TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Film yang Membahas Kecurangan Akademik, Joki sampai Ordal 

Tonton untuk reset kompas moralmu

Bad Genius (dok. GDH 559/Bad Genius)

Etika menggunakan jasa joki di ranah akademik sedang ramai diperdebatkan di media sosial. Tak sedikit yang menjustifikasi tindak kecurangan tersebut dengan dalih ladang bisnis alias hubungan profesional belaka. Namun, tentu sejak lama, penggunaan joki dianggap perbuatan ilegal dan terlarang, bahkan bisa berujung pada sanksi tegas. 

Sempat tergoda pakai cara-cara curang untuk meraih posisi atau prestasi? Coba tonton film tentang kecurangan akademik berikut. Fenomena joki sampai orang dalam (ordal) ikut dibahas setajam-tajamnya.

1. Bad Genius (2017)

Bad Genius (dok. GDH 559/Bad Genius)

Disebut salah satu sensasi Thailand, Bad Genius memang secerdas itu saat mengungkap praktik kecurangan di ranah akademik. Ia mengikuti seorang siswi berprestasi yang menemukan celah untuk melakukan komersialisasi atas kemampuan akademiknya. Kliennya siapa lagi kalau bukan teman-teman sekelasnya yang berduit, tetapi ogah belajar untuk ujian.

Lama-kelamaan, bisnis ilegalnya ini berkembang dan ia mulai merekrut teman-teman pandai dari kalangan menengah bawah yang butuh uang. Bukan hanya etika penggunaan joki yang dibahas, isu ketimpangan ekonomi juga ikut disenggol di sini. Tenang, sutradara Baz Poonpiriya memastikan kalau ada konsekuensi yang harus ditanggung para penyedia dan pengguna bisnis ilegal itu. 

2. Cheaters (2000)

Cheaters (dok. HBO/Cheaters)

Cheaters adalah balada sekelompok anak pintar di sebuah SMA di Amerika Serikat yang masuk dalam sebuah grup belajar khusus untuk Olimpiade nasional. Di bawah bimbingan seorang guru, mereka belajar beberapa jam setelah pulang sekolah dan berhasil mencapai fase tertentu di kompetisi. Namun, saat dihadapkan pada kompetitor yang susah dikalahkan, mereka tergoda untuk menggunakan cara-cara curang demi menang. 

Baca Juga: 9 Film dan Serial tentang Nasib Anak Perempuan Pertama

3. Graduation (2016)

film Graduation (dok. KVIFF/Graduation)

Graduation memang bukan bicara joki. Namun, film Rumania ini masih berkutat pada kecurangan di ranah akademik. Film mengikuti perjuangan seorang ayah memastikan masa depan putrinya baik-baik saja, tetapi dengan cara yang tak etis. Ini dilakukannya setelah sang putri mengalami kejadian traumatis yang membuatnya tak bisa mengerjakan ujian kelulusan SMA. Kritik terhadap korupnya birokrasi Rumania dan peran orang dalam alias nepotisme dikemas tajam oleh Cristian Mungiu.

4. Pluto (2012)

Pluto (dok. CJ Entertainment/Pluto)

Pluto juga sarat kritik terhadap tatanan masyarakat Korsel yang menormalisasi kompetisi tak sehat. Film dimulai dengan kasus kematian seorang siswa SMA yang membuat salah satu teman sekolahnya dicurigai. Mirisnya, sang tersangka ini beda dengan teman-temannya di sekolah elite tersebut. Ia tak datang dari keluarga berada dan ternyata harus melalui berbagai cara untuk bisa masuk ke sirkel anak-anak berprivilese tersebut. Apa saja kecurangan dan skandal yang dilakukan anak-anak dalam sirkel itu bakal dikupas lewat kilas balik sang tersangka. 

Verified Writer

Dwi Ayu Silawati

Penulis, netizen, pembaca

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya