu merasa benar.

5. Steve Jobs (2015)

Steve Jobs adalah sebuah film yang berpusat pada kisah perjalanan hidup Steve Jobs (Ashton Kutcher) saat menjadi mahasiwa kurang mampu hingga sukses mendirikan perusahaan bernama Apple. Kala itu, ia harus dropout karena tidak bisa membayar biaya pendidikan yang tinggi di Reed College. Namun, karena kesungguhannya Dekan Jack Dudman (James Woods) mengizinkan Jobs untuk mengikuti sejumlah kelas yang ia sukai.

Di kelas kaligrafi, ia bertemu Daniel Kottke (Lukas Haas) yang senang melihat Jobs mambaca buku Be Here Now oleh Baba Ram Dass. Berkat ilham dari buku tersebut, mereka berdua pun berkelana ke India. Setelah kembali ke California, Jobs bertemu Steve Wozniak (Josh Gad) yang cerdas dan bertalenta tinggi. Dari pengalaman berkelananya dan pertemuannya dengan Wozniak lah muncul ide dari Steve Jobs untuk mendirikan perusahaan teknologi sendiri.

6. The Intern (2015)

The Intern adalah sebuah film yang menceritakan tentang kehidupan Ben Whittaker (Robert DeNiro), pria pensiunan berusia 70 tahun. Merasa tidak biasa menjadi pengangguran, ia melamar menjadi karyawan magang senior di perusahaan online shop bernama About the Fit. Sang pimpinan Jules Ostin (Anna Hathaway) awalnya meragukan Ben, namun seiring berjalannya waktu hati Jules luluh juga karena Ben selalu bekerja lebih awal hingga lembur.

Suatu hari Ben berhasil merapikan sebuah meja di kantor yang selama ini selalu berantakan. Ben juga membantu mengantarkan Jules pulang saat bosnya itu mabuk. Tak hanya masalah pekerjaan, Ben bahkan hadir saat Jules memiliki masalah dengan suaminya, Matt (Anders Holms). Ben sangat loyal terhadap Jules, hal itulah yang membuat Jules mengagumi sosok Ben.

7. The Wolf of Wall Street (2013)

The Wolf of Wall Street merupakan film berdurasi 179 menit yang menceritakan tentang kisah nyata seorang pialang saham Wall Street yang awalnya bekerja untuk perusahaan L. F. Rothschild bernama Jordan Belfort (Leonardo DiCaprio). Namun akhirnya ia mendirikan perusahaan sendiri bersama temannya Donnie Azoff (Jonah Hill).

Mereka berdua yang sedang membangun perusahaannya ternyata dapat meraih kesuksesan dan menghasilkan banyak uang. Sayangnya, seiring berjalannya waktu mereka terlibat dalam bisnis ilegal yang membuat keduanya berurusan dengan polisi. Jordan yang melakukan sejumlah bisnis ilegal seperti pencucian uang harus membayarnya di dalam penjara. 

Baca Juga: 6 Fakta White Noise, Film Bertema Disaster Terbaru Karya Noah Baumbach

Verified Writer

fara afifah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya