TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Sekuel Film Hollywood yang Gagal Dibuat, Kenapa ya?

Ada yang karena sepi peminat, nih!

cuplikan film Green Lantern (dok. Warner Bros/Green Lantern)

Hollywood sering kali mencari cara untuk memanfaatkan kesuksesan film-film populer dengan membuatkan sekuel. Namun, tidak semua ide pembuatan sekuel merupakan langkah yang tepat. Terkadang, sebuah film tertentu tidak membutuhkan sekuel atau para pemerannya enggan untuk membintangi sekuel tersebut.

Alasan-alasan di atas membuat beberapa sekuel film tidak pernah terealisasi. Tanpa disangka-sangka keputusan tersebut mungkin menjadi langkah yang bijak. Berikut adalah daftar rencana sekuel film Hollywood yang gagal dibuat karena bisa saja merusak reputasi dari film-film aslinya.

1. Gladiator 2 versi Nick Cave

cuplikan film Gladiator (dok. Universal Pictures/Gladiator)

Setelah kesuksesan besar Gladiator pada tahun 2000, beredar banyak ide sekuel dalam industri film. Salah satunya adalah skrip yang ditulis oleh musisi terkenal Nick Cave. Ia dikenal lewat lagunya yang menjadi soundtrack dalam Peaky Blinders (2013) dan Harry Potter and the Deathly Hallows: Part 1 (2010).

Skrip ini menghadirkan kisah Maximus yang kembali dari kematian dalam dunia Elysium serta menggabungkan unsur mitologi Romawi. Namun, ide ini dianggap terlalu fantastis dan jauh dari kesan film aslinya sehingga gagal dibuat.

2. The Departed 2

cuplikan film The Departed (dok. Warner Bros/The Departed)

The Departed (2006) merupakan remake Hollywood yang sukses dari film Hong Kong yang berjudul Infernal Affairs (2002). Film ini dibintangi oleh aktor-aktor ternama seperti Leonardo DiCaprio, Vera Farmiga, dan Matt Damon. Terdapat pula rencana untuk membuat sekuel film ini karena kepopulerannya.

Mark Wahlberg pernah mencoba membuat naskah untuk The Departed 2 yang sebenarnya akan menjadi prekuel dan sekuel seputar film pertama. Namun, mengingat hampir semua karakter mati di film pertama, melanjutkan ceritanya akan menjadi tantangan tersendiri sehingga tidak jadi dibuat.

3. The Dark Knight 4

cuplikan film The Dark Knight Rises (dok. Warner Bros/The Dark Knight Rises)

Trilogi The Dark Knight (2008) telah dibuat dengan baik oleh sutradara Christopher Nolan, meskipun film ketiga kurang sempurna. Terdapat rencana untuk menghidupkan kembali Batman dalam sekuel berikutnya yang akan diperankan oleh Joseph Gordon-Levitt. Namun, hal ini dikhawatirkan akan merusak akhir cerita yang sudah begitu baik.

Warner Bros sempat mendekati Christian Bale dan sutradara Christopher Nolan untuk kembali membuat film lain. Meskipun ada minat dari sang aktor untuk kembali berperan sebagai Batman jika Nolan menyutujui, sutradara tersebut sudah menolak untuk melanjutkan trilogi tersebut.

Baca Juga: 10 Film Aksi Terbaik Hollywood yang Gagal Untung di Box Office

4. Green Lantern 2

cuplikan film Green Lantern (dok. Warner Bros/Green Lantern)

Green Lantern (2011) dianggap sebagai salah satu film superhero terburuk sepanjang masa. Awalnya film ini direncanakan untuk memiliki beberapa sekuel dan menjadi bagian dari DC Universe. Namun, ide untuk melanjutkan film ini dengan sekuel, Green Lantern 2, dibatalkan karena kegagalan film pertama.

Terdapat adegan post-credit Green Lantern yang menampilkan Mark Strong sebagai Sinestro. Ia berubah menjadi penjahat Yellow Lantern. Sayangnya, sekuel ini tidak pernah terealisasi sampai sekarang.

5. Independence Day 3

cuplikan film Independence Day: Resurgence (dok. 20th Century Fox/Independence Day: Resurgence)

Independence Day (1996) menjadi salah satu film terlaris dan paling populer pada tahun 1990-an. Setelah puluhan tahun lamanya, sekuel film ini, yaitu Independence Day: Resurgence akhirnya dirilis pada tahun 2016.

Sebelumnya terdapat rencana untuk membuat sekuel ketiga yang akan melibatkan misi luar angkasa. Namun, pembuatan sekuel ini dibatalkan karena film sebelumnya dinilai buruk oleh para kritikus dan dianggap gagal di box office

6. The Golden Compass 2

cuplikan film The Golden Compass (dok. New Line Cinema/The Golden Compass)

Film The Golden Compass (2007) dianggap sebagai salah satu adaptasi buku fantasi yang paling mengecewakan. Meskipun adaptasinya dibintangi oleh hebat seperti Daniel Craig, Nicole Kidman, Eva Green, dan Ian McKellen, film ini tidak berhasil di box office.

Setelah film pertama gagal, rencana untuk melanjutkan franchise dengan dibuatnya sekuel pun dibatalkan. Pasalnya, melanjutkan film tanpa elemen-elemen kunci dari novel kemungkinan akan menghasilkan sekuel yang berantakan.

7. Gods Of Mars

cuplikan film John Carter (dok. Disney/John Carter)

John Carter (2012) merupakan salah satu film Disney yang gagal di box office. Padahal, awalnya film ini direncanakan akan menjadi franchise baru yang dibintangi Taylor Kitsch. Sekuel film ini, yakni Gods of Mars, akan dibuat tidak lama setelah tayang di bioskop.

Namun, rencana pembuatan sekuel segera dibatalkan beberapa bulan setelah John Carter dirilis. Hal ini karena film yang tayang pada tahun 2012 ini kurang mendapatkan hype yang diinginkan. Apalagi John Carter mendapatkan ulasan buruk dari para kritikus film.

8. Ei8ht

cuplikan film Se7en (dok. Warner Bros/Se7ven)

Se7en (1995) yang dibintangi Brad Pitt dan Morgan Freeman bukanlah film yang membutuhkan sekuel. Tetapi karena kesuksesannya, film ini direncanakan memiliki sekuel yang berjudul Ei8ht. Rencana sekuel dikemukakan kepada David Fincher, Brad Pitt, dan Morgan Freeman, yang semuanya menolak untuk berpartisipasi.

Ei8ht rencananya akan menghadirkan karakter FBI yang menggunakan seorang cenayang untuk melacak seorang pembunuh berantai. Ide ini akhirnya digunakan untuk film lain yang berjudul Solace pada tahun 2015 tetapi tidak begitu berhasil.

9. Gump & Co.

cuplikan film Forrest Gump (dok. Paramount Pictures/Forrest Gump)

Setelah kesuksesan Forrest Gump (1995), terdapat wacana untuk membuat sekuel film ini. Bahkan, sang penulis, Winston Groom, sudah menulis novel berjudul Gump & Co. Sayangnya, sang aktor yaitu Tom Hanks dan sutradara Robert Zemeckis tidak mengekspresikan minat untuk kembali dalam sekuel.

Meskipun peristiwa 9/11 menjadi faktor utama film ini gagal dilanjutkan, Tom Hanks juga mengatakan bahwa percakapan mengenai sekuel tersebut bahkan tidak berlangsung satu jam sebelum mereka memutuskan untuk membatalkannya. 

Baca Juga: 10 Film Aksi Terbaik Hollywood yang Gagal Untung di Box Office

Verified Writer

Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya