TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

8 Anime Lawas yang Masih Populer Sampai Sekarang, Kok Bisa?

Ada yang umurnya sudah 40 tahun

Detective Conan. (dok. TMS Entertainment / Detective Conan)

Selama beberapa dekade ke belakang, Jepang telah memproduksi lebih dari 6000 judul anime, dan banyak di antaranya yang menjadi masterpiece hingga terkenal ke seluruh mancanegara. Tentunya orang-orang suka menonton anime karena berbagai macam alasan, seperti ide cerita yang unik, karakter yang menarik, adegan aksi mendebarkan, grafik yang memanjakan mata, hingga adegan komedi yang menghibur.

Meski waktu terus berjalan, ada beberapa anime lawas yang masih tak tergantikan di hati penonton. Apa saja kah itu? Lanjut scroll ke bawah!

1. Detective Conan

Detective Conan (dok. TMS/Detective Conan)

Meski telah berlalu 30 tahun sejak debutnya di tahun 1994, sampai saat ini Detective Conan masih menduduki status anime misteri detektif terbaik yang pernah ada.

Singkatnya anime ini menceritakan tentang Kudo Shinichi, detektif SMA yang suatu hari diracuni oleh Organisasi Hitam hingga dirinya menyusut jadi anak kecil. Sejak itu Shinichi hidup sebagai Edogawa Conan dan tinggal bersama Mouri Kogoro dan Ran. 
 
Hal menarik dari Detective Conan adalah selain menghibur, anime ini juga sangat edukatif. Di setiap episode dan berbagai kasus yang kompleks selalu ada informasi-informasi baru yang berguna untuk menambah wawasan. Terutama bagi para penyuka misteri, bisa ikut menganalisis kasus dan menebak siapa pelaku kejahatannya. 

2. Naruto

Naruto. (dok. Pierrot / Naruto Shippuden)

Masashi Kishimoto, sang creator, berhasil menggemparkan dunia dengan mahakaryanya yang satu ini. Bahkan orang-orang yang bukan fans anime pun pasti pernah mendengar nama Naruto setidaknya satu atau dua kali.  
 
Seri ini berfokus pada kehidupan ninja muda dari Konohagakure, Naruto, dari ia kecil hingga bisa mewujudkan mimpinya sebagai hokage. Meski Naruto sudah tamat di tahun 2017 lalu, sampai sekarang namanya masih belum terlupakan di hati para penonton. 
 
Salah satu hal yang menjadi alasan kenapa Naruto bisa se-populer itu karena kisahnya sangat inspiratif. Awalnya Naruto hanya anak biasa, yang dibenci penduduk desa karena di dalam tubuhnya ada monster Ekor Sembilan. Karena tidak terima, Naruto bertekad untuk menjadi hokage agar diakui orang lain. Naruto mengajarkan kita agar tidak menyerah pada mimpi bagaimanapun rintangannya. Bukan hanya itu, ia juga bisa melepaskan semua rasa kesepian di masa kecilnya dan memaafkan orang-orang yang jahat. Yang mana hal itu bukan perkara mudah. 

Baca Juga: 5 Jurus Terkuat Rinnegan dalam Anime Naruto, Apa Saja?

3. One Piece

One Piece. (dok. Production I.G / One Piece)

Fakta menarik, One Piece debut di waktu yang berdekatan dengan Naruto. Sebab itu dua seri ini tumbuh dan terkenal bersama-sama. Bahkan para creator, Eiichiro Oda dan Masashi Kishimoto mengakui satu sama lain sebagai sohib sekaligus rival.

Tidak seperti Naruto, sampai saat ini One Piece masih ongoing. Luffy, sang karakter utama, masih melanjutkan petualangan di arc Egghead demi mewujudkan cita-citanya menjadi Raja Bajak Laut.

One Piece juga mengajarkan banyak hal, di antaranya yaitu menghargai hubungan pertemanan. Di balik tingkahnya yang konyol, Luffy adalah sosok yang sangat peduli dengan kawan-kawannya, begitupun anggota Straw Hat Pirates Crew yang lain. Bukan hanya itu, anime One Piece juga sangat menginspirasi kita untuk memiliki tekad yang kuat dalam meraih mimpi.

4. Doraemon

Doraemon. (dok. Shin-Ei / Doraemon)

Doraemon pertama kali diterbitkan pada tahun 1969, sejak itu anime ini telah mengeluarkan banyak episode TV dan film yang selalu sukses. Masa kecil kalian juga pastinya ditemani robot kucing biru yang sering muncul di saluran TV tiap akhir pekan 'kan?

Tidak dapat dipungkiri, Doraemon adalah salah satu anime kebanggaan Jepang. Sekian waktu berlalu seri ini telah meraup banyak penghargaan baik dari dalam maupun luar negeri, seperti Penghargaan Asosiasi Kartunis Jepang (1973), Penghargaan Shogakukan Manga pertama untuk manga anak-anak (1982), dan Penghargaan Budaya Osamu Tezuka pertama (1997). Bukan hanya itu, pada tahun 2008 Kementerian Kebudayaan Jepang juga telah menetapkan Doraemon sebagai duta anime pertama sekaligus ikon budaya Jepang.

Baca Juga: Sinopsis Doraemon the Movie: Nobita's Earth Symphony

5. Pokemon

Pokemon. (dok. OLM Team Ota / Pokemon)

Seri ikonik dari Jepang yang lain tentu saja Pokemon. Pada awalnya Pokemon debut sebagai seri game elektronik dari Nintendo di tahun 1996. Game tersebut tidak disangka-sangka laku keras hingga dirilis ke Amerika dan Inggris. Ditambah lagi, 102 kartu Pokemon yang setelah itu diterbitkan menjadi sangat populer. Apa kalian dulu juga memainkannya?

Hingga di tahun 1997, Pokemon diadaptasi menjadi seri TV animasi Jepang. Kisahnya seputar petualangan seorang remaja, Satoshi, untuk menjadi master Pokemon. Tentunya, ia ditemani Pikachu, karakter khas dari Pokemon. Semenjak debutnya, Pokemon telah mengeluarkan lebih dari 1000 episode dan film-film bioskop.

Perlu diakui, Pokemon memang sangat unik dan memiliki daya tarik universal. Hal itu yang mungkin menjadikannya sangat populer hingga saat ini. Pokemon juga secara konsisten memberikan pengalaman ajaib dan mendalam bagi penggemar dari segala usia. Sampai sekarang mereka terus berinovasi dan merangkul teknologi untuk membuatnya tetap relevan dan menarik.

6. Bleach

Bleach. (dok. Pierrot / Bleach)

Bleach mendapat gelar tiga anime besar bersama One Piece dan Naruto. Para fans anime juga menyebut Ichigo, Luffy, dan Naruto sebagai tiga pilar kehidupan anime 2000-an. Meski akhir-akhir ini juga banyak anime baru yang bagus, nyatanya posisi mereka masih belum tergantikan.

Seri Bleach menyoroti petualangan seorang siswa SMA, Kurosaki Ichigo, dan Kuchiki Rukia sang shinigami. Selain animenya, manga Bleach juga merupakan yang terlaris di Jepang mengalahkan manga-manga populer lain seperti Jojo Bizzare Adventure, Attack on Titan, dan Fist of the North Star.

Apalagi baru-baru ini popularitas Bleach kembali naik sejak rilisnya Thousand Year Blood War. Dengan animasi yang lebih baik dan adegan pertarungan yang dieksekusi dengan epik, serta antusias dari para penonton menunjukkan anime ini akan selalu berada di hati mereka.

Baca Juga: 5 Pertarungan Espada Terbaik dalam Bleach

7. Dragon Ball

Dragon Ball. (dok. Toei Animation / Dragon Ball)

Mahakarya dari sang mangaka legendaris Toriyama Akira ini pertama kali diterbitkan di Weekly Shonen Jump pada tahun 1984, kemudian diadaptasi menjadi anime pada tahun 1986. Sejak itu Dragon Ball menulis sejarah sebagai salah satu judul serial populer yang paling banyak diminati orang-orang.

Kisah Dragon Ball mengikuti perjalanan Son Goku, pendekar muda aneh berekor, yang ingin menjadi lebih kuat dan mencari ketujuh bola naga. Yang konon jika ketujuh Bola Naga terkumpul dapat mengabulkan permintaannya apa pun itu.

Beberapa hal yang membuat Dragon Ball banyak disukai adalah karena memadukan aksi, drama, dan humor dalam animasinya. Dan faktanya, Dragon Ball berperan penting dalam memperkenalkan anime ke negara-negara bagian Barat.

Verified Writer

Dinda Hamzah

Ad astra per aspera.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya