TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Profil Keluarga Erina Gudono, Besan Presiden Jokowi

Belakangan disorot netizen

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono (instagram.com/kaesangp)

Profil keluarga Erina Gudono tengah ramai menjadi bahan perbincangan netizen karena kerap kali memamerkan gaya hidup mewah lewat akun Instagram pribadinya. Diketahui, Erina melanjutkan studi S2 di University of Pennsylvania (Upenn), Amerika Serikat.

Berdasarkan unggahannya di Instagram, Erina Gudono diketahui menaiki jet pribadi Gulfstream. Hal tersebut memantik amarah netizen yang menganggap Erina tidak peduli dengan kondisi ekonomi rakyat Indonesia.

Lantas, tidak sedikit yang penasaran dengan sosok keluarga Erina Gudono. Erina Gudono sendiri merupakan putri ketiga dari keluarga Gudono yang berasal dari Yogyakarta. Yuk, simak profil keluarga Erina Gudono di bawah ini.

1. Muhammad Gudono

potret almarhum Mohammad Gudono (dok. ugm.ac.id)

Alrmarhum Mohammad Gudono atau yang juga dikenal dengan gelar Prof. Dr. H. Mohammad Gudono, MBA, Akt, PhD merupakan seorang guru besar Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM (FEB UGM) yang sangat disegani oleh orang-orang di sekitarnya.

Sebelum berprofesi menjadi guru besar di UGM, ayah Erina Gudono sempat mengenyam pendidikan di Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM kemudian beliau melanjutkan pendidikan Masternya di Murray State University yang terletak di Amerika Serikat. Tidak berhenti sampai situ, beliau melanjutkan pendidikan Doktoralnya di Temple University, Pensylvania, Amerika.

Setelah menyelesaikan semua jenjang pendidikannya, Doktor asal Semarang tersebut dilantik menjadi Guru Besar di UGM pada tanggal 1 Desember 2011. Semasa hidupnya, beliau pernah mendapatkan penghargaan besar, di antaranya Lancana Karya Satya XX dari Presiden RI, Bambang Susilo Yudhoyono dan Satya Lencana Kesetiaan 25 tahun dari UGM pada tahun 2013.

Sosok Ayah yang bertanggung jawab dan mengutamakan pendidikan anak-anaknya ini diketahui menghembuskan napas terakhirnya pada tanggal 23 Juli 2016 silam.

2. Sofiatun Gudono

potret kebersamaan Erina Gudono dan ibunda Sofiatun Gudono saat wisuda Erina (instagram.com/erinagudono)

Tidak hanya dikenal sebagai sosok ibu yang bersahaja, Sofiatun Gudono juga terkenal sebagai perempuan yang cerdas dan ulet. Hal tersebut dibuktikan dari sederet pencapaiannya dalam dunia pendidikan.

Perempuan asal Kediri tersebut merupakan lulusan Sarjana dari Universitas Islam Indonesia pada tahun 1982. Tidak lama setelah kelulusannya, beliau melanjutkan pendidikan masternya di Universitas Gadjah Mada dan berhasil lulus dengan gelar Magister Sains Akuntansi (MSi AKT). 

Ibunda Erina juga sempat berkuliah di Murray State College, Amerika Serikat. Setelah itu, beliau diangkat menjadi dosen tetap untuk program studi Manajemen di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mitra Indonesia.

Tidak hanya menjadi pengajar, beliau juga memiliki usaha butik yang dikenal ddengan nama Sophie Boutique yang berlokasi di Jalan Kaliurang, Yogyakarta. Usaha butik tersebut sudah dirintis beliau sejak tahun 2005.

Bahkan hasil karyanya pernah dipamerkan dalam pameran East West Economic Corridor (EWEC) di Vietnam. Ibu mertua Kaesang tersebut juga pernah mengikuti pameran dalam acara Rusia Halal Expo yang diadakan di Rusia.

Baca Juga: Asal-Usul Nama Mulyono yang Viral di Medsos, Ini Kisahnya

3. Allen Gudono

potret kebersamaan Allen Gudono dengan adik-adiknya (instagram.com/erinagudono)

Allen Adam Rinald Gudono atau yang kerap disapa Allen ini merupakan kakak laki-laki pertama Erina Gudono. Anak sulung keluarga Gudono tersebut mengambil program studi Manajemen untuk pendidikan Sarjananya di Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Negeri Yogyakarta).

Tidak berhenti sampai itu, Allen melanjutkan pendidikan Masternya di Hochschule Nordhausen University of Applied Sciences dan Goethe University Frankfurt, Jerman. Diketahui, Allen menjadi wali nikah Erina dengan Kaesang yang dilaksanakan pada tanggal 10 Desember 2022 silam sebagai pengganti mendiang ayah Erina yang telah tiada.

4. Nadya Gudono

potret Nadya Sofia Gudono (kiri) dan Shania Sofia Gudoo (kanan) (instagram.com/shaniagudono)

Pemilik nama lengkap Nadya Sofia Gudono ini merupakan kakak perempuan sekaligus anak kedua dari keluarga Gudono. Kakak perempuan Erina Gudono ini telah menyelesaikan pendidikan Sarjananya di Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM.

Hampir sama dengan kakak pertama dan adiknya, sosok perempuan dengan paras yang mirip dengan sang adik ini ternyata juga mengambil program studi Manajemen saat masa kuliahnya dulu. Definisi kakak-adik yang kompak, ya?

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya