TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Biodata dan Profil Ticya, Penyanyi Lagu Berlari Dalam Mimpi

Penampilan Ticya kerap terinspirasi dari idol KPop

Ticya (IDN Times/Erfah Nanda)

Jakarta, IDN Times - Ticya menjadi salah satu penyanyi pendatang baru yang tengah merilis single kedua berjudul "Berlari Dalam Mimpi" pada 6 September 2024. Memiliki kemampuan dalam bernyanyi dan nge-dance, ternyata bakat tersebut bukan berasal dari darah keturunan.

Sebab, Ticya mengatakan kedua orangtuanya tidak ada yang terjun sebagai penyanyi. Namun, ia sudah memiliki bakat bernyanyi dan berani tampil sejak usia 2 tahun. Berikut biodata dan profil Ticya serta perjalanan kariernya.

1. Biodata dan profil Tiyca

Ticya (IDN Times/Erfah Nanda)
  • Nama lengkap: Mgaret Herticya Honanadar
  • Nama panggung: Ticya
  • Nama panggilan: Ticya atau Cya
  • Tanggal lahir: 15 Maret 2000
  • Usia: 24 tahun
  • Anak ke-: tunggal
  • Pekerjaan: Penyanyi
  • Tahun aktif: 2023 - sekarang
  • Instagram: @ticyacya

2. Awal mula Ticya terjun jadi penyanyi, sudah suka tampil sejak usia 2 tahun

Ticya (IDN Times/Erfah Nanda)

Ticya menceritakan sudah berani tampil, bernyanyi, hingga dance sejak usianya masih 2 tahun. Awalnya hanya sekadar hobi, Ticya akhirnya tertarik ingin menekuni dunia tarik suara ini.

"Keluarga aku sama sekali gak ada yang terjun ke bidang entertainment atau musik atau nyanyi. Jadi gak tahu kenapa, sih, emang dari akunya aja . Kalau cerita dari orangtua aku, melihat aku kayak sering nyanyi sendiri, suka tampil. Jadi mungkin dari situ orangtua aku melihat sisi berbeda itu," ceritanya saat berkunjung ke kantor IDN pada Rabu (25/9/2024).

Baca Juga: Biodata MYAH, Member ODDYOUTH yang Pertama Diumumkan 

3. Ticya les vokal saat pandemik sebelum debut

Ticya (IDN Times/Erfah Nanda)

Memasuki usia 20 tahun, Ticya meminta izin kepada kedua orangtua untuk menjajaki karier sebagai penyanyi. Sampai akhirnya, Ticya boleh menjadi penyanyi asal harus membuktikan kesuksesannya.

"Pas bertambahnya usia juga kayaknya aku udah lebih ngerti kalau aku beneran suka untuk nyanyi. Jadi aku minta, kayak boleh gak sih diseriusin. Keluarga akhirnya mendukung, tapi dengan tekanan harus membuktikan," ungkapnya.

Ticya mulai mengikuti les vokal sebagai penyanyi profesional saat pandemik COVID-19 pada tahun 2020 lalu. Ia juga sempat merasakan diskusi dan latihan bernyanyi secara online.

"Mulai kayak serius belajar kayak profesional bareng vocal coach gitu dari tahun 2020 sampai sekarang, sih. Pas pandemik itu sempat ngerasain lewat zoom, sempat susah ketemu," lanjut Ticya.

Pada tahun 2023, Ticya pun debut lewat single perdananya berjudul "Go Solo." Jika lagu itu upbeat dan nge-dance, Ticya yang ingin lebih related dengan industri kemudian kembali dengan single kedua, "Berlari Dalam Mimpi," pada 2024.

4. Daftar karya Ticya, ingin menunjukkan beragam penampilan

Ticya (IDN Times/Erfah Nanda)

Meski baru terjun sebagai penyanyi, Ticya ternyata sudah merilis beberapa single lagu yang memiliki warna berbeda. Berikut adalah daftarnya:

  • "Go Solo" (2023)
  • "Berlari Dalam Mimpi (2024)

Ticya mengatakan akan merilis beberapa lagu lagi. Ia ingin punya berbagai lagu yang mewakili dirinya dari berbagai sisi.

"Aku masih ada beberapa single baru yang ke depannya aku bakal rilis dan aku juga masih ingin menunjukkan sisi Ticya yang berbeda-beda, jadi beragam, mungkin galau-galau hingga cheerful," tambah Ticya.

5. Fakta unik Ticya, ternyata seorang KPopers

Ticya (IDN Times/Erfah Nanda)

Diam-diam, Ticya ternyata merupakan KPopers, lho. Ia menyukai banyak idola yang bingung kalau harus memilih. Namun saat wawancara ini berlangsung, Ticya mengaku sedang suka banget sama Mingyu SEVENTEEN. Berikut adalah fakta unik Ticya lainnya:

  • Ticya memiliki hobi dan ahli dalam baking atau membuat kue
  • Ticya tidak pernah ikut kompetisi bernyanyi
  • Saat kecil, ia pernah pandai bermain piano
  • Ticya merupakan seorang KPopers
  • Idol favoritnya adalah NewJeans, SEVENTEEN, BLACKPINK, hingga EXO
  • Ticya juga penikmat drama Korea

Dari hobi dan kegiatan seharinya, tak heran jika Ticya melihat idol Korea sebagai panutannya dalam tampil hingga bernyanyi. Kamu sudah dengar lagu-lagunya Ticya belum, nih?

Baca Juga: Biodata dan Profil Shohei MYTRO, Dulunya Eks SM Rookies

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya