TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Film Drama Independen Terbaik 2024, Koleksi Plot Tak Tertebak

Jebolan Sundance mendominasi

I Used to be Funny (dok. Utopia Movies/I Used to be Funny)

Seperti biasa, drama masih jadi genre yang mendominasi industri perfilman dunia. Mungkin ada ribuan judul film drama yang rilis tahun 2024, tetapi kalau boleh merangkum beberapa judul yang terbaik, 6 film drama indie berikutlah pemenangnya. 

Plotnya tak tertebak, gak sedikit yang merupakan karya debut, 6 film berikut siap bikin kamu tercengang dengan ketidakpastiannya. Tak ada yang tahu apa yang bakal terjadi, tetapi ini yang bikin menontonnya jadi makin seru. 

Baca Juga: 5 Film Terbaik Karya John Carney, Legenda Film Indie Musikal

1. Daddio (2023)

Daddio (dok. Sony Pictures Classic/Daddio)

Daddio mempertemukan Dakota Johnson dan Sean Penn di sebuah taksi bandara. Mereka memerankan penumpang dan sopir yang memilih buat mengobrol sepanjang perjalanan. Awalnya sih seperti basa-basi, tetapi lambat laun topiknya makin dalam, personal, dan serius. Trauma masa lalu sang penumpang justru dikupas habis oleh si sopir bak sesi konseling psikologi. Ini memang tipe film yang berat di dialog, tetapi sukses bikin penonton setia menatap layar. 

2. I Used to be Funny (2023)

I Used to be Funny (dok. Utopia Movies/I Used to be Funny)

I Used to be Funny adalah film fitur debut Ally Pankiw yang mengekor kisah tragis dan pelik seorang perempuan muda bernama Sam (Rachel Sennott). Untuk bisa membiayai hidupnya sambil tetap mengejar mimpi jadi komedian, Sam mengambil pekerjaan sebagai pengasuh untuk keluarga kelas menengah. Ia berhasil membangun relasi yang baik dengan keluarga itu, tetapi ketika film melompat beberapa tahun setelah era itu, Sam ternyata sudah berhenti jadi komedian. Lewat beberapa kilas balik, kita diajak menyelami perjalanan Sam sebelum ia jadi begini. 

3. Didi (2024)

Didi (dok. Focus Features/Didi)

Didi adalah salah satu film favorit di Sundance Film Festival 2024. Premisnya tergolong sederhana, yakni pengalaman masa lalu sang sutradara Sean Wang yang besar di tengah keluarga imigran Asia di Amerika Serikat. Tak hanya itu, ia adalah satu-satunya laki-laki di keluarganya yang membuatnya besar tanpa role model langsung di rumah. Ini juga film fitur debut Wang sebagai sutradara. 

Baca Juga: 6 Sutradara Indie Eropa yang Filmnya Wajib Masuk Daftar Tontonmu

4. A Different Man (2024)

A Different Man (dok. A24/A Different Man)

Tayang perdana di Sundance 2024, A Different Man bisa jadi film yang memantik diskusi mengenai tampilan fisik. Film yang sudah diakuisisi A24 ini mengikuti pergumulan batin seorang pria yang baru saja menjalani prosedur operasi plastik karena kondisi klinisnya. Ketika kisah hidupnya akan difilmkan, ia jadi terobsesi pada sosok aktor yang bakal memerankan dirinya sebelum operasi. 

5. Kneecap (2024)

Kneecap (dok. British Film Institute/Kneecap)

Dipercaya bakal jadi contender kuat Oscar 2025 untuk kategori Film Fitur Internasional, Kneecap memang punya keunikan yang patut diapresiasi. Ceritanya tentang tiga remaja Irlandia yang berjuang meniti karier sebagai grup hip hop. Uniknya, mereka memilih untuk merilis lagu dengan lirik berhasa Gaelik Irlandia ketimbang bahasa Inggris. Itu jelas pendekatan yang gak biasa dan cukup berisiko. Sama dengan dua film sebelumnya, Kneecap juga tayang perdana di Sundance Film Festival 2024. 

6. Thelma (2024)

Thelma (dok. Magnolia Pictures/Thelma)

Jebolan Sundance 2024 lain yang gak kalah mencuri perhatian adalah drama berjudul Thelma. Judulnya diambil dari nama sang lakon, lansia yang nekat melakukan perjalanan dengan motor matiknya untuk mengejar orang yang sudah menipu dan menggelapkan dana tabungannya. Seru, kocak, dan penuh kejutan, Thelma disebut salah satu jackpot Magnolia Pictures tahun ini. 

Di tengah lautan film drama, rasanya enam terbaik yang rilis 2024 bisa masuk prioritasmu. Kualitas terjamin dan bisa jadi motivasi buat lebih sering menjelajahi sinema independen. 

Baca Juga: 5 Film Horor Indie Underrated 2024 yang Dapat Ulasan Positif

Verified Writer

Dwi Ayu Silawati

Penulis, netizen, pembaca

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya