TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Film Thriller Independen Terbaik 2024, Budget Minim Bukan Batasan

Maharaja salah satunya

Maharaja (dok. Netflix/Maharaja)

Ingin memacu adrenalinmu tanpa keluar rumah, bonus puas karena bisa menikmati hiburan berkelas? Lima film thriller independen rilisan 2024 berikut bisa jadi jawaban untuk keinginanmu itu. Dengan budget relatif murah, kualitasnya gak kalah dengan sinema rilisan rumah produksi mayor. 

Justru dengan latar apa adanya dan premis yang relatif minimalis, film-film berikut tawarkan sesuatu yang segar. Tak percaya? Mari bahas satu per satu rekomendasi film di bawah ini!

1. Red Rooms (2023)

Red Rooms (dok. Seattle International Film Festival/Red Rooms)

Red Rooms adalah film berbahasa Prancis berlatar Kanada karya Pascal Plante. Kali ini Plante menggunakan perspektif model bernama Kelly-Anne (Juliette Gariepy) yang tertarik mengikuti kasus penyiksaan dan pembunuhan tiga remaja perempuan yang diunggah di dark-web.

Diam-diam ia terobsesi pada sosok pelaku yang sedang diadili dan ternyata jawaban dari kecenderungannya itu adalah hobinya sendiri menyelami dark-web. Film techno-thriller ini pertama kali tayang di Karlovy Vary International Film Festival  2023, tetapi baru rilis massal pada September 2024. 

2. Maharaja (2024)

Maharaja (dok. Netflix/Maharaja)

Maharaja jadi salah satu highlight sepanjang tahun 2024. Sejak rilis di Netflix pada Juli 2024, film ini langsung melejit dan viral. Ini karena plot dan format filmnya yang memang brilian dan menghipnotis.

Sinema berbahasa Tamil itu mengikuti balada seorang pria yang baru saja jadi korban perampokan dan melaporkan kasusnya ke polisi. Saat polisi berusaha mengusut kasusnya yang awalnya tampak remeh, ternyata ada banyak rahasia gelap yang terungkap. 

Baca Juga: 10 Film Thriller Paling Underrated Sepanjang Masa, Apa Saja?

3. The Last Stop in Yuma County (2023)

The Last Stop in Yuma County (dok. Well Go USA Entertainment/The Last Stop in Yuma County)

Latarnya cuma sebuah pom bensin, tetapi The Last Stop in Yuma County berhasil dieksekusi jadi film thriller brilian oleh Francis Galluppi. Berlaku sebagai penulis naskah dan sutradara, Galluppi memulai petualangan ini dengan suasana pom bensin di antah berantah yang sepi dan membosankan.

Namun, semua berubah jadi runyam ketika dua perampok bank menyatroni tempat itu untuk menghindari kejaran polisi. Beberapa orang tak berdosa yang tak sengaja berada di waktu dan tempat yang salah itu pun harus memutar otak untuk menyelamatkan diri. 

4. Hoard (2023)

Hoard (dok. Sunrise Film/Hoard)

Hoard juga salah satu film thriller indie rilisan 2024 yang sayang dilewatkan. Berlakonkan seorang perempuan yang pernah dibesarkan ibu pengidap gangguan kejiwaan, film ini benar-benar tak tertebak sejak awal. Ada saja gebrakan dari si lakon yang diperparah oleh kehadiran pasangannya yang juga problematik. Hoard bisa jadi salah satu highlight dalam karier Joseph Quinn. 

5. What You Wish For (2024)

What You Wish For (dok. Magnolia Pictures/What You Wish For)

Film thriller lain yang susah diprediksi arahnya adalah What You Wish For. Baru saja dibeli hak distribusinya oleh Magnolia Pictures, film ini mengikuti seorang koki yang hampir bangkrut karena kecanduan judi.

Satu hari, ia dapat undangan untuk berkunjung ke tempat kerja rekannya. Berharap dapat pekerjaan dari sang rekan lama, ia akhirnya dapat apa yang ia inginkan tanpa sengaja. Bagaimana dan apa implikasinya? Petualangan menegangkan si koki di rumah mewah itu siap temani akhir pekanmu. 

Dana boleh minim, latar boleh biasa, tetapi kalau jalan ceritanya rapi dan twist-nya dapat, siapa yang bisa menampik kualitas film thriller indie masa kini? Nyatanya, industri film independen sedang naik-naiknya beberapa tahun ini. 

Baca Juga: 5 Film Thriller Barat yang Terinspirasi dari Seorang Psikopat

Verified Writer

Dwi Ayu Silawati

Penulis, netizen, pembaca

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya