TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

⁠Penjelasan Ending Film Sakaratul Maut menurut Sutradara

Jin nasab masih ada dan belum hilang?

Gambar Poster Film " Sakaratul Maut " ( gambar : Istimewa )

Jakarta, IDN Times - Film Sakaratul Maut sudah dirilis pada 1 Agustus 2024 di bioskop. Gak cuma keluarga Pak Wiryo, penonton pun ikut diteror dengan kemunculan jin nasab.

Di penghujung cerita, adegan seram yang menampilkan jin nasab membuat penonton menebak-nebak. Apakah jin penjaga tersebut belum menghilang? Simak penjelasan ending-nya menurut sutradara Sidharta Tata di bawah ini!

Peringatan: artikel ini mengandung spoiler!

1. Jinnya masih belum hilang walau sudah ada ritual

cuplikan film Sakaratul Maut (youtube.com/Rapi Films)

Retno berusaha keras untuk mengusir jin penjaga yang membuat bapaknya sulit meninggal. Meski begitu, jin nasab tampak masih berada di belakang Retno pada ending film Sakaratul Maut. 

Sidharta Tata selaku sutradara pun menjelaskan, jin tersebut tidak menghilang. Malah, jin penjaga ini akan terus diwariskan turun temurun ke keturunan Wiryo.

"Jinnya belum ilang dan kalau kita bicara soal pegangannya Pak Wiryo itu memang akan secara turun-temurun ke keluarga. Artinya dia gak akan hilang, tetapi diturunkan ke anaknya dan nanti bisa jadi ke cucunya. Jadi itu konsep besar dari apa yang kita punya tentang jin nasab ini," jelas Sidharta Tata selaku sutradara pada Selasa (30/7/2024).

Baca Juga: ⁠Review Film Sakaratul Maut, Bagus Gak, sih?

2. Barang yang diincar oleh jin

Sakaratul Maut (dok. Rapi Films / Sakaratul Maut)

Jin tersebut mendadak menjadi jinak begitu menemukan sejenis gumpalan di tubuh Ismi. Sutradara yang akrab disebut Tata ini memaparkan kalau gumpalan tersebut merupakan guna-guna dari istri Wiryo yang sakit hati, karena diduakan.

"Jadi jin itu kan sebetulnya malah ingin menyelamatkan. Si Ismi ini kan diguna-guna, karena dendamnya Bu Wiryo ke bapaknya. Jadi jin itu sebenarnya menyelamatkan, ya," ujar Sidharta Tata.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya