TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Film Realis-Minimalis Terbaik Kelly Reichardt, Harus Tonton!

Film ini hadirkan perspektif yang kuat dari sisi perempuan

film Showing Up karya Kelly Reichardt (dok. A24/Showing Up)

Kelly Reichardt bisa dibilang salah satu sutradara langganan A24. Sudah ada dua karyanya yang didistribusikan perusahaan film indie asal Amerika Serikat itu. Beberapa dapat apresiasi tinggi dari penikmat, pengamat, dan pegiat film. Ia bahkan dijuluki sebagai sutradara spesialis genre realis-minimalis. 

Tak hanya itu, ia juga sering menyertakan perspektif perempuan dalam karya-karyanya. Ada setidaknya lima film Kelly Reichardt terbaik yang wajib kamu tonton sekali seumur hidup. Dijamin selera film akan ikut terdongkrak usai mengenal gaya sinematiknya.

1. Wendy and Lucy (2008)

Wendy and Lucy (dok. Film Science/Wendy and Lucy)

Wendy and Lucy memang bukan debut Reichardt. Sinema independen produksi Science Film ini dirilis setelah River Grass (1994) dan Old Joy (2006). Namun, proyek yang dikerjakannya bersama Michelle Williams inilah yang membuat kariernya meroket. 

Williams didapuknya jadi Wendy, seorang perempuan yang melakoni perjalanan darat bersama anjing kesayangannya untuk menuju satu kota perantauan. Perjalanan itu penuh keterbatasan, tantangan, dan kecerobohan, tetapi Reichardt berusaha mengemasnya dengan pendekatan heartwarming.

Kisahnya sederhana, tetapi mampu mengusik sanubari penonton, terutama pada bab akhir. 

Baca Juga: 7 Film Coming of Age Produksi A24, Ada Lady Bird!

2. Night Moves (2013)

Night Moves (dok. Film Science/Night Moves)

Night Moves dibintangi Jesse Eisenberg dan Dakota Fanning. Keduanya memerankan aktivis lingkungan Josh dan Dena yang sepakat menjalankan misi ekstrem, yakni meledakkan bom di sebuah bendungan yang menurut mereka merusak keseimbangan ekosistem. 

Usai melakukan aksi tersebut, mereka justru diselimuti rasa bersalah. Ini terjadi setelah mereka mendengar berita adanya korban jiwa dan korban material karena kerusakan bendungan itu. Seperti biasa, plot yang dipakai Reichardt sederhana tetapi efek kejutannya selalu dapat. 

3. Certain Women (2016)

Certain Women (dok. Film Science/Certain Women)

Pada 2016, Reichardt kembali dengan film soal perempuan berjudul Certain Women. Ia mendapuk beberapa nama tenar seperti Kirsten Stewart, Michelle Williams, dan Laura Dern dalam satu frame. Mereka memerankan tiga lakon perempuan dalam tiga cerita pendek dalam film ini. 

Ada yang menyoal tentang perseteruan suami istri, ketimpangan gender dalam rumah tangga, hingga pertemanan dua perempuan yang berbeda latar belakang profesi dan pendidikan.

Didistribusikan IFC Films, Certain Women disebut sebagai film Reichardt yang paling sukses secara komersial di pasar Amerika Serikat. 

4. First Cow (2019)

First Cow (dok. Film Science/First Cow)

First Cow bisa dibilang kerja sama pertama Reichardt dengan A24 dalam proses distribusi. Meski protagonisnya didominasi laki-laki, film ini tetap mencerminkan pendekatan Reichardt sebagai perempuan. Tak ada adegan kekerasan yang diglorifikasi, filmnya justru fokus pada persahabatan dua pria dari ras berbeda di Amerika Serikat pada abad ke-18. 

Sebagai sesama pendatang dari luar benua, mereka sepakat untuk memulai bisnis sederhana bersama. Namun saat bisnis mereka berkembang, seorang calon investor curiga mereka melakukan cara yang tak jujur. 

Baca Juga: 11 Film Horror A24 yang Gelap dan Meresahkan, Siap Menghantui!

Verified Writer

Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya