TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Rekomendasi Buku Arsene Lupin, Aksi Memukau si Pencuri Ulung

Karya yang luar biasa dari Maurice LeBlanc

The Hollow Needle (dok. Bukune/The Hollow Needle)

Arsene Lupin merupakan karakter fiksi yang terkenal dari cerita-cerita karya Maurice LeBlanc, seorang penulis asal Prancis. Karakter ini adalah seorang pencuri ulung yang memiliki daya tarik kuat bagi para pembaca sejak pertama kali muncul di dunia sastra pada awal abad ke-20.

Arsene Lupin memiliki popularitas yang cukup besar hingga memengaruhi dunia sastra dan budaya populer. Kecerdasan, gaya hidup mewah, dan kepintarannya dalam merencanakan tindak kejahatan membuatnya menjadi tokoh yang menarik. Nah, buat kamu penyuka novel penuh aksi dan misteri, berikut lima rekomendasi buku karya Maurice Leblanc yang menampilkan Arsene Lupin. Sayang untuk dilewatkan!

1. The Extraordinary Adventures of Arsene Lupin: Gentleman Burglar

The Extraordinary Adventures of Arsene Lupin (dok. Bukune/The Extraordinary Adventures of Arsene Lupin)

The Extraordinary Adventures of Arsene Lupin: Gentleman Burglar  merupakan karya pertama karya Maurice LeBlanc yang menampilkan Arsene Lupin. Buku ini terbit pada 1907 dan berisi sembilan cerita pendek yang menggambarkan karakter Arsene Lupin. Ia dikenalkan sebagai pencuri ulung dengan kode etiknya sendiri.

Lupin memiliki kecerdasan yang mumpuni dalam menyusun strategi hingga ia selalu berhasil lolos dari penangkapan. Cerita ketujuh dalam buku ini menampilkan detektif Inggris Sherlock Holmes, yang mana namanya diubah menjadi Herlock Sholmes.

Baca Juga: Ulang Tahun Januari, 5 Aktor Terbaru yang Perankan Sherlock Holmes

2. Arsene Lupin versus Herlock Sholmes

Arsene Lupin versus Herlock Sholmes (dok. Wildside Press/Arsene Lupin versus Herlock Sholmes)

Arsene Lupin versus Herlock Sholmes pertama kali diterbitkan pada 1908. Dalam buku ini, Arsene Lupin, seorang pencuri genius, berhadapan dengan karakter detektif terkenal ciptaan Sir Arthur Conan Doyle, Sherlock Holmes. Namun, karena masalah hak cipta, nama Sherlock Holmes diganti menjadi Herlock Sholmes.

Dalam cerita ini, Arsene Lupin dan Herlock Sholmes terlibat dalam berbagai intrik dan teka-teki. Herlock Sholmes berusaha untuk menangkap Arsene Lupin yang cerdik. Buku ini merupakan perpaduan antara unsur misteri, detektif, dan aksi. Ia pun menggabungkan dua karakter ikonik dalam cerita yang seru dan mendebarkan.

3. 813

813 (dok. Bukune/813)

Novel 813 terbit pertama kali 1910. Diceritakan seorang jutawan terkenal dianiaya dan ditemukan tewas. Tak lama kemudian, sekretarisnya juga dibunuh. Semua petunjuk mengarah ke satu nama: Arsene Lupin. Namun, di Paris, masyarakat sangat tahu bahwa The Gentleman Thief itu tidak mungkin merenggut nyawa orang lain.

Lupin  akhirnya ikut terlibat dalam penyelidikan ini sambil berusaha membersihkan namanya. Petunjuk bagi Lupin untuk mengungkap kebenaran datang dari sebuah kotak rokok yang bertanda inisial "L.M" dan angka "813". Penuh dengan intrik dan kejutan, novel ini mengeksplorasi sisi lain dari karakter Lupin. Ia pun menampilkan kemampuan analitis dan kepintaran Lupin dalam memecahkan kode.

4. The Hollow Needle

The Hollow Needle (dok. Bukune/The Hollow Needle)

Novel The Hollow Needle terbit pertama kali pada 1909. Dalam novel ini, diceritakan Arsene Lupin baru saja selesai dari kesedihannya akibat kematian sang kekasih. Tak lama setelah itu, si Pencuri Ulung ini kembali beraksi.

Kali ini, Lupin mengincar harta karun peninggalan Raja Prancis. Harta karun itu berisi mas kawin Ratu Prancis, safir, berlian, rubi, dan mutiara yang tak ternilai harganya. Namun, Lupin tidak akan berhasil dengan mudah. Ia harus berhadapan bukan hanya satu, tetapi dua lawan tangguh, yaitu Holmlock Shears dan seorang pemuda genius bernama Isidore Beautrelet.

 

Baca Juga: 10 Karakter Detektif di Drakor Paruh Pertama 2023, Tak Semua Cowok

Verified Writer

Ekos Saputra

gemar membaca dan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya